eprintid: 15094 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/50/94 datestamp: 2022-06-21 07:45:25 lastmod: 2022-06-21 07:45:25 status_changed: 2022-06-21 07:45:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Milisani, Milisani creators_name: Akhadiah, Sabarti creators_name: Emzir, Emzir creators_id: emzir.emzir@unj.ac.id title: Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Model Pembelajaran, Motivasi Belajar, Kemampuan Menulis Cerpen abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara model pembalajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis cerpen. Penelitian ini dilakukan di SMA budhi Warman I jakarta Timur, kelas XI semester ganjil. Tahun ajaran 2017-2018. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran mind mapping dan model pembelajaran picture and picture. Model pembelajaran mind mapping adalah model pembelajaran keatif dalam menghasilkan sebuah ide atau gagasan yang ditungkan langsung di atas kertas dalam bentuk peta pikiran. Sedangkan picture and picture adalah model pembelajaran yang memanfatkan gambar sebagai media pembelajaran. Di samping itu peneliti juga ingin melihat bagaiman pengaruh motivasi terhadap kemampuan menulis cerpen siswa. Motivasi adalah pendorong yang menyebabkan terjadinya perubahan energi dalam diri seseorang Penelitian eksperimen ini dilakukan dengan rancangan faktorial 2 x 2 . jumlah sampel yang diambil sebanyak 60 siswa dilakukan dengan teknik multistage random sampling. Masing-masing sampel terpilih 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Sampel yang diambil adalah 27% dari siswa yang memiliki motivasi tinggi dan 27% siswa yang memiliki motivasi rendah. Sehingga di dapat 16 orang siswa yang memiliki motivasi tinggi dan 16 siswa yang memiliki motivasi rendah. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis varians dua jalur(ANAVA) setekah itu dilanjutkan dengan uji regresi. Penelitian ini menghasilkan 4 temua yaitu: (1) Kemampuan menulis cerpen siswa dengan model pembelajaran mind mapping lebih baik. (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar. (3) Hasil kemampuan menulis cerpen siswa dengan motivasi tinggi yang diajarkan dengan model pembelajaran mind mapping lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diajarkan dengan midel pembelajaran picture and picture. (4) Hasil kemampuan menulis cerpen siswa dengan motivasi rendah yang diajarkan dengan model pembelajaran picture and picture lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran mind mapping. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI di SMA Budhi Warman I Jakarta Timur. date: 2018-02-26 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Azhar, Azmi. 2015. Pengertia Cerpen, Ciri-ciri Cerpen, Unsur Instrinsik dan Unsur aaaEkstrinsik Cerpen. http://gopengertian.blopot.co.id/2015/09/pengertianaaaaacepen- ciri-ciri- struktur-unsur-instrinsik-unsur-ekstrinsik.html. Buzan, Tony. 2012. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka. Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Damiati dan Mutjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta. Dirgantara. 2013. Bahasa Sebagai Sarana Komunikasi Ilmiah. aaaaahttp://dirgantarawicaksono.blogspot.co.id/2013/01/bahasa-sebagai-saranaaaaaakomunikasi- ilmiah.html. Guntur, Henry Tarigan. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. aaaaaBandung: Angkasa Bandung. Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. aaaaaJakarta: PT Bumi Aksara. Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Methodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Iskandarwasid dan Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT aaaaaRemaja Rosdakarya. Kurnianingsih, Imas. 2015. Ragam Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan aaaaaProfesioralitas Guru. Yogyakarkarta: Kata Pena. Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada aaaaaUniversity Press. Purba, Antilan. 2010. Sastra Indonesia Kontemporer. Yogyakarta: Graha Ilmu. Rahayu, Sri Prihatmi. 1993. Fantasi dalam Kedua Kumpulan Cerpen Danarto: Dialog antara Dunia Nyata dan Tidak Nyata. Jakarta: Balai Pustaka. Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Prefesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. aaaaaYogyakarta: Pustaka Pelajar. Sukardi, Edy. 2012. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Uhamka Press. Sukino. 2010. Menulis Itu Mudah: Panduan Praktis Menjadi Penulis Handal. aaaaaYogyakarta: Lkiss Printing Cemerlang. Sulistiani, Ningsih. 2014. Unsur-Unsur Menulis. https://iptekbahari .blogspot.co.id 2014/05/unsur-unsur-menulis.html Sumarna. 2005. Analisis, Validitas, Reabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung: PT Remaja Rosakaria. Sumardi. 2009. Panduan Apresiasi Cerpen. Jakarta: Uhamka Press. Sriyanto. 2012. Pengertian Kemampuan. http://ian43. wordpres. com/2010/12/23/ aaaaapengertian-kemampuan/ Wijaya, Nararya. 2014. Unsur-unsur Cerpen. http://nararyawijaya. fkh07.web.ac.id/artikel-detail-99083-umum-unsurunsur%20erpen. html Yamin.2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Press Jakarta. Yunus, M. 2013. Keterampilan Menulis. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka Zainurrahman. 2013. Menulis: Dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun aaaaPlagiarisme). Bandung: Alfabeta. citation: Milisani, Milisani dan Akhadiah, Sabarti dan Emzir, Emzir (2018) Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15094/1/SPS_INDONESIA_1509057012_MILISANI.pdf