eprintid: 15091 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/50/91 datestamp: 2022-06-21 07:45:36 lastmod: 2022-06-21 07:45:36 status_changed: 2022-06-21 07:45:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hermawati, Hermawati creators_name: Emzir, Emzir creators_name: Ibrahim, Nini creators_id: emzir.emzir@unj.ac.id creators_id: nini_ibrahim@uhamka.ac.id title: Pengaruh Teknik Pembelajaran Dan Kemampuan Membaca Terhadap Keterampilan Menulis Narasi (Penelitian Eksperimen Kelas Vi Sdn Kedung Jaya Kabupaten Tangerang) ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Teknik Pembelajaran, Kemampuan Membaca, Keterampilan Menulis, Menulis narasi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara teknik pemebalajaran dan kemampuan membaca terhadap keterampilan menulis narasi. Penelitian ini dilakukan di SDN Kedung Jaya, kelas VI semester ganjil. Tahun ajaran 2017-2018. Teknik pembelajaran yang digunakan adalah teknik pembelajaran word flow dan Complete Sentense. Teknik pembelajran word flow adalah teknik pembelajaran kata mengalir karena dalam prosesnya, kata diolah hingga membentuk kalimat, sedangkan complete sentense adalah teknik pembelajaran yang menggunakan alat bantu Lembar Kegiatan Siswa berbentuk blanko isian yang berisi paragraf yang kalimat-kalimatnya belum lengkap. Disamping itu peneliti juga ingin melihat bagaimana pengaruh kemampuan membaca terhadap keterampilan menulis narasi siswa. Kemampuan membaca adalah kemampuan untuk mendapatkan informasi dari bahan tertulis berupa teks atau wacana melalui suatu interaksi antara pembaca dan penulis. Penelitian eksperimen ini dilakukan dengan rancangan faktorial 2 x 2 . jumlah sampel yang diambil sebanyak 40 siswa dilakukan dengan teknik multistage random sampling. Masing-masing sampel terpilih 20 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 20 siswa sebagai kelompok kontrol. Sampel yang diambil adalah 27% dari siswa yang memiliki kemampuan membaca tinggi dan 27% siswa yang memiliki kemampuan membaca rendah. Sehingga di dapat 10 orang siswa yang memiliki kemampuan membaca tinggi dan 10 siswa yang memiliki kemampuan membaca rendah. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis varians dua jalur (ANAVA) setelah itu dilanjutkan dengan uji regresi. Penelitian ini menghasilkan 4 temuan yaitu: (1) Keterampilan menulis narasi siswa dengan teknik pembelajaran word flow lebih baik. (2) Hasil keterampilan menulis narasi siswa dengan kemampuan membaca tinggi yang diajarkan dengan teknik pembelajaran word flow lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diajarkan dengan midel pembelajaran complete sentense. (3) Hasil keterampilan menulis narasi siswa dengan kemampuan membaca rendah yang diajarkan dengan teknik pembelajaran complete sentense lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diajarkan dengan teknik pembelajaran word flow. (4)Terdapat interaksi antara teknik pembelajaran dan kemampuan membaca. date: 2018-05-14 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Asih.2016. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung : CV Pustaka Setia Kusumaningsih,Dewi, Sri Wahono Saptomo, Suparmin, Titik Sudiatmi dan Bambang Triyanto.2013.Terampil Berbahasa indonesia. Jakarta: Kompas Gramedia Guntur Tarigan,Hendry . 2008. Menulis: Sebagai Suatu keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung Heriawan, Adang, Darmajari dan Arif Senjaya.2012.Metodologi Pembelajaran Kajian Teoretis Praktis.Serang:LP3G (Lembaga Pembinaan dan pengembangan Profesi Guru) http://faizalnizbah.blogspot.co.id/2013/06/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html http://contohparagraf.net/pengertian-contoh-paragraf-narasi-sugestif/ Iskandarwassid, Sunendar,Dadang.2008.Strategi Pembelajaran Bahasa.Bandung: PT Remaja Rosdakarya Jolanda Dessye Parinussa, 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray Terhadap Kemampuan Membaca Dan Kemampuan Berbicara.Bandung : universitas pendidikan Indonesia, hal. 18-19 Keraf, Gorys.2007.Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Kompas Gramedia Kusumaningsih, Dewi dan Triyanto.2013.Terampil Berbahasa Indonesia. Sukaharjo: Andi Narudin.2012 Dasar-dasar Menulis. Malang: Umm Pres Semi, Atar. 2012. Metode Penelitian Sastra.Bandung: Angkasa Shoimin, Aris.2014.68 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum Siti Tariyati,2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Jakarta: Universitas Muhamaiyah Prof. DR. HAMKA Siregar, Syofian.2012.STATISTIKA DESKRIPTIF UNTUK PENELITIAN Dilengkapi Perhitungan Manual Dan Aplikasi SPSS Versi 17.Jakarta: Rajawali Pers Syamsuddin, S. Damayanti,Vismala.2015.Metode Penelitian Pendidikan Bahasa.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Suyatno.2009.Model Pembelajaran Membaca dan Kemampuan penalaran terhadap kemampuan pemahaman Bacaan.Jakarta: UHAMKA PRESS Sukino.2010.Menulis Itu Mudah Panduan Praktis Menjadi Penulis Handal.Yogyakarta: Pustaka Populer, Suparno, Yunus, Mohamad.2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Unirsitas Terbuka Yunus, Mohamad.2013. Keterampilan Menulis. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka Zainurahman.2013. Menulis dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta citation: Hermawati, Hermawati dan Emzir, Emzir dan Ibrahim, Nini (2018) Pengaruh Teknik Pembelajaran Dan Kemampuan Membaca Terhadap Keterampilan Menulis Narasi (Penelitian Eksperimen Kelas Vi Sdn Kedung Jaya Kabupaten Tangerang). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15091/1/SPS_INDONESIA_1509057007_HERMAWATI.pdf