eprintid: 15086 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3855 dir: disk0/00/01/50/86 datestamp: 2022-07-06 07:48:52 lastmod: 2022-11-01 07:28:50 status_changed: 2022-07-06 07:48:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Komalasari, Desi title: RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PEMANFAATAN ANIMASI 3D PADA PERISTIWA HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 1945 ispublished: pub subjects: QA76 subjects: Skripsi divisions: 55201 abstract: Pada dasarnya metode belajar animasi seperti peristiwa sejarah ini sangat dibutuhkan untuk kalangan siswa sekolah dasar. Metode ini lebih menarik dipelajari oleh siswa, karena berisi animasi yang tentu disukai oleh anak-anak, apalagi jika metode ini belum pernah digunakan di sekolah tentunya akan lebih menarik dan lebih mudah dimengerti terutama pada pelajaran sejarah yang biasanya sangat membosankan. Metode yang digunakan dalam pembuatan video animasi 3D ini adalah metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle), karena metode ini cocok untuk pengembangan sistem berbasis multimedia yang mempunyai enam tahapan, yaitu concept (konsep), design (desain), material collecting (pengumpulan materi), assembly (penyusunan dan pembuatan), testing (uji coba) dan distribution (menyebarluaskan). Pembuatan Video animasi 3D ini menggunakan Sketchup, Blender dan Adobe Premiere. Animasi 3D sebagai media pembelajaran ini memberikan kemudahan pada guru dalam menyampaikan materi mengenai peristiwa hari pahlawan 10 November 1945 dan memberikan kesan menarik kepada siswa sekolah dasar. Berdasarkan dari hasil persentase sebelum adanya aplikasi animasi 3D sebesar 35,31% dan sesudah adanya aplikasi animasi 3D sebesar 88,13%. date: 2018-07-31 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammdiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Teknik thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: [1] Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. [2] Munir. 2013. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta. [3] “KBBI ONLINE” from//http.kbbi.web.id// (diakses pada 5 Februari 2017) [4] Fahimatul, Khairiyah. Animasi Interaktif Pengenalan Kebudayaan Pulau Jawa Pada Anak Usia Dini. Jakarta : 2016. [5] Khrisna, Murthy. 2002. Dasar-Dasar Animasi. Jakarta : P.T Elex Media Komputindo. [6] Sutopo, Ariesto Hadi. 2003. Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta : Graha Illmu [7] Kimberly, Aira. 2017. Pandu Garuda yang pantang Menyerah. Jakarta : Bee Media Pustaka. [8] Minarwati. 2012. Kumpulan Pahlawan Indonesia Terlengkap. Jakarta : Penebar Swadaya Group. citation: Komalasari, Desi (2018) RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PEMANFAATAN ANIMASI 3D PADA PERISTIWA HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 1945. Bachelor thesis, Universitas Muhammdiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15086/1/digital_7984-eSTI-2018020%20Desi%20Komalasari.pdf