eprintid: 15085 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3855 dir: disk0/00/01/50/85 datestamp: 2022-07-06 07:26:35 lastmod: 2022-11-05 08:04:38 status_changed: 2022-07-06 07:26:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahma, Ainun Ajeng title: PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH BAGI ANAK-ANAK ispublished: pub subjects: QA75 subjects: QA76 subjects: Skripsi divisions: 55201 abstract: Huruf hijaiyah merupakan huruf penyusun kata dalam Al Qur’an. Proses pembelajaran huruf hijaiyah yang menarik dan menyenangkan kini dibutuhkan bagi anak-anak. Salah satu cara agar proses pembelajaran huruf hijaiyah menarik dan menyenangkan adalah membuatnya dalam bentuk aplikasi mobile android dengan menggunakan teknologi augmented reality. Augmented reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi kedalam lingkaran nyata tiga dimensi dan memproyeksikan benda maya tersebut dalam waktu nyata (real time). Dengan harapan aplikasi ini dapat menumbuhkan ketertarikan dalam proses pembelajaran huruf hijaiyah. Aplikasi ini menggunakan smartphone dan kartu (marker) sebagai media. Aplikasi ini dibangun menggunakan Unity dan library augmented reality yaitu Vuforia. Adapun output yang dihasilkan dari aplikasi ini yaitu aplikasi pembelajaran huruf hijaiyah menggunakan augmented reality. Adapun cara penggunaanya sebagai berikut: pertama, pengguna meletakkan marker yang telah diregistrasi dan dicetak, kedua, kamera smartphone mengidentifikasi (tracking) marker tersebut. Jika marker tidak valid, pengguna mengulangi proses identifikasi. Jika marker valid dan teridentifikasi, marker akan menampilkan obyek huruf hijaiyah dalam bentuk tiga dimensi. Ketiga, pengguna dapat memahami bentuk dan pelafalan huruf hijaiyah dengan menyentuh virtual button pada marker.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada uji coba yang dilakukan dan berdasarkan hasil survey kuesioner dan wawancara media pembelajaran ini dapat dikategorikan sangat baik karena anak-anak menjadi lebih tertarik dan antusias dalam pengenalan huruf hijaiyah. date: 2018-10-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammdiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Teknik thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: [ 1 ] Azuma, Ronald, et al. Recend Advance in Augmented Reality. IEEE. 2001 [ 2 ] Asrori, Achmad (2014). Apa Itu Vuforia?. Diakses pada 14 September 2015.Tersedia:http://achmad-asrori.blogspot.co.id/2014/03/apa-itu-vuforia.html. [ 3 ] R. T. Azuma, A Survey of Augmented Reality, Teleoperator and Virtual Environment, 2007. [ 4 ] Tin, Wariyah., 2009, Pembelajaran Hijaiyah Usia Dini, Pengok, Yogyakarta [ 5 ] A. Syaifullah, Vuforia Pada Augemnted Reality, Bandung: Biraynara, 2010. [ 6 ] J. C. Yuong, "Augmented Reality," Marketing Communication Menggunakan Augmented Reality pada Mobile Platform, pp. 14-19, 2015. [ 7 ] F. Ardiansyah, Pengenalan Dasar Android Programming, Depok: Biraynara, 2011. [ 8 ] Fathoni. Cahyo, Alat Musik Perkusi Augmented Reality Berbasis Android. Makalah Seminar Tugas Akhir. Universitas Diponegoro : Semarang, 2012. [ 9 ] Fatha, Hanif, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Surabaya, 2008. [ 10 ] F Adi, Nugroho, et al. Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data. Jakarta. 2011. [ 11 ] Hamilton, Kim and Russel Miles. Learning UML 2.0. O’Reilly, 2006 [ 12 ] John Dworetzky P.,Introducion to Child Development. New York, 1990. citation: Rahma, Ainun Ajeng (2018) PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH BAGI ANAK-ANAK. Bachelor thesis, Universitas Muhammdiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15085/1/digital_7983-eSTI-2018019%20Ainun%20Ajeng%20Rahma.pdf