%0 Thesis %9 Bachelor %A Rahma, Ainun Ajeng %B Fakultas Teknik %D 2018 %F repository:15085 %I Universitas Muhammdiyah Prof. Dr. Hamka %T PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH BAGI ANAK-ANAK %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15085/ %X Huruf hijaiyah merupakan huruf penyusun kata dalam Al Qur’an. Proses pembelajaran huruf hijaiyah yang menarik dan menyenangkan kini dibutuhkan bagi anak-anak. Salah satu cara agar proses pembelajaran huruf hijaiyah menarik dan menyenangkan adalah membuatnya dalam bentuk aplikasi mobile android dengan menggunakan teknologi augmented reality. Augmented reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi kedalam lingkaran nyata tiga dimensi dan memproyeksikan benda maya tersebut dalam waktu nyata (real time). Dengan harapan aplikasi ini dapat menumbuhkan ketertarikan dalam proses pembelajaran huruf hijaiyah. Aplikasi ini menggunakan smartphone dan kartu (marker) sebagai media. Aplikasi ini dibangun menggunakan Unity dan library augmented reality yaitu Vuforia. Adapun output yang dihasilkan dari aplikasi ini yaitu aplikasi pembelajaran huruf hijaiyah menggunakan augmented reality. Adapun cara penggunaanya sebagai berikut: pertama, pengguna meletakkan marker yang telah diregistrasi dan dicetak, kedua, kamera smartphone mengidentifikasi (tracking) marker tersebut. Jika marker tidak valid, pengguna mengulangi proses identifikasi. Jika marker valid dan teridentifikasi, marker akan menampilkan obyek huruf hijaiyah dalam bentuk tiga dimensi. Ketiga, pengguna dapat memahami bentuk dan pelafalan huruf hijaiyah dengan menyentuh virtual button pada marker.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada uji coba yang dilakukan dan berdasarkan hasil survey kuesioner dan wawancara media pembelajaran ini dapat dikategorikan sangat baik karena anak-anak menjadi lebih tertarik dan antusias dalam pengenalan huruf hijaiyah.