eprintid: 15082 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/50/82 datestamp: 2022-06-21 07:46:38 lastmod: 2022-06-21 07:46:38 status_changed: 2022-06-21 07:46:38 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kug, Sung In creators_name: Akhadiah, Sabarti creators_name: Ibrahim, Nini creators_id: nini_ibrahim@uhamka.ac.id title: Pembelajaran Bahasa Indonesiabagi Penutur Korea Di Sd Kumnamu Tangerang ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: pembelajaran Bahasa, BIPA,Penutur Korea, Penutur Asing abstract: Sebagai salah satu bentuk kegiatan belajar mengajar (KBM), pembelajaran BIPA Korea di SD Kumnamu mempunyai tugas umum yaitu untuk membimbing pelajar agar mempunyai pengetahuan yang sahih tentang Bahasa Indonesia. Secara khusus, pembelajaran BIPA mempunyai tugas untuk membina pelajar supaya dapat terampil menggunakan bahasa Indonesia secara tulis maupun lisan. Dua aspek tersebut hendaknya tertuang secara utuh dalam setiap pembelajaran yang ada. Dalam penelitian ini, rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tujuan penelitian deskriptif ini adalah melukiskan variabel/kondisi “apa yang ada” dalam suatu situasi. Penelitian ini merupakan studi kasus karena dilakukan secara intensif dan terinci terhadap suatu organisasi atau lembaga. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 29 Agustus s.d. 29 Oktober 2018. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Adapun data primer yang digunakan berupa hasil analisis dokumen dan hasil observasi kelas menggunakan lembar pedoman observasi. Pelaksanaan pembelajaran BIPA terdiri atas kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan dalam pembelajaran dilakukan dengan membuka pelajaran meliputi pengucapan salam, menanyakan keadaan pelajar, dan mengadakan game. Dalam membuka pelajaran pengajar mengutamakan bagaimana suasana berlangsung hangat dan komunikatif sehingga pengajar dapat mengetahui seberapa banyak kata yang telah dikuasai pelajar. Evaluasi pembelajaran meliputi evaluasi hasil dan evaluasi proses. Evaluasi proses dilaksanakan pada saat pembelajaran berlangsung sedangkan evaluasi hasil didapatkan dari tes tulis yang dilaksanakan setiap dua minggu sekali (minimal dua unit materi). Evaluasi proses yang dilakukan pengajar cukup baik dari segi monitoring perkembangan pelajar dalam penguasaan materi. Dalam perencanaan, pengajar diharapkan dapat lebih mempersiapkan pembuatan RPP yang lebih lengkap dan jelas seperti pencantuman nama lembaga, jenjang yang dituju, dan alokasi waktu untuk setiap langkah pembelajaran. Sedangkan dalam evaluasi diharapkan pengajar dapat lebih memaksimalkan pada bentuk tes yang lain dan adanya rubrik penilaian untuk evaluasi pembelajaran. date: 2018-11-28 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Abbas, Saleh. 2006.Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas. Adryansyah. 2012. Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). http://badanbahasa. kemdikbud.go.id/bipa/ diakses 20 Januari 2017. Arsyad, Azhar. 2008.Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Arumdyahsari, Sheilla, dkk. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Madya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, Vol. 1 No. 5, Mei 2016, 828-834. Azizah,Rifca Farih, dkk. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Program CLS (Critical Language Scholarship) di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Malang: Univ. Negeri Malang, diakses 16/02/2017. Brown, Stephen. 2007. A Critique of Generic Learning Outcomes. The Montfort University, Journal of Learning Design, Vol. 2, No. 2. Defina. 2017. Bentuk Tugas dan Evaluasi Empat Keterampilan Berbahasa pada Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (BIPA). Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 2017, 259-283. Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2006.Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta. Fathurrohman, Pupuh & Sutikno, M. Sobry. 2007. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: PT Refika Aditama. Hyun, Park Jae. 2015. Potensi dan Tantangan Bahasa Indonesia Menuju Bahasa Internasional. Jurnal Sosioteknologi, Vol. 14 No.1, April 2015. http://oaji.net/articles/2015/1967-1430879280.pdf diakses 20 Januari 2017. Isjoni. 2007. Cooperative Learning, Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung Alfabeta. Keshavarz, Mohsen. 2011. Measuring Course Learning Outcomes, Journal of Learning Design, Vol. 4, No. 4, University of Teheran. Komara, Endang. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: PT Refika Aditama. Kunandar. 2008. Guru Profesional, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada Nurudin. 2012. Dasar-dasar Penulisan. Cet. Ketiga,Malang: UMM Press. Purwanto, M. Ngalim. 2010. Psikologi Pendidikan. Cet. ke-24. Bandung, PT Remaja Rosdakarya. Ramayulis. 2012. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia. Roestiyah N.K. 2008.Strategi Belajar Mengajar: Salah Satu Unsur Pelaksanaan Strategi Belajar Mengajar : Teknik Penyajian, Cet. 7. Jakarta: Rineka Cipta. Ronidin. 2015. Kendala-kendala Pengajaran Bahasa Indonesia di Korea Selatan. Jurnal Arbitrer, Vol. 2, April 2015. Saddhono, Kundharu dan Slamet, St. Y. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi, Bandung: Karya Putra Darwati. Sadiman,Arief S. dkk. 2007.Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatanya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Sagala, Syaiful. 2011. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Cet. ke-3. Bandung: CV Alfa Beta. Santoso, Puji. 2007.Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka. Sari,Ni Pt Apita Widya, dkk. 2016. Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) di Sekolah Cinta Bahasa Ubud Bali. e-Journal Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, Undiksha, Vol. 5, No. 3, diakses 10/02/2017. Sufanti, Main. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia,Surakarta: Yuma Pustaka. Sugiyono. 2013.Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta. Sullivan, Bryce F. & Susan L., Thomas. 2007. Documenting Student Learning Outcomes Through a Research-Intensive Senior Capstone Experience: Bringing the Data Together to Demonstrate Progress. North American Journal of Psychology, Vol. 9. Suroso. 2007. Panduan Menulis Artikel dan Jurnal. Yogyakarta: Pararaton Publishing. Suyitno, Imam. 2007. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar. Jurnal Wacana Vol. 9 No. 1, April 2007, (62-78). Tarigan, Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa. Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa. Tarigan, Henry Guntur Tarigan. 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa 1. Edisi Revisi. Bandung: Angkasa. Thoifuri. 2007.Menjadi Guru Inisiator,Semarang: RaSAIL Media Group. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Uno, Hamzah B. 2012.Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Cet. kelima. Jakarta: PT Bumi Aksara. Usman, Basyiruddin. 2002. Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers, 2002. Usman, Moh. Uzer. 2011.Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Waenawae, Wandah. 2013. Keefektifan Metode Diskusi Kelompok dan Bermain Peran Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Mahasiswa Thammasat University, Thailand. Tesis: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta. citation: Kug, Sung In dan Akhadiah, Sabarti dan Ibrahim, Nini (2018) Pembelajaran Bahasa Indonesiabagi Penutur Korea Di Sd Kumnamu Tangerang. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15082/1/SPS_INDONESIA_1408056038_SUNG%20IN%20KUG.pdf