eprintid: 15081 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/50/81 datestamp: 2022-06-21 03:52:13 lastmod: 2022-06-21 03:52:13 status_changed: 2022-06-21 03:52:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Arfani, Arfani creators_name: Rahman, Nurlina creators_name: Wahdiyati, Dini creators_id: diniwahdiyati@uhamka.ac.id title: Strategi Komunikasi Band Slank Dalam Mengkampanyekan Anti Narkoba ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Peran Band Slank yang semangat membantu pecandu agar bisa bebas merupakan wujud nyata mereka memerangi penyalagunaan narkoba, dalam mengkampanyekan anti narkoba Band Slank berkerja sama oleh pihak badan narkotika nasional BNN, Band Slank berupaya membuat tahapan strategi komunikasi upaya dalam mengkampanyekan anti narkoba. Oleh karena itu penelitian ini memfokuskan pada strategi komunikasi Band Slank dalam mengkampanyekan anti narkoba. Penelitian ini menggunakan konsep strategi komunikasi dan teori sistem. konsep ini digunakan untuk mengetahui proses atau tahapan yang dilakukan oleh Band Slank dalam menghasilakan sebuah strategi komunikasi. Serta mennggunakan konsep kampanye humas yang digunakan untuk mengetahui kampanye yang dilakukan Band Slank yang bekerja sama dengan BNN Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif bertujuan untuk menjelaskan fenomena dengan sedalam-dalamnya melalui pengumpulan data sedalam-dalamnya. Menggunakan jenis penelitian deskritif bertujuan untuk menggambarkan realitas sosial yang ada di masyarakat yang menjadi objek penelitian dan berupaya menarik realitas itu ke permukaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Band Slank membuat sebuah strategi komunikasi yang di tuangkan melalui tahapan, mengenal sasaran komunikasi dalam faktor situasi dan kondisi yaitu komunikan dengan memberikan pesan-pesan yang tidak terlalu berbobot, pemelihian media yaitu dengan musik,lirik dan film, tahap tujuan pesan komunikasi yang dilakukan yaitu dengan teknik persuasif atau ajakan, peranan komunikator dalam komunikasi Band Slank sebagai publik figure. Dalam kampanye Band Slank yang bekerja sama pihak BNN yaitu dengan konser-konser yang bertemakan anti narkoba dan juga membuat rehabilitas gratis bagi para pengguna narkoba untuk sembuh dari ketergantungan narkoba. Penulis menyarankan kepada penelitian yang akan datang mencoba dengan metodelogi studi kasus dengan paradigma yang berbeda seperti paradigma kritis untuk memperkaya refrensi yang ada. date: 2016 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Abdurrachman, Oemi. 2001. Dasar-dasar public Relations Bndung : Citra AdhityaBakti Agus, Salim. 2001. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiarawancana. Ardianto, Elvinaro dan Soemirat. 2010.Pengantar Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Bungin, Burhan. 2007. Penelitian kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial. Jakarta: Prenada Media Group 2008. Sosiologi Komunikasi (Teori, Paradigma, dan Discourse Teknologi Komunikasi di Masyarakat), Jakarta: KencanaPrenada Media. Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan & Strategi Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Effendy, Onong Uchjana 2008.Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Effendy, Onong Uchjana. 2009. Human Relations & Public Relation. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Jefkins, Frank. 2002. Public Relations. Jakarta: PT. GloraAksaraPratama. Kriyantono, Rachmat. 2010. Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Pranada Media Group. Masmuh, Abdullah, 2011. Komunikasi Organisasi dalam Perspektif Teori dan Praktek, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Martono, Lidya Harlina. Menangkal Narkoba Dan Kekerasan, Jakarta: Balai Pustaka, 2006 Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: RosdaKarya. Morissan. 2008. Manajemen Public Realitions: Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Kencana. 2009. Teori Komunikasi Organisasi. Bogor: Ghalia Indonesia. Nova, Firsan. 2009. Crisis Public Relations. Jakarta: Grasindo. Ruslan, Rosady. 2007. Kiat dan strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: Raja Grafindo Persada Rumanti, Sr. Maria Assumpta. 2005. Dasar-dasar Public Relations. Jakarta: PT. Gramdeia Widiasarana Indonesia Ruslan, Rosady. 2008. Kiat dan Strategi Kampanya Public Realitions. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Ruslan, Rosady. 2010. Management Public Relation dan Media Komunikasi. Jakarta: Kencana. Saputra,Wahidin, dan Rulli Nasrullah. 2011, Teori dan Praktik Public Relations di Era Cyber, Jakarta. Subagyo, Partodiharjo. 2009. Kenali Narkoba dan Musuhi Penyalagunaannya. PT. Gelora Aksara Pratama Vardiansyah, Dani. 2004. PengantarIlmuKomunikasi, CetakanPertama. Bogor: Ghalia Indonesia Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana. MEDIA ONLINE: http://www.merdeka.com/peristiwa/pengguna-narkoba-di-indonesia-pada-2015- capai-58-juta-jiwa.html diakses 26 Oktober 2015 Pukul 15:42 WIB. citation: Arfani, Arfani dan Rahman, Nurlina dan Wahdiyati, Dini (2016) Strategi Komunikasi Band Slank Dalam Mengkampanyekan Anti Narkoba. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15081/1/FISIP_ILKOM_1006015010_ARFANI.pdf