eprintid: 15079 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/50/79 datestamp: 2022-06-25 05:29:17 lastmod: 2022-07-01 08:40:15 status_changed: 2022-06-25 05:29:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Lamrani, Mira creators_name: Nuriadin, Ishaq creators_id: mira.lamrani16@gmail.com creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dan Model Problem Based Learning di SMAN 2 Tambun Utara ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dan model Problem Based Learning. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dan model Problem Based Learning”. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen jenis true experimental. Populasi pada penelitian ini sebanyak 176 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan sampel sebanyak 71 siswa di SMAN 2 Tambun Utara kelas XI MIA pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Instrumen penelitian ini berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang telah diuji validitas dan realibilitas. Berdasarkan hasil uji prasyarat normalitas dan homogenitas, data berdistribusi normal dan homogen, hasil penelitian didapat thitung sebesar 4,6391 dengan ttabel sebesar 1,6672 pada alfa sebesar 5% maka dengan demikian H0 ditolak yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dan model Problem Based Learning. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Afryanza, R., Wulandari, Y., & Gustiningsi, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa The Effect of Cooperative Learning Type Think Pair Share Model on the Ability of Understanding Student Mathematical Concept. Edumatica 9(1), 33–38. Amri, M. Y. B., Rusilowati, A., & Wiyanto. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP di Kabupaten Tegal. Unnes Physics Education Journal, 6(3), 80–93 Ardianti, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Inspiramatika, 5(1), 34–42. Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 92–100. Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Astriana, M., Murdani, E., & Mariyam. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Operasi Bilangan Pecahan. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 2(1), 27-31. Hatjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikolog, 27(2), 187-203 Hidayati, R. (2017). Keefektifan Setting TPS dalam Pendekatan Discovey Learning dan Problem Based Learning pada Pembelajaran Materi Lingkaran SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 78–86. Ibrahim, I., Kosim, K., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 14-23. Lakuntu, J. K., Werdhiana, I. K., & Muslimin, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Menggunakan Metode Eksperimen terhadap Pemahaman Konsep Hukum Newton pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 5(1), 48-51. Ningsih, S. Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Di Smp Swasta Tarbiyah Islamiyah. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 82–90. Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 34–38. Purnami, E. S., Khanafiyah, S., & Khumaedi. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures ( CUPs ) Dengan Teknik Probing Prompting untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi. Unnes Physics Education Journal, 7(1), 50–56. Rafianti, I., Anriani, N., & Iskandar, K. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dalam Mendukung Kemampuan Abad 21. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 123–138. Rasiman, R., Rozana, E., & Sugiyanti, S. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Concept Attainment Dan Model Pembelajaran Guided Discovery Berbantuan Lectora Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 134-139. Richi, N., & Mukhtar. (2017). Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Cabri 3D Di Kelas VIII SMP Negeri 27 Medan. Inspiratif : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 86–95. Ridwan. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara. Rosidah, C. T. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Menumbuhkembangkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inventa, 2(1), 62–71. Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito Bandung. Safitri, Ikhsan, M., & Susanti. (2020). Penerapan Model Conceptual Understanding Procedures Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 50 – 66. Salsabila, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan Media Handout Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Belajar di SMK N 3 Pekalongan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 37 – 48. Suhendar, U., & Ekayanti, A. (2018). Problem Based Learning Sebagai Upaya Peningkatan Konsep Matematis Mahasiswa. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 16–19. Sundawan, M. D. (2016). P erbedaan Model Pembelajaran Konstruktivisme Dan Model Pembelajaran Langsung. Jurnal Logika, XVI(1), 1–11. Susanto, E., & Retnawati, H. (2016). Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan PBL Untuk Mengembangkan HOTS Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 189-197. Sutirman. (2013). Media & Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu. Ummi, H. U., & Mulyaningsih, I. (2016). Penerapan Teori Konstruktivistik Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Journal Indonesian Language Education and Literature, 1(2), 42-52. Wardhani, Sri. (2008). Analisisi SI Dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika. Yulianti, A. S., Sugandi, A. I. (2018). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 623–630. citation: Lamrani, Mira dan Nuriadin, Ishaq (2020) Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dan Model Problem Based Learning di SMAN 2 Tambun Utara. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15079/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105123_MIRA%20LAMRANI.pdf