%T Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dan Model Problem Based Learning di SMAN 2 Tambun Utara %L repository15079 %A Mira Lamrani %A Ishaq Nuriadin %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dan model Problem Based Learning. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dan model Problem Based Learning”. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen jenis true experimental. Populasi pada penelitian ini sebanyak 176 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan sampel sebanyak 71 siswa di SMAN 2 Tambun Utara kelas XI MIA pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Instrumen penelitian ini berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang telah diuji validitas dan realibilitas. Berdasarkan hasil uji prasyarat normalitas dan homogenitas, data berdistribusi normal dan homogen, hasil penelitian didapat thitung sebesar 4,6391 dengan ttabel sebesar 1,6672 pada alfa sebesar 5% maka dengan demikian H0 ditolak yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dan model Problem Based Learning. %I Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka %D 2020