eprintid: 15077 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/50/77 datestamp: 2022-06-21 03:40:58 lastmod: 2022-06-21 03:40:58 status_changed: 2022-06-21 03:40:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fariz, Ahdi creators_name: Basuki, Maryono creators_name: Romadlan, Said creators_id: saidromadlan@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Kepuasan Mahasiswa Program Magister Imu Komunikasi Fakultas Imu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia Terhadap Tayangan The East di NET. ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: NET. sebagai stasiun televisi swasta baru menyuguhkan program-program acara yang memikat pemirsa televisi. Salah satunya tayangan ber-genre program drama comedy yang memiliki daya tarik bagi penonton. The East merupkan salah satu situasi komedi unggulan di NET. Fokus penelitian ini, adalah “Kepuasan Mahasiswa Program Magister Imu Komunikasi Fakultas Imu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia Terhadap Tayangan The East di NET.?” Paradigma penelitian ini adalah positivism, teori yang digunakan adalah uses and gratifications untuk menjelaskan bagaimana individu memanfaatkan media dan mendapatkan kepuasaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian deskriptif, dan metode survei. Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Magister Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) semester 1 dan 3 yang berjumlah 57 orang. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket. Analisis data menggunakan SPSS. Hipotesis penelitian diuji dengan korelasi Pearson dan uji beda T. Peneliti menemukan Gratifications Sought (GS) atau motif yang dicari berkorelasi positif dengan Media Use (MU) atau penggunaan media, dan Media Use (MU) atau penggunaan media berkorelasi positif dengan Gratifications Obtained (GO) atau motif yang diperoleh. Uji beda paired Samples T-Test menunjukkan GS tidak signifikan berbeda dengan GO. Dengan demikian, mahasiswa Program Magister Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) puas terhadap tayangan The East di NET. date: 2017 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Ardianto, Elnivaro. 2004. Filsafat Ilmu Komunikasi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media. ________________2009. Filsafat Ilmu Komunikasi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.. Alex, Sobur, 2003. Psikologi Umum, Bandung: Pustaka Setia. Arifin, Eva. 2010. Broadcasting: To be Broadcaster, Yogjakarta: Graha Ilmu. Effendy, Onong Uchjana. 1993. Dinamika Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Elvinaro Ardiantino, 2004. KOMUNIKASI MASSA: suatu pengantar, Bandung: Simbiosa Rekatama Media. ________________ 2007. KOMUNIKASI MASSA: suatu pengantar, Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Fachruddin, Andi. 2015. Cara Kreatif Memproduksi Program Televisi, Yogyakarta : CV. Andi Offset. ______________. 2016. Manajemen Pertelevisian Modern. CV. Andi Offset. Yogyakarta. Fatmawati. 2009. Paradigma Baru Mengemas Dakwah Melalui Media Televisi Di Era Globalisasi, Jurnal Komunika Volume 3, Nomor 2. Gerungan, W.A. 2004. Psikologi Sosial, Bandung: PT. Refika Adhitama, IKAPI. Kriyantono, Rakhmat. 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi : Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public relation, advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group. _________________. 2008 Teknik Praktis Riset Komunikasi : Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public relation, advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group. _________________.2012. Teknik Praktis Riset Komunikasi : Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public relation, advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Kuswandi, Wawan. 1996. Komunikasi Massa (Sebuah Analisis Isi Media Televisi), Jakarta: PT Rineka Cipta. Liliweri, Alo. 1991. Komunikasi Antarpribadi, Bandung: Citra Aditya bakti. Maleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya. Margono, S. 2010, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta. Mcquail, Dennis. 2011. Teori Komunikasi Massa, Jakarta: Salemba Humanika. Morissan. 2008. Jurnalistik Televisi Mutakhir, Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Mulyana, Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung:.PT. Remaja Rosdakarya. ________________.2005 . Dinamika Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Narbuko, Cholid & Abu Achmadi. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara. Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Grafindo Persada. _______. 2009. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Grafindo Persada Rakhmat, Jalaludin. 2004. Psikologi Komunikasi (Edisi Revisi). Jakarta. PT Remaja Rosdakarya. Riduwan. 2004. Skala Pengukuran Variabel dan Penelitian. Bandung: Alfabeta Rohim, Syaiful. 2009. Teori Komunikasi, Jakarta: PT.Rineka Cipta. Sarwono, Sarlito Wirawan. 2005. Psikologi Sosial (Psikologi Kelompok dan Psikologi Terapan), Jakarta: Balai Pustaka. Setyobudi, Ciptono. 2006. Teknologi Broadcasting TV, Yogyakarta: PT. Graha Ilmu. Sudjana. 2005. Metode Statistik, Bandung: Tartsito. Sugiyono. 2010. Statistika untuk penelitian, Bandung: CV. Alfabeta. Tjiptono, Chandra, Gregorius. 2011. Service, Quality & Satisfation, Yogyakarta: Edisi Ketiga. citation: Fariz, Ahdi dan Basuki, Maryono dan Romadlan, Said (2017) Kepuasan Mahasiswa Program Magister Imu Komunikasi Fakultas Imu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia Terhadap Tayangan The East di NET. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15077/1/FISIP_ILKOM_0906015008_Ahdi%20Fariz.pdf