eprintid: 15076 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/50/76 datestamp: 2022-06-21 03:35:40 lastmod: 2022-06-21 03:35:40 status_changed: 2022-06-21 03:35:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Putra, Aditiyo Abdi creators_name: Rahim, Syaiful creators_name: Putra, Gilang Kumari title: Representasi “Opini Syariah Dan Khilafah” Pada Tabloid Media Umat (Studi Kritis Norman Fairlough) ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Dakwah Islambelakangan ini semakin digemari khalayak. Hal ini terlihat semakin banyaknya acara keislaman yang disiarkan di media massa. Berdakwah merupakan kewajiban dari setiap muslim yang bersifat menyeru,Teori Kritis digunakan dalam penelitian ini, karena peneliti akan meneliti pesan dakwah media hizbut tahrir indonesia dalam penyebaran opini syariah dan khilafah, peneliti juga akan mengkritisi pesan dakwah yang disampaikan dalam media umat tanpa melihat adanya perbedaan antara masyarakat lainnya. Paradigma dalam penelitian ini adalah paradigma kritis, paradigma kritis melihat kebenaran bukan sebagai sesuatu yang mutlak, penelitian ini menggunakan analisis wacana kritis norman fairclough yang akan menganalisis teks dalam tabloid, dan teori yang digunakan menggunakan teori kritis mahzab frankfurt, peneliti akanmeneliti representasi opini syariah dan khilafahpada media umat yang mempengaruhiideologi demokratis di masyarakat.Hasil penelitian ini membuktikan, representasi opini syariah dan khilafah pada tabloid media umat yaitu dengan cara mendoktrin pola pikir masyarakat karena masalah yang ada ditengah masyarakat disebabkan pemerintah yang belum menerapkan sistem islam yaitu syariah dan khilafah, kemudian hadirlah paham opini yang disebarkan oleh Hizbut Tahrir sebagai solusi masalah tersebut. sehingga berpengaruh terhadap kesenjangan, toleransi dan pola pikir masyarakat dalam kehidupan pemerintah demokrasi yang melenceng dari pancasila dan undang-undang dasar Republik Indonesia. Rekomendasi penelitian ini agar menjadi acuan bagi penelitian selanjutnya yang membahas mengenai opini syariah dan khilafah dalam bentuk tabloid, penelitian ini juga diharapkan dapat memberi masukan kepada pihak-pihak terkait dalam menepis penyebaran opini syariah dan khilafah pada tabloid terhadap pola pikir masyarakat dalam pemerintahan demokrasi Indonesia. date: 2016 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Ardianto, Elvinaro dan Komala Erdinaya Lukiati. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar, Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Arif, Mahmud. 2008. Pendidikan Islam Transformatif. Yogyakarta: Lkis Pelangi Kencana. Barker, Chris. 2000. Cultural Studies, Teori & Praktik.Bantul: Kreasi Wacana Offset. Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi : Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta : Kencana. Effendy, Onong Uchjana. 2007. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti. Eriyanto. 2001. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LkiS Group. Fiske, John. 2011. Cultural and Communication Studies: Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra. Hardt, Hanno. 2007. Critical Communication Studies: Sebuah Pengantar Komprehensif Sejarah Perjumpaan Tradisi Kritis Eropa dan Tradisi Pragmatis Amerika. Yogyakarta: Jalasutra. Kriyantono, Rachmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana. McQuail, Denis. 1996. Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga. Muhammad, Arni. 2011. Komunikasi Organisasi. Jakarta : Bumi aksara. Muhsin Radhi Muhammad. 2013. Tsaqafah dan Metode Hizbut Tahrir dalam Mendirikan Negara Khilafah. Bogor: Al Azhar Press. Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nashir, Haedar. 2007. Islam Syariat, Reproduksi Salafiyah Ideologis di Indonesia. Jakarta:PSAP Muhammadiyah. Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Raja Grafindo Persada Pace, Wayne R. & Faules, F. Don. 2005. Komunikasi Organisasi : Strategi meningkatkan kinerja prusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Patria, Nezar, dan Andi Arief. 2009. Negara & Hegemoni.Yogyakarta: Pustaka Belajar. Rhenald, kasali. 1995 Manajemen Periklanan Konsep Dan Aplikasinya Di Indonesia, Jakarta : PT. pustaka utama graffiti. Sobur, Alex. 2009. Analisis Teks Media Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sim, Stuart, dan Loon, Borin Van. 2008. Memahami Teori Kritis. Yogyakarta: Resist Book. Syam, Nur. 2009. Tantangan Multikulturalisme Indonesia.. Yogyakarta: Kanisius. Vardiansyah, Dani. 2005. Filsafat Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Jakarta: Indeks. West, Richard, dan Lynn H. Turner. 2008. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika. citation: Putra, Aditiyo Abdi dan Rahim, Syaiful dan Putra, Gilang Kumari (2016) Representasi “Opini Syariah Dan Khilafah” Pada Tabloid Media Umat (Studi Kritis Norman Fairlough). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15076/1/FISIP_ILKOM_0906015004_Aditiyo%20Abdi%20Putra.pdf