eprintid: 15074 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/50/74 datestamp: 2022-06-25 05:30:08 lastmod: 2022-06-25 05:30:08 status_changed: 2022-06-25 05:30:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Almasitoh, Hilda Isnaeni creators_name: Purwanto, Sigid Edy creators_id: hildaisnaenidws@gmail.com creators_id: sigid@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-1432-1564 title: Analisis Efektititas Pembelajaran Daring Berdasarkan Pemahaman Mahasiswa ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Pembelajaran daring merupakan sarana utama ketika adanya wabah pandemi Covid-19. Tidak terkecuali Program Studi Pendidikan Matematika Uhamka yang menggunakan sarana pembelajaran via online seperti, Whatsapp grup, Zoom meeting, Google class room, Youtube, dan media aplikasi lain Ketika pembelajaran daring. Pemahaman mahasiswa sangat berpengaruh pada proses pembelajaran daring berlangsung. Proses pembelajaran dapat dikatakan sukses serta berkualitas apabila proses pembelajaran dilakukan secara efektif sesuai dengan metode pembelajaran. Pada kesempatan ini, penelitian diterapkan kepada mahasiswa program studi Pendidikan matematika Uhamka. Pemahaman mahasiswa disesuaikan dengan keefektivitas pembelajaran daring berlangsung. Berdasarkan penelitian ini, pembelajaran daring belum dilakukan secara efektif yang mengakibatkan pemahaman mahasiswa berkurang. Hasil lain menunjukan bahwa dosen dan mahasiswa belum memperispakan untuk dilakukannya pembelajaran daring yang mengakibatkan kurang efektif di pembelajaran daring. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Bibi, S., & Jati, H. (2015). Efektivitas model blended learning terhadap motivasi dan tingkat pemahaman mahasiswa mata kuliah algoritma dan pemrograman. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(1), 74. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i1.6074 Bisnis, J., Ayu, M., Prita, J., Niaga, A., & Bali, P. N. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemahaman Mahasiswa Terhadap Penerapan E-Learning Perpajakan di Era Disruptif Covid – 19. 16(2), 102–108. ESTU SAPUTRO. (2020). PEMBELAJARAN KULIAH DI TENGAH PANDEMIC COVID-19. http://bem.trunojoyo.ac.id/2020/05/08/pembelajaran-kuliah-di-tengah-pandemic-covid-19/ Fatahillah, Muh. Zainuddin. R. Kasau, M. R. S. (n.d.). pembelajaran berbasis daring. Firman, F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 14–20. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/743 Hasanah, A., Sri Lestari, A., Rahman, A. Y., & Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 4–8. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30565 Hikmat, Hermawan, E., Aldim, & Irwandi. (2020). Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Survey Online. Digital Library, UIN SUnan Gung Djati, Bandung, 1–7. http://digilib.uinsgd.ac.id/30625/ Holly, P., Squares, W., & Anisykurlillah, I. (2011). BUKTI AUDIT DENGAN STRATEGI PENINJAUAN KEMBALI ALA Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala Banda Aceh , 21-22 Juli 2011 Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala Banda Aceh , 21-22 Juli 2011. 21–22. Karim, A., & Nurrahmah, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Jurnal Analisa, 4(1), 179–187. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2101 Kelana, I. (2020). Covid-19 dan potret pembelajaran berbasis E-learning. https://republika.co.id/berita/q8gkaa374/covid19-dan-potret-pembelajaran-berbasis-elearning Khery, Y., Nufida, B. A., Suryati, S., Rahayu, S., & Aini, M. (2019). Pemahaman Mahasiswa tentang Hakikat Sains dalam Pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Mobile-NOS. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 7(2), 169–179. https://doi.org/10.33394/j-ps.v7i2.1771 Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667 Lutfiyah, L., & Sulisawati, D. N. (2019). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Berbasis E-Learning. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 2(1), 58–65. https://doi.org/10.31539/judika.v2i1.716 Moleong, L. J. (2013). Moleong, Lexy J. 60–78. Pendidikan, J. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19 Aan Widiyono. 8(2), 169–177. Prof. Dr. Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Rijal09. (2016). Cara Mengukur Dan Mengetahui Efektivitas Pembelajaran. https://www.rijal09.com/2016/12/cara-mengukur-dan-mengetahui-efektivitas-pembelajaran.html?m=1 Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759 Suryacitra, G. E. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Di Kelas X MIPA SMA N 1 Karanganom Tahun Ajaran 2017/2018 Pada Materi Vektor. https://repository.usd.ac.id/31297/2/141414051_full.pdf Syarifah, L. L. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sma Ii. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 57–71. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2031 Ummi, H. U., & Mulyaningsih, I. (2017). Journal Indonesian Language Education and Literature. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/%0APEMBELAJARAN Wicaksana, E. (2020). Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi Dan Minat Bakat Peserta Didik Di Tengah Pandemi Covid -19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 117–124. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1937 Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37–45. https://doi.org/https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i1.1981 citation: Almasitoh, Hilda Isnaeni dan Purwanto, Sigid Edy (2020) Analisis Efektititas Pembelajaran Daring Berdasarkan Pemahaman Mahasiswa. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15074/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_16011050138_HILDA%20ISNAENI%20ALMASITOH.pdf