%D 2020 %T Analisis Efektititas Pembelajaran Daring Berdasarkan Pemahaman Mahasiswa %I Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka %A Hilda Isnaeni Almasitoh %A Sigid Edy Purwanto %X Pembelajaran daring merupakan sarana utama ketika adanya wabah pandemi Covid-19. Tidak terkecuali Program Studi Pendidikan Matematika Uhamka yang menggunakan sarana pembelajaran via online seperti, Whatsapp grup, Zoom meeting, Google class room, Youtube, dan media aplikasi lain Ketika pembelajaran daring. Pemahaman mahasiswa sangat berpengaruh pada proses pembelajaran daring berlangsung. Proses pembelajaran dapat dikatakan sukses serta berkualitas apabila proses pembelajaran dilakukan secara efektif sesuai dengan metode pembelajaran. Pada kesempatan ini, penelitian diterapkan kepada mahasiswa program studi Pendidikan matematika Uhamka. Pemahaman mahasiswa disesuaikan dengan keefektivitas pembelajaran daring berlangsung. Berdasarkan penelitian ini, pembelajaran daring belum dilakukan secara efektif yang mengakibatkan pemahaman mahasiswa berkurang. Hasil lain menunjukan bahwa dosen dan mahasiswa belum memperispakan untuk dilakukannya pembelajaran daring yang mengakibatkan kurang efektif di pembelajaran daring. %L repository15074