eprintid: 15073 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/50/73 datestamp: 2022-06-25 05:29:30 lastmod: 2022-06-25 05:29:30 status_changed: 2022-06-25 05:29:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Indah, Yusnaini Nurul creators_name: Soro, Slamet creators_id: yusnaininurul13@gmail.com title: Penerapan Model Discovery Learning Berbasis LKPD Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Materi Pola Bilangan Kelas VIII-G SMP Negeri 174 Jakarta Tahun Pelajaran 2020/2021 ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik dan self-efficacy menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis LKPD materi pola bilangan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII-G SMP Negeri 174 Jakarta yang berjumlah 36 peserta didik. Data hasil self-efficacy peserta didik diperoleh melalui angket. Sedangkan data hasil belajar matematika peserta didik diperoleh melalui tes hasil belajar. Data hasil angket self-efficacy dianalisis dengan menghitung skor setiap pertanyaan, menghitung skor total dari masing – masing peserta didik, membandingkan skor total antara angket sebelum tindakan dan angket sesudah tindakan, serta menghitung persentase angket pada setiap dimensi. Sedangkan data yang di peroleh melalui tes hasil belajar dianalisis berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebesar 75 dan dihitung persentase ketuntasannya. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Rata – rata skor untuk angket self-efficacy mengalami peningkatan dimana sebelum tindakan skor rata – rata angket self-efficacy 75 dan setelah diberi tindakan menjadi 82, selain itu persentase pada setiap dimensi self-efficacy dari sebelum tindakan menjadi sesudah tindakan mengalami peningkatan hal ini dapat dilihat dari persentase dimensi magnitude dari 72,45% menjadi 83,49%, untuk dimensi generality dari 77,85% menjadi 81,33% dan untuk dimensi strength dari 75% menjadi 81,25%, (2) Hasil tes diakhir pembelajaran diperoleh nilai rata – rata sebesar 80,56 dengan persentase ketuntasan peserta didik sebesar 80,56% dengan kualitas yang tergolong tinggi, sehingga dapat dikatakan bahwa hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran discovery learning. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Alminingtias, F. M., Soro, S., & Handayani, I. (2018). Hubungan Self-Efficacy Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Di MAN 7 Jakarta. Prosiding SENAMKU Vol.1, 365-371. Arifin, P., Trisna, B. N., & Atsnan, M. F. (2017). Mengembangkan Self-Efficacy Matematika Melalui Pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 27 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016-2017. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika 3(2), 93-104. Aristo, T. J. (2019). Analisis Permasalahan Pemerataan Pendidikan Di Kabupaten Sintang. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 25-34. Azizah, N. H., Mahardika, I. K., & Prasetyaningsih, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Uhasa di SMP Negeri 3 Jember. FKIP e-PROCEEDING, 4(1), 203-206. Budiarti, L., Akbar, S., & Rachmah, D. (2015). Analisis Keyakinan Diri dan Kesejahtraan Psikologis Pedagang di Pasar Tradisional Darat dan Pasar Terapung Lok Baintan Sungai Tabuk Martapura, 4(2). Sosio Konsepsia, 108-122. Chania, Y., Sasmita, D., & Haviz, M. (2016). Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Journal of Sainstek, 8(1), 77-84. Diningsih, F. A., Febriana, R., & Handayani, S. (2019). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(1), 1-7. Dipayana, I. M., Gading, I., & Japa, I. N. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Komputasi. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3). Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi Press. Faturohman, I., & Afriansyah, E. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107-118. Hakim, T. (2000). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara. Isrok'atun, Hanifah, N., Maulana, & Suhaebar, I. (2020). Pembelajaran Matematika dan Sains Secara Integratif Melalui Situation-Based Learning. Sumedang: UPI Sumedang Press. Johar, R., & Hanum, L. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Deepublish. Lestari, A. D. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA dengan Model Discovery Learning Berbantu Media Gambar di Kelas V SD Negeri Pakis 1 Magelang Semester 1 Tahun Ajaran 2016/2017. Konvergensi Edisi 27, Vol VI, 25-36. Mashuri. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat Melalui Metode Discovery Learning Pada Siswa Kelas X IPA MAN Nagekeo Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 106-118. Mawaddah, S., & Maryani, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76-85. Nurhasanah, S., & Sobandir, A. (Agustus 2016). Minat belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128-135. Octavia, S. (2020). Model-Model Pembelajaran. 2020: Deepublish. Pardimin. (2018). Self Efficacy Matematika dan Self Efficacy Mengajar Matematika Guru Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan 24(1), 29-37. Parwanti, N. N., Suryawan, I. P., & Apsari, R. A. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Repok: PT Rajagrafindo Persada. Prasasti, D. E., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Discovery Learning Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 174-179. Prasityo, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Kooperatif Jigsaw Pada Materi Pecahan Di Kelas V SDN SEPANJANG 2. Surakarta: CV Kekata Group. Putri, H. E., & Muqodas, I. (2019). Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract(CPA), Kecemasan Matematis, Self Efficacy Matematis, Instrumen dan Rancangan Pembelajaran. Sumedang: UPI Sumedang Press. Razzaq, A., Samiha, Y. T., & Anshari, M. (2018). Smartphone Habits and Behaviors in Supporting Students Self-Efficacy. International Journal of Emergining Technologies in Learning, 13(2), 94-109. Rosyiana, I. (2019). Inovative Behavior At Work: Tinjauan Psikologi & Implementasi di Organisasi. Yogyakarta: Deepublish. Rosyid, A. (2018). Persepsi Mahasiswa PJKR Terhadap Kegiatan Praktikum SPSS Dalam Mata Kuliah Statistika Pendidikan. JUARA: Jurnal Olahraga, 25-35. Rosyid, M. Z., Mustajab, & Abdullah, A. R. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara. Safira, A. R., & Ifadah, A. S. (2020). Pembelajaran Sains dan Matematika Anak Usia Dini. Jawa Timur: Caramedia Communication. Sarinigsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 163-177. Sarmianti, S., Kadir, & Rahim, U. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Dukungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kusambi. Jurnal Pendidikan Matematika 10(1), 77-88. Simamora, R., Saragih, S., & Hasratuddin. (2019). Improving Student' Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy through Guided Discovery Learning in local Culture Context. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 61-72. Sriyanti, I. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia. Sriyanto, H. (2017). Mengorbankan Api Matematika. Sukabumi: CV Jejak. Sumarsono, P. d. (2020). Belajar dan Pembelajaran di Era Milenial. Malang: UMM Press. Sunaryo, Y. (2017). Pengukuran Self-Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di MTs N 2 Ciamis. Teorema: Teori dan Riset Matematika 1(2), 39-44. Suprihatiningrum, J. (2017). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Susana, A. (2019). Pembelajaran Dicovery Learning Menggunakan Media Interaktif. Bandung: Tata Akbar. Ulfa, M., & Amalia, R. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) di Sekolah Inklusif. Journal on Teacher Education, 9-19. Umar. (2019). Pengantar Profesi Keguruan. Depok: PT. Grafindo Persada. Unaradjan, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Yerimadesi, Putra, A., & Ririanti. (2017). Efektivitas Penggunaan Modul Larutan Penyangga Berbasis Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMAN 7 Padang. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(1), 17-23. citation: Indah, Yusnaini Nurul dan Soro, Slamet (2020) Penerapan Model Discovery Learning Berbasis LKPD Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Materi Pola Bilangan Kelas VIII-G SMP Negeri 174 Jakarta Tahun Pelajaran 2020/2021. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15073/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105152_YUSNAINI%20NURUL%20INDAH.pdf