eprintid: 15072 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/50/72 datestamp: 2022-06-25 05:29:24 lastmod: 2022-06-25 05:29:24 status_changed: 2022-06-25 05:29:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Irnawati, Uvi creators_name: Azhar, Ervin creators_id: uviirna@gmail.com creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengaruh Pemberian Kuis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh pemberian kuis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis di SMP Negeri 2 Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian The Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bogor pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang diteliti sebanyak 50 siswa dari kelas VII-D dan VII-G. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa soal uraian sebanyak 10 soal. Uji validitas dengan menggunakan validitas logis, dimana kevalidan instrumen yang diuji sudah berdasarkan indikator dan sudah diuji oleh 4 ahli, sehingga instrumen sudah dinyatakan valid secara logis. Uji persyaratan yang dilakukan yaitu uji normalitas, kemudian diperoleh data yang tidak berdistribusi normal dari kelas eksperimen dan kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney menghasilkan Zhitung =-2,09 yang mengakibatkan tolak H0 pada taraf signifikasi 5% dengan effect size sebesar 0,472 yang tergolong sedang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian kuis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang tergolong sedang. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). Timss Indonesia ( Trends In International Mathematics And Science Study ). Priosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569. Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal Jnpm (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2, 109. Https://Doi.Org/10.1016/S0962-8479(96)90008-8 Rahmayana, R., Kadirman, & Purnamawati. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR). Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 3, 88–94. Sahrudin, A. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Means- Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Unsika, 4(1), 17–25. Sari, D. P., Putra, R. W. Y., & Syazali, M. (2018). Pengaruh Metode Kuis Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 63–72. Widjajanti, D. B. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa Dan Bagaimana Mengembangkannya P-25 Oleh. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika Fmipa Uny, 3(2), 402–413. citation: Irnawati, Uvi dan Azhar, Ervin (2020) Pengaruh Pemberian Kuis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15072/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105150_UVI%20IRNAWATI.pdf