eprintid: 15071 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/50/71 datestamp: 2022-06-25 05:29:37 lastmod: 2022-06-25 05:29:37 status_changed: 2022-06-25 05:29:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ilyas, Feby Maulana creators_name: Kurniasih, Meyta Dwi creators_id: febymaulanailyas@gmail.com creators_id: meyta.dkurniasih@uhamka.ac.id title: Pengembangan Bahan Ajar E-Module dengan Menggunakan Aplikasi 3D Pageflip Professional ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-module dengan menggunakan aplikasi 3D Pageflip Professional pada materi Trigonometri. Kemudian untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap bahan ajar e-module dengan menggunakan aplikasi 3D Pageflip Professional pada materi Trigonometri. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Penelitian ini menggunakan angket yang diberikan kepada ahli materi dan ahli media untuk menguji kelayakan e-module, lalu angket diberikan kepada dua pendidik dan enam peserta didik sebagai uji coba kelompok kecil untuk menguji kemenarikan dan keefektifan e-module. Berdasarkan hasil penelitian, e-module dengan menggunakan 3D Pageflip Professional mendapatkan penilaian dengan kriteria sangat baik pada uji coba kelayakan dengan persentase 93,58% dari ahli materi dan 87,71% dari ahli media. Respon terhadap e-module dengan menggunakan 3D Pageflip Professional mendapatkan penilaian dengan kriteria sangat baik/sangat puas dengan persentase 96,79% dari pendidik dan 89,10% dari peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-module yang dihasilkan menggunakan aplikasi 3D Pageflip Professional pada materi Trigonometri dinyatakan layak dan menarik untuk dijadikan bahan ajar Trigonometri. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anggriani, L. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) dengan Menggunakan 3D Pageflip Professional. Ardiansyah, R., Corebima, A. D., & Rohman, F. (2016). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Perubahan Materi Genetik pada Matakuliah Genetika di Universitas Negeri Malang. Seminar Nasional Pendidikan Dan Saintek 2016, 2016, 1. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. In Rineka Cipta. Rineka Cipta. Bahtiar, E. T. (2015). Penulisan Bahan Ajar. October. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.1441.6083 Christiani, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA “Aku Cinta Lingkunganku” untuk Siswa Kelas III SD Kanisius Demangan Baru 1 Menggunakan Pendekatan Paradigma Pedagogi Reflektif. Universitas Sanata Dharma. Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Darmawan, A. (2020). Pedoman Pemilihan Duta Rumah Belajar 2020. Pusdatin Kemendikbud. https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/uploads/Pedoman-Pemilihan-DRB-2020.pdf Depdiknas. (2008). Penulisan Modul. Penulisan Modul. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1700/1053.11515 Devita, R., Yulianti, D., & Sutiarso, S. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Modul Matematika Kelas XI IPA SMA di Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, 1(7), 1–14. Firdaos, R. (2017). Metode Pengembangan Instrumen Pengukur Kecerdasan Spiritual Mahasiswa. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(2), 377. https://doi.org/10.21043/edukasia.v11i2.1782 Fitriyani. (2017). Pembelajaran Menggunakan Media 3D Pageflip Professional dan Media Catamsia Studio 8 Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di Kelas X SMA Islam Al-Arief Muaro Jambi. Repository Universitas Of Jambi, 2(1), 3–9. Haryanti, F., & Saputro, B. A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Berbantuan Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Segitiga. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol1no2.2016pp147-161 Haryanto, T. S., Dwiyogo, W. D., & Sulistyorini, S. (2016). Pengembangan Pembelajaran Permainan Bolavoli Menggunakan Media Interaktif Di Smp Negeri 6 Kabupaten Situbondo. Jurnal Pendidikan Jasmani, 25(1), 123–128. https://doi.org/10.17977/PJ.V25I1.4908 Hernawan, A. H., Permasih, & Dewi, L. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. 1–13. Masruroh, A. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Cerpen Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) untuk Siswa SMP/MTs. E-Journal UNY, 14. Muhson, A. (2006). Teknik Analisis Kuantitatif. Makalah Teknik Analisis II, 1–7. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132232818/pendidikan/Analisis+Kuantitatif.pdf Mulyatiningsih, E. (2008). Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan. 1, 409–423. Nurchali. (2010). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Proses Pembelajaran Kimia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i6.493 Pramadana, T. I., Soro, S., & Siswanto, R. D. (2019). Pengembangan Aplikasi Bangun Datar Sederhana (Bandara) Matematika Berbasis Android Pada Materi Bangun Datar Sederhana di Tingkat SMP. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 3(2502), 13. https://doi.org/10.22236/teknoka.v3i0.2894 Prasetya, I. G. A. S., Wirawan, I. M. A., & Sindu, I. G. P. (2017). Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Pemodelan Perangkat Lunak Kelas Xi Dengan Model Problem Based Learning Di Smk Negeri 2 Tabanan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(1), 96–105. https://doi.org/10.23887/jptk.v14i1.9885 Prasetyo, I. (2014). Teknik Analisis Data Dalam Research and Development. Teknik Analisis Data Dalam Research And Development, 6, 11. Priyanthi, K. A., Agustini, K., & Santyadiputra, G. S. (2017). Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus : Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja). Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 40. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9267 Selibauti, L. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Experiential Learning untuk Siswa Kelas VIII SMP. Universitas Jambi. Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(3), 193. https://doi.org/10.23887/janapati.v2i3.9800 Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26 (p. 334). Alfabeta. Sumarmo, U. (2012). Bahan Belajar Matakuliah Proses Berpikir Matematik Program S2 Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi 2012. STKIP Siliwangi. UNSIMAR. (2011). Pedoman Perpustakaan UNSIMAR Poso. 1–31. Wibowo, E. D. I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Pengembangan Bahan Ajar E-Modul. Wilujeng, I. (2018). Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Abad XXI Siswa Sekolah Dasar. UNY, 1–24. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132051059/pengabdian/Makalah-1.pdf Winarko, A. S., Sunarno, W., Masykuri, M., Studi, P., Sains, P., Pascasarjana, P., & Sebelas, U. (2013). Pengembangan Modul ElektronikBerbasis POEI (Prediksi, Observasi, Eksperimen, Interpretasi)Pada Materi Sistem Indera Kelas XI SMA Negeri Ponorogo. Bioedukasi, 6(2), 58–75. citation: Ilyas, Feby Maulana dan Kurniasih, Meyta Dwi (2020) Pengembangan Bahan Ajar E-Module dengan Menggunakan Aplikasi 3D Pageflip Professional. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15071/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105149_FEBY%20MAULANA%20ILYAS.pdf