eprintid: 15070 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/50/70 datestamp: 2022-06-25 05:29:44 lastmod: 2022-06-25 05:29:44 status_changed: 2022-06-25 05:29:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fauziah, Syifa creators_name: Purwanto, Sigid Edy creators_id: ifasyifauziah@gmail.com creators_id: sigid@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-1432-1564 title: Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantu Alat Peraga Magic Straw Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Di SMP Negeri 138 Jakarta ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantu alat peraga Magic Straw terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMP Negeri 138 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian jenis Quasy Experimental dengan tipe The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 138 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang diteliti sebanyak 72 siswa dari kelas VIII-7 dan VIII-9. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa soal uraian sebanyak 6 soal. Instrumen terlebih dahulu diuji coba di SMP Negeri 114 Jakarta dengan 36 siswa. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas, kemudian diperoleh data yang tidak berdistribusi normal dari kelas eksperimen, dan data berdistribusi normal dari kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney menghasilkan Zhitung= −2,99 yang mengakibatkan tolak H0 pada taraf signifikasi 5% dengan effect size sebesar 0,596 yang tergolong sedang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantu alat peraga Magic Straw terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMP Negeri 138 Jakarta yang tergolong sedang. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Andiyana, M. M. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3) , 243. Asmin. (2001). Implementasi Matematika Realistic (PMR) dan Kendala yang muncul di Lapangan . Jurnal Pendidikan Kebudayaan, 622. Daitin, T. (2006). Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Daryanto. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Grava Media . Elfiani, F. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Journal of Mathematics Education, 3(2), 27-28. Firdausi Y. N., A. M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA) . FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Semarang.PRISMA 1, 240. Gravemeijer, K. (1995). Developing realistic Mathematics Education. Proefschrift Freudenthal Instituut, Universiteit Utrecht, 271. Hobri. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif . Jember: Center for Society Studies. Isaken, S. &. (2008). Creative Learning and Problem Solving. Dalam D. Mind:, Program for Teaching Thinking, Vol 2 (hal. 89-93). Alexandria: V.A: Association for Supevision and Curriculum Development. Jalal, E. L. (2016). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 2 (1) , 143-144. Johnson, E. (2011). Contextual Teaching Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: Kaifa. Kebudayaan, K. P. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Kebudayaan, K. P. (2016). Buku Guru Matematika untuk SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Kebudayaan, K. P. (2016). Buku Siswa Matematika untuk SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan . Moma, L. (2015). PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR. Delta-Pi:Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2089-855X, 29. Muhamad Arfan Andiyana1, R. M. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif ISSN 2614-221X, 243. Muhtadi, D. &. (2017). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Mosharafa, Volume 6, Nomor 1,, 5. Mullis, I. V. (2012). TIMSS 2011 International Results in Mathematics . Amsterdam : International Association for Evaluation of Educational Achievement . Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan . Bandung: PT. Gramedia. Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat . Jakarta: PT Rineka Cipta. Mursalin. (2016). Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Pengembangan Konten Buku Matematika Berbasis Pembelajaran Model Treffinger. Dosen Prodi Pendidikan Matematika FKIP, 15. Muslihah, S. (2011). Pendidikan Matematika Realistik, Sebagai Pendekatan. Jurnal Pendidikan MIPA, 112. Muthaarah, Y. A. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar . Jurnal Mitra Pendidikan, 2 (1), 63-75. Nasional, D. P. (2007). Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum Depdiknas. Nasional, M. P. (2005). Undang-Undang Guru dan Dosen No.14 Tahun 2005. Jakarta: Lembar Negara RI Tahun 2005 Nomor 157. Nasional, M. P. (2007). Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No. 18 Tahun 2007 Tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional . NASIONAL, S. P. (t.thn.). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003. Ningsih, S. (2014). REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION: MODEL ALTERNATIF. JPM IAIN Antasari, 73-94. Nurjamilah, A. &. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Mts Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 928. Nurjamilah, A. &. (23 Februari 2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Mts Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Journal homepage: http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika. Pamuji, I. S. (2017). PENERAPAN MODEL RME DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V. KALAM CENDEKIA, 5 (3.1), 221-225. Rohaeti, E. (2010). Critical and Creative Mathematical Thinking of Junior High School Student. Education Journal, 4 (2), 99. Rohayati, A. (2019, Desember 29). ALAT PERAGA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Saefudin, A. A. (2012). Pengembangan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Al-Bidayah, Vol 4 No. 1, 43. Sternberg, R. &. (2002). The Concept of Creativity: Prospects and Paradigms. Dalam R.J. Sternbergn (Ed), Handbook of Creativity. New York : Cambridge University Press. Sudjana. (2005). Metoda Statistika . Bandung: Tarsito. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Suharsimi, A. &. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara. Supranto, J. (1987). Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga. Surjaweni, V. W. (2012). Statistika untuk Penelitian . Yogyakarta: Graha Ilmu. Susanti, D. S. (2012). MODEL PEMBELAJARAN RME (REALISTICS MATHEMATIC EDUCATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI KRAPYAK 2 TAHUN AJARAN 2011/2012. FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret, 3. Susilowati, E. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Melalui Model Realistic. Jurnal PINUS Vol. 4 No. 1, ISSN. 2442-9163, 50. Tandililing, E. (2019). Implementasi Realistic Mathematics Education (RME) . FMIPA, FKIP, Universitas Tanjungpura . Ulfa Amalia Febriyanti, H. S. (2016). Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Open-. Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember (UNEJ), 5-8. Wahyudi. (2014). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar 1 (Untuk Guru dan Calon Guru Sd). . Surakarta: UNS Press. Windayana, H. E. (2017). Geometri dan Pengukuran . Bandung: UPI Press. Zainal, A. (2011). Evaluasi Pembelajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya. Zulkardi. (2006). RME Suatu Inovasi dalam Pendidikan Matematika di Indonesia Makalah yang disajikan pada Komprensi Matematika Nasional . Bandung: ITB. citation: Fauziah, Syifa dan Purwanto, Sigid Edy (2020) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantu Alat Peraga Magic Straw Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Di SMP Negeri 138 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15070/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105146_SYIFA%20FAUZIAH.pdf