eprintid: 15069 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/50/69 datestamp: 2022-06-25 05:29:50 lastmod: 2022-06-25 05:29:50 status_changed: 2022-06-25 05:29:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Setyarini, Devi creators_name: Nugraheni, Esti Ambar creators_id: devisetyarini06@gmail.com title: Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Penerapan Metode Pembelajaran Elektronik (E-Learning) ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik berdasarkan penerapan metode pembelajaran elektronik (e-learning). Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 199 Jakarta pada kelas VII semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah 35 peserta didik kelas VII-5, kemudian dipilih 5 peserta didik yang mewakili kategori kemampuan pemecahan masalah. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis dari 35 peserta didik kelas VII-5 diperoleh 1 orang peserta didik atau 2,85% termasuk dalam kategori sangat tinggi, 7 orang peserta didik atau 20% termasuk dalam kategori tinggi, 9 orang peserta didik atau 25,71% termasuk dalam kategori sedang, 14 orang peserta didik atau 40% termasuk dalam kategori rendah, dan 4 orang peserta didik atau 11,42% termasuk dalam kategori sangat rendah. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abed, E. K. (2019). Electronic Learning and its Benefits in Education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(3). https://doi.org/10.29333/ejmste/102668 Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62 Al Ayubi, I. I., Erwanudin, & Bernard, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 355–360. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.355-360 Alimron. (2019). Penerapan E-Learning dalam Proses Pembelajaran pada Program Studi PAI Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 3(1), 105–120. https://doi.org/10.21009/003.1.06 Anggraini, A. (2018). Keefektifan Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Sebagai Pengganti Perkuliahan Konvensional untuk Meningkatkan Kemampuan Analitis Mahasiswa. Jurnal Sosial Humaniora, 9(2), 95–105. https://doi.org/10.30997/jsh.v9i2.1101 Arifin, F., & Herman, T. (2018). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Model Web Centric Course Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 1–12. https://doi.org/10.22342/JPM.12.2.4152.1-12 Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX pada Materi Bangun Datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77–83. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.1405906 Chusna, N. L. (2019). Pembelajaran E-Learning. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI (Vol. 2, hal. 113–117). https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.36 Cidral, W. A., Oliveira, T., Di Felice, M., & Aparicio, M. (2018). E-Learning Success Determinants: Brazilian Empirical Study. Computers and Education, 122, 1–35. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.12.001 Darwi, A. R., & Efrizon. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna E-Learning Sebagai Pendukung Aktivitas Pembelajaran Menggunakan Metode Eucs. Jurnal Vokasional Reknik Elektronika dan Informatika (Voteknika), 7(1), 25–31. Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom dan Implementasinya pada Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 72–78. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1483 Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta Edisi : 56. Fadrianto, A. (2019). E-Learning dalam Kemajuan Iptek yang Semakin Pesat. Indonesian Journal on Networking and Security, 8(4), 1–6. Fitriana, D. A., & Supahar. (2019). Developing an Assessment Instrument of Mathematical Problem-Solving Skills in Senior High School. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(3), 138–141. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v2i3.81 Fitriani, F., & Sakban, A. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Terhadap Efektifitas Penggunaan Kurikulum 2013 dalam Persepektif Moral Bangsa di SMA Nurul Jannah NW Ampenan. CIVICUS : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(1), 1. https://doi.org/10.31764/civicus.v6i1.636 Fitriani, & Nurjannah. (2019). Peranan E-learning dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Journal on Pedagogical Mathematics, 1(2), 102–110. Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). In Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi (hal. 562–569). Hendra. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN Negeri 1 Bangkinang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 29–41. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.47 Hutagalung, J., Winata, H., & Jaya, H. (2019). Perancangan dan Implementasi E-Learning Berbasis Web Pada SMA Negeri 1 Siantar. Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD, Vol 2,No 1(1), 7. Diambil dari https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsk/article/view/90 Ilmiyana, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dintinjau dari Tipe Kepribadian Dimensi Myber Briggs Type Indicator (MBTI). SKRIPSI. https://doi.org/10.3109/08830185.2014.902452 Irawati, T. N. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Bilangan Bulat. Jurnal Gammath, 3(2), 1–7. Kaunang, E. S. L., & Lombu, elma T. U. (2018). Analisis Butir Soal Buatan Guru pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 1 Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (hal. 623–638). Mahase, E. (2020). Coronavirus : Covid-19 has Killed More People Than SARS and MERS Combined, Despite Lower Case Fatality Rate. British Medical Journal. https://doi.org/10.1136/bmj.m641 Maulana, F., & Yuniawati, N. T. (2018). Students’ Problem Solving Ability in Non-routine Geometry Problem. International Journal of Information and Education Technology, 8(9), 661–667. https://doi.org/10.18178/ijiet.2018.8.9.1118 Mutaqin, M. F., Kasih, A. C., Rahmawati, N., & Al Kindhi, B. (2018). Artikel Pendidikan Optimalisasi Pembelajaran Menggunakan Metode E-Learning. Jurnal Abdikarya : Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa, 01(1), 4–6. Nisa, M. K., & Rejeki, S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Memecahkan Soal Matematika Model PISA Konten Quantity. In Seminar Nasional Pendidikan Matematika (hal. 1–8). Parulian, R. A., Manundar, D. R., & Ruli, R. M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Menyelesaikan Materi Bilangan Bulat pada Siswa SMP. In Sesiomadika 2019 (Vol. 1, hal. 215–228). Peranginangin, S. A. (2017). An Analysis of Students ’ Mathematics Problem Solving Ability in VII Grade at SMP Negeri 4 Pancurbatu. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(2), 57–67. Permana, A. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Siswa pada Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. In Metode Penelitian. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Pristiyanto, E., & Buditjahjanto, I. G. P. A. (2019). The Development of Lesson Plan to Apply Direct Instruction Model and Multisim Software to Improve Science Process Skill of Vocational School Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2), 46–50. Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 241–250. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p241-250 Rajkumar, R., & Hema, G. (2019). Factors Affecting Mathematical Problem Solving Competence of Undergraduate Students in Facing Competitive Examinations. International Journal of Research in Humanities, Arts and Literature (IMPACT: IJRHAL), 7(2), 319–328. Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR). EduHumaniora : Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 35–46. https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6176 Sariah, S., & Hidayati, N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMPN 8 Karawang Barat pada Materi Segiempat. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika (hal. 1088–1093). https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.74 Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(2), 163–177. Siregar, D., Vitoria, L., & Bukhari. (2019). Kemampuan Peserta Didik Menyelesaikan Soal Matematika pada Trends International Mathematics and Sciense Study (TIMSS) di Kelas V SD Negeru 51 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 4(1). Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Sulistyaningsih, A., Suparman, Rakhmawati, E., & Surasmanto. (2019). Analisis Kebutuhan Modul Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas VII. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 143–154. Sunendar, A. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Theorems ( the Original Research of Mathematic ), 2(1), 86–93. Supriadi, N., & Damayanti, R. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Lamban Belajar dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.21 Suratmi, S., & Purnami, A. S. (2017). Pengaruh Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Persepsi Siswa Terhadap Pelajaran Matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.30738/.v5i2.1241 Susanto, A. (2013). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana. Tambunan, H. (2019). The Effectiveness of the Problem Solving Strategy and the Scientific Approach to Students’ Mathematical Capabilities in High Order Thinking Skills. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 293–302. https://doi.org/10.29333/iejme/5715 Tibaná-Herrera, G., Fernández-Bajón, M. T., & De Moya-Anegón, F. (2018). Categorization of E-learning as an emerging discipline in the world publication system: a bibliometric study in SCOPUS. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 15(21), 1–23. https://doi.org/10.1186/s41239-018-0103-4 Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Paper of Matematohir, 2(1), 1–2. Diambil dari https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/ Ulandari, L., Amry, Z., & Saragih, S. (2019). Development of Learning Materials Based on Realistic Mathematics Education Approach to Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 375–383. https://doi.org/10.29333/iejme/5729 Wahyono, I. (2019). Strategi Kiai dalam Mensukseskan Pembelajaran Nahwu dan Shoro Di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegalbesar Kaliwates Jember. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 3(2), 107–121. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Yani, C. F., Hikmah, A., Delfita, O., & Sari, R. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Segitiga dan Segiempat. Prosiding Seminar Nasional Stkip Pgri Sumatera Barat, 5(1), 259–269. Yayuk, E., & Husamah, H. (2020). The Difficulties of Prospective Elementary School Teachers in Item Problem Solving for Mathematics : Polya ’ s Steps. Journal for the Education of Gifted Young, 8(1), 361–378. Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p445-452 Yulinda, A., & Koenarso, D. A. P. (n.d.). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Balok dalam Mengembangkan Kecerdasan Logic Mathematic Kelompok A di PAUD Terpadu Tarbiyatul Athfal UIN Antasari Banjarmasin Kota Banjarmasin, 71–78. citation: Setyarini, Devi dan Nugraheni, Esti Ambar (2020) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Penerapan Metode Pembelajaran Elektronik (E-Learning). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15069/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105144_DEVI%20SETYARINI.pdf