%0 Thesis %9 Bachelor %A Setyarini, Devi %A Nugraheni, Esti Ambar %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2020 %F repository:15069 %I Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka %T Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Penerapan Metode Pembelajaran Elektronik (E-Learning) %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15069/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik berdasarkan penerapan metode pembelajaran elektronik (e-learning). Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 199 Jakarta pada kelas VII semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah 35 peserta didik kelas VII-5, kemudian dipilih 5 peserta didik yang mewakili kategori kemampuan pemecahan masalah. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis dari 35 peserta didik kelas VII-5 diperoleh 1 orang peserta didik atau 2,85% termasuk dalam kategori sangat tinggi, 7 orang peserta didik atau 20% termasuk dalam kategori tinggi, 9 orang peserta didik atau 25,71% termasuk dalam kategori sedang, 14 orang peserta didik atau 40% termasuk dalam kategori rendah, dan 4 orang peserta didik atau 11,42% termasuk dalam kategori sangat rendah.