eprintid: 15068 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/50/68 datestamp: 2022-06-25 05:29:55 lastmod: 2022-07-01 08:21:18 status_changed: 2022-06-25 05:29:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pertiwi, Annis creators_name: Wahidin, Wahidin creators_id: annispertiwi123@gmail.com creators_id: wahidinmtk@uhamka.ac.id title: Analisis Buku Teks Matematika Kelas VIII Berdasarkan Trends In International Mathematics And Science Study (TIMSS) 2019 Mathematics Framework ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian buku teks matematika kelas VIII dengan Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) 2019 Mathematics Framework. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik analisis konten. Data yang digunakan berupa buku teks matematika kelas VIII. Pada analisis buku teks peneliti menggunakan tiga buah buku teks, yakni dari Penerbit Erlangga, Yudhistira, dan Kemendikbud. Analisis yang dilakukan yakni analisis domain konten dan domain pengetahuan berdasarkan TIMSS 2019 Mathematics Framework. Pada domain konten terdapat konten bilangan, aljabar, geometri, dan data dan peluang. Sedangkan domain pengetahuan terdapat aspek pemahaman, penerapan, dan penalaran. Di dalam buku Penerbit Erlangga hanya 2 dari 4 buah konten yang terdapat pada TIMSS, sedangkan domain pengetahuan yang sesuai sebanyak 2 dari 3 aspek. Buku Yudhistira 2 dari 4 buah konten yang terdapat pada TIMSS, sedangkan domain pengetahuan yang sesuai sebanyak 1 dari 3 aspek. Buku Kemendikbud 1 dari 4 buah konten yang terdapat pada TIMSS, sedangkan domain pengetahuan yang sesuai sebanyak 1 dari 3 aspek. Sehingga ketiga buku teks matematika kelas VIII secara kesseluruhan masih belum sesuai dengan TIMSS 2019 Mathematics Framework. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Chang, C. C., & Silalahi, S. M. (2002). A Review And Content Analysis Of Mathematics Textbooks In Educational Research. 7864. DELİL, H., & IN. (2006). An Analysis Of Geometry Problems In 6 - 8 Grades Turkish Mathematics Textbooks. (April). Gracin, D. G. (2018). International Journal of Mathematical Education in Requirements in mathematics textbooks : a five- dimensional analysis of textbook exercises and examples Requirements in mathematics textbooks : a five-dimensional. 5211. https://doi.org/10.1080/0020739X.2018.1431849 Grønmo, L. S., Lindquist, M., Arora, A., & Mullis, I. V. S. (2015). CHAPTER 1 TIMSS 2015 Mathematics Framework. 11–27. Hendrice, A., Valeria, R., Kurnila, S., & Jundu, R. (2018). Analisis Kesesuaian Standar Isi Buku Teks Matematika Kelas VIII dengan Kurikulum 2013. 2(November). Jelić, M., & Đokić, O. (2017). Towards coherent structure of mathematics textbooks: Analysis of textbooks according to structural blocks of TIMSS research. (May). https://doi.org/10.5937/inovacije1701067J Krippendorff, K. H. (2004). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. Lessani, A., Yunus, A. S., Tarmiz, R. A., & Mahmud, R. (2014). Why Singaporean 8th Grade Students Gain Highest Mathematics Ranking in Why Singaporean 8th Grade Students Gain Highest Mathematics Ranking in TIMSS ( 1999-2011 ). (August 2016). https://doi.org/10.5539/ies.v7n11p173 Martin, M. O. (2019). Assessment Frameworks. MUAWAN, M. M. (2016). Analisis Kesesuaian Buku Ajar Matematika Kelas VIII Smp Dengan Taksonomi TIMSS. Nurmutia, H. E., Mariani, S., & Susilo, B. E. (2013). Analisis Materi, Penyajian, Dan Bahasa Buku Teks Matematika Sma Kelas X Di Kabupaten Rembang. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(2). Okeeffe, L. (2016). A Framework for Textbook Analysis. (November). https://doi.org/10.12785/irclr/020101 PADMAWATI, A. A. (2017). Aspek Kognitif TIMSS Pada Soal Latihan Buku Ajar Matematika Kelas IX Kurikulum 2013. Reyhani, E., & Izadi, M. (2018). Comparative Content Analysis of Mathematics Textbooks Taught to the First Grade Students of Elementary Schools in Iran , Japan and America. 10(3), 299–314. Wahyuningrum, H. (2017). Analisis Materi Dan Soal Matematika Dalam Buku Tematik Kurikulum 2013 Siswa Sekolah. Abstrak ditunjukkan dengan pencapaian Indonesia dalam ajang Trends in International Mathematics and Science Study ( TIMSS ) dan Program for International Educational Achievement ( IEA ) ( Frequently Asked Questions TIMSS 2015 , istilah (recall ), mengenali angka / bentuk ( recognize ), mengklasifikasikan. (KnpmpIi), 312–324. citation: Pertiwi, Annis dan Wahidin, Wahidin (2020) Analisis Buku Teks Matematika Kelas VIII Berdasarkan Trends In International Mathematics And Science Study (TIMSS) 2019 Mathematics Framework. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15068/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105143_ANNIS%20PERTIWI.pdf