eprintid: 15067 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/50/67 datestamp: 2022-06-25 05:30:15 lastmod: 2022-06-25 05:30:15 status_changed: 2022-06-25 05:30:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fitri, Dina Jumiatul creators_name: Purwanto, Sigid Edy creators_id: dinajeef30@gmail.com creators_id: sigid@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-1432-1564 title: Pengembangan Bahan Ajar Berupa Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kelas VII SMP Negeri 184 Jakarta ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan modul dengan pendekatan kontekstual pada materi segiempat dan segitiga untuk SMP Negeri 184 Jakarta kelas VII. Adanya bahan ajar berupa modul merupakan salah satu upaya untuk siswa dapat belajar secara mandiri dan meningkatkan minat siswa untuk belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas modul yang dihasilkan ditinjau dari aspek kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D) yaitu suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada yang dapat dipertanggung jawabkan. Rancangan pengembangan penelitian yang digunakan adalah model 4-D yaitu define (mendefenisikan syarat-syarat pembelajaran), design (merancang bahan ajar berupa modul), develop (uji kalayakan modul, uji kepraktisan modul, dan uji efektifitas modul), dan disseminate (penyebaran perangkat yang telah dikembangkan pada skala yang luas), tahap ini tidak dilakukan karena keterbatasan biaya dan waktu penelitian. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah format penilaian validitas oleh ahli materi dan ahli media, penilaian kepraktisan modul oleh guru, angket respon siswa terhadap modul yang digunakan, serta hasil belajar siswa yang dilihat dari nilai posttest. Hasil uji validitas oleh ahli media berada pada kategori “Sangat Baik” dengan rata-rata skor penilaian sebesar 3,70 dan untuk ahli materi berada pada kategori “Sangat Baik” dengan rata-rata skor penilaian sebesar 3,59 pada rentang skor skala 4. Dilihat dari aspek kepraktisan, modul tersebut dinyatakan praktis dengan skor rata-rata angket respon siswa yaitu 3,33 yang termasuk dalam klasifikasi “Baik” dengan skala 4 dan skor rata-rata angket kepraktisan guru adalah 4,46 yang termasuk dalam klasifikasi “Sangat Baik” dengan skala 4. Sedangkat dari aspek keefektifan, modul tersebut dinyatakan efektif berdasarkan hasil posttest yang menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa adalah 83,87% yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik.” date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ali Mahmudi, Pengembangan pembelajaran matematika. (Jurusan Pendidikan Matematika: FMIPA UNY), [ONLINE] http://staffnew.uny.ac.id/upload/132240454/pengabdian/Pengembangan+Pemb+Matematika_1.pdf, h. 3, (diakses pada tanggal 24 November, 12: 53) Daryanto & Dwicahyono, A. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media. Daryanto. 2010. Media Pembelajaran : Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media. Depdiknas. 2001. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : Jemara. Didin widyartono, Hakikat Bahan Ajar, [ONLINE] http://didin.lecture.ub.ac.id/pembelajaran-3/hakikat-bahan-ajar, 2012 (diakses pada 24 November 2019, 14:30) Haeruman, Rahayu, & Ambarwati. 2017. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Confidence Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa Sma di Bogor Timur. Hakim, Thursman. 2000. Belajar Secara Efektif. Jakarta : Puspa Swara. Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Hartono, Agus Budi. 2004. Pendekatan Kontekstual Mengokohkan Akuntabilitas Pembelajaran Matematika. Makalah Pelatihan Instruktur PPPG Yogyakarta. Kate, Pengertian Bahan Ajar Menurut Ahli, [ONLINE] https://www.kajianpendidikan.com/2014/02/pengertian-bahan-ajar-menurut-ahli.html, 2014 (diakses pada 24 November 2019, 15.37) M. Atya, Pengertian Pembelajaran Menurut para Ahli, [ONLINE] http://dilihatya.com/1428/pengertian-pembelajaran-menurut-para-ahli, 2014 (diakses pada 24 November 2019, 11:42) Martono, K. dkk. 2017. Matematika dan Kecakapan Hidup. Jakarta: Ganeca Exact, 2007. Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya Neiveen, nienke. 1999. Prototyping to Reach Product Quality. Belanda: kluwer academic publisher. Nurdyansyah & Fahyuni, E. P. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Surabaya: Nizamia Learning Center. Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Salafudin, dkk. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMP Berwawasan Nasionalisme dan Kemandirian. Jakarta: PT. Nasya Expanding Management. Sanjaya, Wina. 2006: Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. Sudjana, Nana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. Sugiyono. 2013. Metode penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta. Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Graha Aksara. Supriadi., et.al. 2014. Developing Mathematical Modeling Ability Students Elementary School Teacher Education Through Ethnomathematics-Based Contextual Learning. International Journal of Education and Research,. Vol. 2, No. 8, 439 – 452. Diunduh dari www.ijern.com pada tanggal 4 November 2019 Suryabrata, Sumadi. 2015. Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali. Trianto Ibnu Badar al-Tabany. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group. Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana. Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Wardani, Wiwin. 2016. Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan CTL Berbasis Pendidikan Karakter Pada Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Ekuivalen, Vol. 20, No. 3. Diunduh dari http://ejournal.umpwr.ac.id (diakses pada tanggal 24 November 2019, 16.08). Widoyoko, E. P. 2018. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Zuliana. 2015. Pengembangan Modul Matematika SMA Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Linggau. Tesis: Tidak Diterbitkan. Tersedia: http://digilib.unbengkulu.ac.id/public/Universitasbengkulu-Master-328648345 67884.Abstrak.pdf. (diakses pada 22 November 2019, 20.15). citation: Fitri, Dina Jumiatul dan Purwanto, Sigid Edy (2020) Pengembangan Bahan Ajar Berupa Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kelas VII SMP Negeri 184 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15067/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105142_DINA%20JUMIATUL%20FITRI.pdf