eprintid: 15066 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/50/66 datestamp: 2022-06-25 05:30:45 lastmod: 2022-06-25 05:30:45 status_changed: 2022-06-25 05:30:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nuria, Citra creators_name: Soro, Slamet creators_id: Citranuria65@gmail.com title: Pengaruh Pemberian Kuis dengan Reward terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 46 Kota Bekasi ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kuis dengan reward terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 46 Kota Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode penelitian eksperimen jenis quasi experimental dengan Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian mencangkup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 46 Kota Bekasi pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dan sampel yang diteliti sebanyak 78 siswa dari kelas VIII-1 yang di jadikan kelas eksperimen dan kelas VIII-2 yang dijadikan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 soal. Instrumen terlebih dahulu diuji coba dengan uji validitas pakar di SMA Negeri 1 Tarumajaya. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji-t menghasilkan 3,462 yang mengakibatkan tolak H0 pada taraf signifikansi 0,05 dengan effect size sebesar 0,8245 yang tergolong tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian kuis dengan reward terhadap hasil belajar matematika siswa. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Afriyanti, I., Wardono, & Kartono. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 608–617. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta. Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2nd ed.). Bumi Aksara. Bhagaskoro, H. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Reward, Insentif dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Accounting. Jurnal Manajemen, 5(1), 83–90. Dimyati. (2013). belajar dan pembelajaran. Rineka. Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569. Kurniawan, M. P. K. (2017). Melalui Pemberian Reward Dan Punishment. Jurnal Ilmiah Pendidian Anak, I(1), 133–149. Mais, R., Liando, D., & Pangemanan, F. (2019). Evaluasi Kebijakan Pelaksanaan Reward dan Punishment Aparatur Sipil Negara di Kota Bitung. Jurusan Ilmu Pemerintah, 3(3), 1–9. Melinda, I., & Susanto, R. (2018). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Of Eementary Education, 2(2), 81–86. Mulyasa. (2015). Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. PT. REMAJA ROSDAKARYA. Pindo Hutauruk, R. simbolon. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. School Education Journal, 8(2), 172–181. Rahayu, P. (2017). pengaruh strategi pemberian reward dan punishment dalam meningkatkan hasil belajar siswa UPTD SMP Negeri 1 prambon pada materi garis dan sudut. 01(02), 16–24. Riskawati. (2017). Pengaruh Pemberian Kuis Pada Proses Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X1 SMKN 4 Bulukumba. Jurnal Pendidikan, 5, 90–98. Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60–65. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.60-65 Sapta, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Quiz Creator Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Matematics Paedagogic, 1(1), 91–96. http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/jmp/article/view/159 Sari, D. & U. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Disertai Pemberian Kuis Dalam Pembelajaran Matematika the Application of Cooperatif Learning Model Type of. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 29–38. Sastranegara, J. P. (2017). Peranan Tes Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Dalam Memahami Tata Bahasa Jepang Tingkat Dasar. Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(1), 127–136. Sidi, R. R., & Yunianta, T. N. H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Aljabar Dengan Menggunakan Strategi Joyful Learning. Maju, 5(1), 39–50. Solichin, M. (2017). Analisis Daya Beda Soal, Taraf Kesukaran, Validitas Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes Dan Validitas Ramalan Dalam Evaluasi Pendidikan. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 2(2), 192–213. Toyiba, Fitriyani, N. (2016). Pengaruh Strategi pembelajaran Aktif Terhadap hasil belajar pada Madrasah Ibtidaiyah. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 929–930. citation: Nuria, Citra dan Soro, Slamet (2020) Pengaruh Pemberian Kuis dengan Reward terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 46 Kota Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15066/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105136_CITRA%20NURIA.pdf