eprintid: 15065 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/50/65 datestamp: 2022-06-25 05:30:51 lastmod: 2022-06-25 05:30:51 status_changed: 2022-06-25 05:30:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Andriani, Putri creators_name: Tsurayya, Ayu creators_id: puputandrn@gmail.com creators_id: ayu.tsurayya@uhamka.ac.id title: Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Pada Materi Matriks dengan Berbantuan Powtoon untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran matematika pada materi matriks dengan berbantuan powtoon yang dapat memudahkan dalam proses belajar mengajar serta dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini melibatkan 2 orang guru dan 2 orang dosen sebagai validator ahli serta 72 orang siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 109 Jakarta sebagai proses pengujian video pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan angket yang terdiri dari instrumen validasi ahli (ahli materi dan ahli media), instrumen respon guru, instrumen respon siswa (uji coba skala kecil dan uji coba skala besar), dan instrumen kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli diperoleh rata-rata persentase untuk ahli materi yaitu 93,18% dan ahli media yaitu 91% dengan kategori keduanya sangat baik. Hasil respon guru diperoleh rata-rata persentase sebesar 95% dengan kategori sangat baik. Kemudian, hasil respon siswa diperoleh rata-rata persentase pada uji coba skala kecil yaitu 89% dan uji coba skala besar yaitu 87,88% dengan kategori keduanya sangat baik. Pada uji gain ternormalisasi (N-gain) diperoleh nilai gain yaitu 8,86% dan nilai N-gain yaitu 0,40 dengan demikian penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemandirian belajar siswa dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran matematika pada materi matriks dengan berbantuan powtoon layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran serta mampu meningkatkan kemandirian belajar siswa. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agustina, M., & Bakti, A. M. (2015). Tingkat Kesiapan e-learning (E-learning Readiness) Universitas Bina Darma Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh. 124 Jurnal Imiah MATRIK Vol.17, 17(2), 123–132. Akbar, R. R. A., & Komarudin, K. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Sosial Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 209. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2343 Arif Z, M. A., & Abdillah, A. (2018). Pengembangan Modul Belajar Mandiri LaTeX Beamer Sebagai Alternatif Media Presentasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(2), 138–143. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i2.716 Ariyanto, R., Kantun, S., & Sukidin, S. (2018). Penggunaan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelaku-Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 122–127. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7622 Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111 Arnold, R. B. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon Pada Mata Pelajaran Pelayanan Penjualan Di Smk Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(4), 145–150. Asmariani. (2016). Konsep Media Pembelajaran Paud. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1), 25–42. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.108 Azhar, A. (2011). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada. Baharun, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE. Cendekia: Journal of Education and Society, 14(2), 231–246. https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i2.610 Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori Dan Praktik Plambing Di Program Studi S1 Pvkb Unj. Jurnal PenSil, 7(2), 95–104. https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.6 Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–29. https://doi.org/10.24269/dpp.v3i1.157 Fajar, S., Riyana, C., & Hanoum, N. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu. EDUTCEHNOLOGIA, 3(2), 101–114. http://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/view/8957 Fitriyani, L., & Wiyatmo, Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran VLog (Video Blogging) pada Materi Usaha dan Energi untuk Menumbuhkan Kemandirian dan Meningkatkan Penguaaan Konsep Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Ngaglik. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(5), 427–435. Fuady, M. J. (2016). Pengembangan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Online Untuk Pendidikan Jarak Jauh. Tekno, 26, 148–154. Hadibin, M. M., Purnama, B. E., & Kristianto, G. (2012). Pembangunan Media Pembelajaran Teknik Komputer Jaringan Kelas X Semster Ganjil Pada Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Bangsa Pati Berbasis Multimedia Interaktif. IJNS - Indonesian Journal on Networking and Security, 9330(1), 1–6. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1123/ijns.v4i3.295 Jaya, I. W. K., Kanca, I. N., & Suwiwa, I. G. (2016). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Materi Passing Bola Voli. Jurnal Kejaora, 1(2), 29–43. Karo-karo, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media Dalam pembelajaran. AXIOM, 7(1), 91–96. Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 158–166. https://doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442 Kurniawan, T. D. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD se-KecamatanGedang Sari Gunung Kidul Tahun Ajaran 2015/2016. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(1), 21–26. Kusnadi, H. K., Hidayat, A., & Mariam, P. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Video Tutorial dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 4(1), 1–8. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/307 Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. (2020). Persepsi Peserta Didik terhadap PJJ pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 75–82. Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1–10. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949 Muna, H., Nizaruddin, & Murtianto, Y. H. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Macromedia Flash 8 Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Program Linier Kelas XI. Aksioma, 8(2), 9–18. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1686 Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099 Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706 Pamungkas, A. S., Ihsanudin, Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi Pada Perkuliahan Sejarah Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127–135. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705 Puspitarini, Y. D., Akhyar, M., & Djono. (2018). Developing Powtoon-Based Video Learning Media for Five Grade Students of Elementary School. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 165, 173–177. https://doi.org/10.2991/iccsr-18.2018.37 Rachmayani, D. W. I. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. JUDIKA (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 2(1), 13–23. Rozie, F. (2013). Pengembangan Media Video Pembelajaran Daur Air untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Pendidikan Sains, 1(4), 413–424. Saefullah, A., Siaahan, P., & Sari, I. M. (2013). Hubungan Antara Sikap Kemandirian Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Pembelajaran Fisika Berbasis Portofolio. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 1, 26–36. Salafudin, Pramesti, S. L. D., & Rini, J. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Smp Berwawasan Nasionalisme Dan Kemandirian. MaPan, 6(1), 20–30. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a3 Suardika, I. K. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Kebugaran Jasmani Berlandaskan Tri Kaya Parisudha. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 2, 93–101. Sugiyono. (2019a). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. CV. Alfabeta. Sugiyono. (2019b). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta. Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya. Sundayana, R. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 75–84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262 Sundayana, R. (2018). Statistika Penelitian Pendidikan. CV. Alfabeta. Tahar, I., & Enceng. (2006). Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 7(2), 91–101. Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu. Trina, Z., Kamaruddin, T., & Rahmani, D. (2017). Penerapan Media Animasi Audio Visual Menggunakan Software Powtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Smp Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, 2(2), 156–169. Widyawati, S. (2017). Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas IX Smp Di Kota Metro. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 1(1), 47–68. Wisudawan, W., Hendriana, B., Nuriadin, I., & Ramza, H. (2017). Pengembangan Aplikasi Math Mobile Learning Bangun Datar Berbasis Android pada Materi Segitiga dan Segiempat Pelajaran Matematika di Tingkat SMP. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 2(2502), I8–I13. Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 91–100. Yuliasari, E. (2017). Eksperimentasi Model PBL dan Model GDL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar The Effect Of PBL and GDL Model to Mathematical Problem Solving Ability Viewed From Self Regulated Learning PENDAHULUAN Pendidikan adal. Jurnal Pendidikan, 6(1), 5. Zulfah. (2017). Tahap Preliminary Research Pengembangan LKPD Berbasis PBL untuk Materi Matematika Semester 1 Kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.57 citation: Andriani, Putri dan Tsurayya, Ayu (2020) Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Pada Materi Matriks dengan Berbantuan Powtoon untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15065/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105133_PUTRI%20ANDRIANI.pdf