eprintid: 15064 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/50/64 datestamp: 2022-06-25 05:30:39 lastmod: 2022-07-01 08:14:42 status_changed: 2022-06-25 05:30:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Anishawati, Rini creators_name: Soro, Slamet creators_id: rinianisha19@gmail.com title: Penggunaan Online Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Segiempat dan Segitiga Melalui Model Inquiry Learning Berbasis LKPD Kelas VII SMP PGRI 7 Jakarta ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik materi segiempat dan segitiga melalui model inquiry learning berbasis LKPD Kelas VII SMP PGRI 7 Jakarta. Model penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin melalui empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII-1 SMP PGRI 7 Jakarta tahun pelajaran 2019-2020 yang berjumlah 22 peserta didik, terdiri dari 16 peserta didik laki-laki dan 6 peserta didik perempuan. Hasil belajar pra siklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 51,36 dengan persentase pencapaian kriteria ketuntasan minimal 13,64%. Berdasarkan tes evaluasi pada penelitian siklus pertama diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 53,72 dengan persentase pencapaian kriteria ketuntasan minimal 45,45%. Pada penelitian siklus kedua diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 76,95 dengan persentase pencapaian kriteria ketuntasan minimal 81,82%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model inquiry learning berbasis LKPD dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik materi segiempat dan segitiga kelas VII-1 SMP PGRI 7 Jakarta. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abidin, Z., Rumansyah, & Arizona, K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/JIPP.V5I1.111 Agustin, R. A., Mahardika, I. K., & Wicaksono, I. (2020). Reni Aprilia @______ Learning of Science … LEARNING OF SCIENCE WITH INQUIRY LEARNING MODELS WITH PICTORIAL RIDDLE THE RELATIONSHIP WITH THE CRITICAL THINKING SKILLS OF SMP STUDENTS The inquiry learning model is a learning model that encourages student act. III(2), 48–54. Amanda, N. L. (2019). Model Pembelajaran Inquiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Universitas Medan, December, 0–9. Anggraeni, S. S., Muchlis, E. E., & Rusdi, R. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Pada Materi Segitiga Dan Segiempat Kelas Vii Smp Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 94–100. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.94-100 Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi ke-9). Bumi Aksara. Asminah, A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Kartu Pembelajaran Kelas Xii Ips 5 Sma Negeri 2 Bangkinang Kota Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 259. https://doi.org/10.31004/jpt.v2i2.673 Budhi, S. R. S. dan W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri ( the Influence of Inquiry Learning Model on Result Learning Ipa Be Reviewed From Student Learning Independence ). 4(2), 34–40. Edi Syukri, A. R. (2016). Komparasi Pemahaman Konsep Bangun Datar Siswa Antara Yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Advance Organizer Dengan Peta Konsep Dan Model Pembelajaran Yang Mengadopsi Teori Van Hiele Pada Kelas VII SMPN 2 Sinjai Timur. Jurnal Sainsmat, 112. Friyanto, tri andri, Setiawan, tuhu setiawan, & Pratini, sri haniek. (2017). Penerapan model pemnelajaran discovery learning di tinjau dari kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa kelas xi sma negri 1 depok sleman. Prosiding Seminar Nasional Reforming Pedagogy. Hafa, M. F., Suwignyo, H., & Mudiono, A. (2017). Penerapan Model Inkuiri Untuk. 2(1), 1644–1649. Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). Pandemic learning during the Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/https://doi.org/10. 21009/jtp.v22i1.15286 Israwani. (2015). Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Di Kelas I Sd Negeri 53 Banda Aceh. Jurnal Peluang, 3(2), 55–64. Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(1), 90–98. Retrieved from http:/jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/25 Marsa, Hala, Y., & Mushawwir Taiyeb, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Ilmiah Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VII Peserta Didik SMP Negeri 2 Watampone Influence of Use of Worksheet Students Based on Scientific Approach to Activities and. Jurnal Sainsmat, V(1), 42–57. Retrieved from http://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsmat Nadjib, A. (2014). Analisis Kesalahan Pemahaman Dalam Materi Segiempat Menurut Tingkat Berpikir Van Hiele Pada Siswa SMP Negeri 1 Suppa Kabupaten Pinrang. Jurnal Pepatuzdu, Vol. 8, No. 1 November 2014 14, 8(1), 14–23. Natalia Rosalina Rawa, Yosefina Uge Lawe, dan M. Y. N. (2019). PENGARUH MODEL INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD. 6, 5–10. Nurhasanah, D. E., Kania, N., & Sunendar, A. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa SMP. Didactical Mathematics, 1(1), 21–33. https://doi.org/10.31949/dmj.v1i1.1113 Popo Musthofa Kamil1, E. N. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WHATSAPP ( WA ) GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA Media pembelajaran berbasis internet atau anroid merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan media on line yang bisa dia. Purnomo, B. H. (2011). Metode dan teknik pengumpulan data dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jurnal Pengembangan Pendidikan,8(1),251–256. https://media.neliti.com/media/publications/210251-metodedan-teknik-pengumpulan-data-dalam.pdf Putranti, N. (2013). Cara Membuat Media Pembelajaran Online. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 2(2), 139–147. Siswoyo, B. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Segiempat dengan Pendekatan STAD (Student Teams Achievement Divisions) di Kelas VII-1 SMP Negeri 2 Kutalimbaru. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 2(2), 89–103. https://doi.org/10.15294/kreano.v2i2.2619 Sufairoh. (2016). Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. Pendidikan Profesional, 5(1). https://doi.org/10.26555/bahastra.v37i1.5641 Trianto. (2011). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (S. Amri (ed.)). Prestasi Pustakaraya. Umbaryati. (2018). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Universitas Lampung, 217–225. Wariyanti, A., & Rusijono, N. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS Mahasiswa Program Pascasarjana , Prodi Pendidikan Dasar , Universitas Negeri Surabaya , Dosen Pascasarjana , Prodi Pendidikan Dasar , Universitas Negeri Surabaya. 5(2). Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19 Aan Widiyono. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177. Yusuf, R. R., Fachruddin S., M., & Yensy, N. A. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Pendekatan Resource Based Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 73–80. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.73-80 citation: Anishawati, Rini dan Soro, Slamet (2020) Penggunaan Online Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Segiempat dan Segitiga Melalui Model Inquiry Learning Berbasis LKPD Kelas VII SMP PGRI 7 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15064/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105130_RINI%20ANISHAWATI.pdf