%0 Thesis %9 Bachelor %A Anishawati, Rini %A Soro, Slamet %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2020 %F repository:15064 %I Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka %T Penggunaan Online Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Segiempat dan Segitiga Melalui Model Inquiry Learning Berbasis LKPD Kelas VII SMP PGRI 7 Jakarta %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15064/ %X Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik materi segiempat dan segitiga melalui model inquiry learning berbasis LKPD Kelas VII SMP PGRI 7 Jakarta. Model penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin melalui empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII-1 SMP PGRI 7 Jakarta tahun pelajaran 2019-2020 yang berjumlah 22 peserta didik, terdiri dari 16 peserta didik laki-laki dan 6 peserta didik perempuan. Hasil belajar pra siklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 51,36 dengan persentase pencapaian kriteria ketuntasan minimal 13,64%. Berdasarkan tes evaluasi pada penelitian siklus pertama diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 53,72 dengan persentase pencapaian kriteria ketuntasan minimal 45,45%. Pada penelitian siklus kedua diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 76,95 dengan persentase pencapaian kriteria ketuntasan minimal 81,82%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model inquiry learning berbasis LKPD dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik materi segiempat dan segitiga kelas VII-1 SMP PGRI 7 Jakarta.