@phdthesis{repository15064, title = {Penggunaan Online Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Segiempat dan Segitiga Melalui Model Inquiry Learning Berbasis LKPD Kelas VII SMP PGRI 7 Jakarta}, school = {Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka}, year = {2020}, author = {Anishawati, Rini and Soro, Slamet}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15064/}, abstract = {Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik materi segiempat dan segitiga melalui model inquiry learning berbasis LKPD Kelas VII SMP PGRI 7 Jakarta. Model penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin melalui empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII-1 SMP PGRI 7 Jakarta tahun pelajaran 2019-2020 yang berjumlah 22 peserta didik, terdiri dari 16 peserta didik laki-laki dan 6 peserta didik perempuan. Hasil belajar pra siklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 51,36 dengan persentase pencapaian kriteria ketuntasan minimal 13,64\%. Berdasarkan tes evaluasi pada penelitian siklus pertama diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 53,72 dengan persentase pencapaian kriteria ketuntasan minimal 45,45\%. Pada penelitian siklus kedua diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 76,95 dengan persentase pencapaian kriteria ketuntasan minimal 81,82\%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model inquiry learning berbasis LKPD dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik materi segiempat dan segitiga kelas VII-1 SMP PGRI 7 Jakarta.} }