eprintid: 15063 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/50/63 datestamp: 2022-06-25 05:30:32 lastmod: 2022-06-25 05:30:32 status_changed: 2022-06-25 05:30:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Amaliah, Dina creators_name: Soro, Slamet creators_id: ddinaamaliahh98@gmail.com title: Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Materi Segiempat Siswa Kelas VII SMPN 2 Sukamulya ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan beberapa indikator, yaitu fluency, flexibility, originality, elaboration. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII khususnya kelas VII-C di SMPN 2 Sukamulya tahun ajaran 2019-2020. Subjek yang dipilih terdiri dari enam siswa berdasarkan tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis yaitu tinggat tinggi, sedang dan rendah. Pengambilan subjek masing-masing dua siswa pada setiap tingkatannya. Pengelompokkan kategori dipilih berdasarkan nilai tes siswa yang diambil dari hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematika. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes, wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis materi segiempat siswa kelas VII SMPN 2 Sukamulya dari keempat soal tes yang diberikan masih tergolong rendah, hal ini berdasarkan tes, wawancara dan observasi siswa. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal SAP , 1 (2), 165-174. Akmalia, N. N., Pujiastuti, H., & Setiani, Y. (2016). Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Matematis Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Tugas Pengajuan Masalah. JPPM , 9 (2), 183-193. Amalina, I. K., & Siswono, T. Y. (2016). Investigasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pengajuan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , 2 (5), 55. Eviliasani, K., Hendriana, H., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa SMP Kelas VIII Di Kota Cimahi Pada Materi Bangun Datar Segi Empat . Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif , 1 (3), 333-346. Fadillah, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika , 2 (1), 3. Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Lombok Timur. Febriani, N. S., & Dewi, W. W. (2018). Teori dan Praktis Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Malang. Hanipah, N., Yuliani, A., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTs Pada Materi Lingkaran . Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro , 7 (1), 80-86. Herdani, P. D., & Ratu, N. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Open – Ended Problem pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika , 2 (1), 9-16. Kuswana, W. S. (2011). Taksonomi Berpikir. Bandung. Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran MissouriI Mathematics Project (MMP). Jurnal Formatif , 5 (1), 14-25. Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Munandar, U. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta. Musriah. (2018). Upaya Meningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran STAD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M) , 4 (2), 19-31. Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Jurnal Refleksi Edukatika , 6 (2), 145-157. Restanto, R., & Mampouw, H. L. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Tipe Open-Ended Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Numeracy , 5 (1), 29-40. Samura, A. O. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Journal of Mathematics Education and Science , 5 (1), 21. Samura, A. O. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Journal of Mathematics Education and Science , 5 (1), 20-28. Sara, S., Johar, R., & Zubainur, C. M. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Pembelajaran dengan Model Treffinger pada Materi Segiempat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika , 3 (2), 64-74. Silviani, R., Zubainur, C. M., & Subianto, M. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika , 5 (1), 28. Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Suharna, H. (2018). Teori Berpikir Reflektif dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Yogyakarta. Sujarwo, E., & Yunianta, T. N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif siswa Kelas VIII SMP Dalam Menyelesaikan Soal Luas Bangun . Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika , 2 (1), 1-9. Supatmono, C. (2009). Matematika Asyik. Jakarta. Suriany, E. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Math-Talk Learning Community. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education , 3 (5), 296-305. Suyati. (2015). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Operasi Hitung Perkalian Dengan Metode Bermain Kartu. JURNAL PARADIGMA , 2 (1). T, R., Laurens, T., & Moma, L. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SD Negeri 40 Ambon Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Magister Pendidikan Matematika , 1 (2), 93-103. Wedekaningsih, A., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Basicedu , 3 (1), 21-26. citation: Amaliah, Dina dan Soro, Slamet (2020) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Materi Segiempat Siswa Kelas VII SMPN 2 Sukamulya. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15063/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105127_DINA%20AMALIAH.pdf