%X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan beberapa indikator, yaitu fluency, flexibility, originality, elaboration. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII khususnya kelas VII-C di SMPN 2 Sukamulya tahun ajaran 2019-2020. Subjek yang dipilih terdiri dari enam siswa berdasarkan tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis yaitu tinggat tinggi, sedang dan rendah. Pengambilan subjek masing-masing dua siswa pada setiap tingkatannya. Pengelompokkan kategori dipilih berdasarkan nilai tes siswa yang diambil dari hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematika. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes, wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis materi segiempat siswa kelas VII SMPN 2 Sukamulya dari keempat soal tes yang diberikan masih tergolong rendah, hal ini berdasarkan tes, wawancara dan observasi siswa. %L repository15063 %A Dina Amaliah %A Slamet Soro %T Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Materi Segiempat Siswa Kelas VII SMPN 2 Sukamulya %I Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka %D 2020