%0 Thesis %9 Bachelor %A Misfanny, Fitria %A Handayani, Isnaini %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2020 %F repository:15062 %I Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka %T Hubungan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15062/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan resiliensi matematis terhadap kemampuan penalaran adaptif siswa. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan resiliensi matematis terhadap kemampuan penalaran adaptif siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 102 Jakarta tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan teknik korelasi. Sampel yang digunakan adalah Cluster Sampling. Instrumen diujicobakan kepada 40 siswa. Angket resiliensi matematis diperoleh 22 pernyataan yang valid dari 32 item. Sedangkan tes kemampuan penalaran adaptif siswa diperoleh 6 soal yang valid. Pengujian reliabilitas instrumen tes diperoleh rhitung>rtabel, sehingga instrumen penelitian ini reliabel. Uji normalitas untuk data variabel X dan Y diperoleh Lhitung>Ltabel, sehingga dapat disimpulkan kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linear diperoleh Y=13,564+0,624X. Disimpulkan uji kelinieran regresi diperoleh Fhitung=0,744<2,23=Ftabel, maka model regresi linear. Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung=52,740>4,13=Ftabel, maka disimpulkan model regresi signifikan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi Product Moment hasilnya dari rhitung=0,77 yang tergolong dalam kategori kuat. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,6084 artinya kontribusi resiliensi matematis terhadap kemampuan penalaran adaptif siswa sebesar 60,84%. Kemudian untuk uji keberartian koefisien korelasi digunakan uji t-student, didapat thitung=7,036>2,032=ttabel, maka dengan demikian H0 ditolak. Sehingga terdapat hubungan antara resiliensi matematis terhadap kemampuan penalaran adaptif.