eprintid: 15053 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 3855 dir: disk0/00/01/50/53 datestamp: 2022-06-21 01:08:40 lastmod: 2022-11-05 08:20:32 status_changed: 2022-06-21 01:08:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Juliansyah, Ryan title: Arang Tempurung Kelapa Sebagai Bahan Gesek Pada Blok Rem Kereta Api ispublished: pub subjects: Skripsi subjects: T1 divisions: 21201 abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan kampas blok rem kereta api dengan sifat fisis dan sifat mekanik yang baik, menggunaka Arang Tempurung Kelapa sebagai bahan pengganti besi cor. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Arang Tempurung Kelapa untuk kampas blok rem kereta api yang dihasilkan memenuhi spesifikasi blok rem rem kereta sesuai standar spesifikasi. Komposis ATK 200 gr memiliki kekerasan 13,207 HB, dan ATK 300 gr memiliki kekerasan 9,951 HB. Bahan friksi dengan komposis Arang Tempurung Kelapa 200 gr memiliki keausan 14,9858987x10��� mm3/mm, hasil tersebut yang mendekati dari nilai keausan rem kampas kereta. date: 2021-07-23 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA department: Fakultas Teknik thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Bayuseno AP dan Senen Karakterisasi Blok Rem Kereta Api Berbahan Besi Cor dan Al-SiC Berdasarkan Kekuatan Uji Tarik dan Harga Impak [Jurnal]. - [s.l.] : TEKNIK , 2012. - Vol. 33. Bukhori Rizal Akhmad, Surojo Eko dan Muhayat Nurul Perancangan Dinamometer Skala Kecil Untuk Pengujian Kerakteristik Gesek Bahan Blok Rem Kereta Api [Jurnal] // Jurnal Nasional Teknologi Terapan. - November 2018. - 3 : Vol. 2. - hal. 320-333. Duniawan Agus Pengaruh Proses Heat Treatment Terhadap Sifat Mekanis Blok Rem Kereta Api [Jurnal] // Jurnal Teknologi. - Desember 2018. - 2 : Vol. 11. - hal. 150-154. Dzikrullah Afrizal Annas, Qomaruddin dan Khabib Masruki Analisa Gesekan Pengereman Hodrolis (Rem Cakram) Dan Tromol Pada Kendaraan Roda Empat Dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga [Jurnal]. - Kudus : Posiding SNATIF, 2017. Esmar Budi Tinjauan Proses Pembentukan dan Penggunaan Arang Tempurung Kelapa Sebagai Bahan Bakar [Jurnal] // Jurnal Penelitian Sains. - Jakarta : [s.n.], Oktober 2011. - 4(B) : Vol. 14. - hal. 25-29. Fredianto Hanung, Ranto dan Estriyanto Yuyun Kaji Eksperimental Performansi Pengereman Kampas Rem Komposit Serbuk Tempurung Kelapa [Jurnal]. - Surakarta : [s.n.], 2013. - hal. 1-12. Gibson Ronald F. Principles Of Composite Material Mechanics [Buku]. - 1994. Harper Charles A Handbook of Plastics Elastomers and Composites (Print Book) [Buku]. - New York : McGraw Hill Professional, 2002. Kiswiranti D. [et al.] Pemanfaatan Serbuk Tempurung Kelapa Sebagai Alternatif Serat Penguat Bahan Friksi Non-asbes Pada Kampas Rem Sepeda Motor [Jurnal] // Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. - Semarang : [s.n.], Januari 2009. Leman Arianto dan Nurtijo Campuran Arang Tempurung Kelapa Bekas dan Arang Tempurung Kelapa Baru untuk Media Karburasi Baja Karbon Rendah [Jurnal] // Media Teknik. - Yogyakarta : [s.n.], Juni 2008. - 1 : Vol. 8. Lumintang Romels C A, Soenoko Rudy dan Wahyudi Slamet Komposit Hibrid Polyester Berpenguat Serbuk Batang dan Serat Sabut Kelapa [Jurnal] // Jurnal Rekayasa Mesin. - Malang : [s.n.], 2011. - 2 : Vol. 2. - hal. 145-153. Mahmudi M Arif, Ngafwan dan Hariyanto Agus Penelitian Pembuatan Rem Komposit Kereta Api Menggunakan Serbuk Pasir Besi Ferro dan Serat Kuli Kelapa [Jurnal] // Naskah Publikasi. - Surakarta : [s.n.], 2013. - hal. 1-19. Maniago Albin Simanjuntak dan Abda Syahrul Karakteristik Komposit Matriks Logam Al-SiC Pada Produk Kanvas Rem Kereta Api [Jurnal] // Jurnal e-Dinamis. - September 2013. - 2 : Vol. 6. - hal. 61-69. Maryanti Budha, Sonief A. As’ad dan Wahyudi Slamet Pengaruh Alkalisasi Komposit Serat Kelapa-Poliester [Jurnal] // Jurnal Rekayasa Mesin. - Malang : [s.n.], 2011. - 2 : Vol. 2. - hal. 123-129. Ramadona Ginanjar Penelitian Proses Pembuatan Material Komposit Sebagai Alternatif untuk Material Blok Rem Kereta Api [Jurnal]. - Bandung : [s.n.], 2018. Salim Muhammad Agus dan Tugiman Ir Perilaku Variasi Komposisi Komposit Serbuk Tempurung Kelapa dengan Penambahan Magnesium Oksida Sebanyak 30% Terhadap Perilaku Mekanik Uji Tarik dan Bending Test Sebagai Bahan Alternatif Kampas Rem Sepeda Motor [Jurnal]. - 2015. Sihombing Adi Putra, Afrizal Yuzuar dan Gunawan Agustin Pengaruh Penambahan ArangBatok Kelapa Terhadap Kuat Tekan Mortar [Jurnal] // Jurnal Inersia. - Bengkulu : [s.n.], April 2018. - 1 : Vol. 10. Silewski Piotr Wa Tes Dynamometer Skala Lengkap Sepatu Brake Keranjang Komposit Sepatu Brake - Studi Pada Pengaruh Serat Reinforcing Type [Jurnal]. - Polandia : [s.n.], September 2018. Soemantri B Satryo, Triono Agus dan Puja IGN Wiratmaja Modifikasi Pin On Test Untuk Mengukur Koefisien Gesek Blok Rem Komposit Kereta Api [Jurnal] // Simposium Nasional RAPI XI FT UMS. - 2012. - hal. 5-10. Suhardiman dan Syaputra Mukmin Analisa Keausan Kampas Rem Non Asbes Terbuat Dari Komposit Polimer Serbuk Padi dan Tempurung Kelapa [Jurnal] // JURNAL INOVTEK POLBENG. - November 2017. - 2 : Vol. 7. - hal. 210-214. Surojo Eko Pengembangan bahan komposit untuk sepatu rem kereta api dengan memanfaatkan limbah geram besi cor, fly ash dan kawat tembaga [Jurnal]. - 2016. - hal. 1-6. Sutikno [et al.] Pembuatan Bahan Gesek Kampas Rem Menggunakan Serbuk Tempurung Kelapa Sebagai Pemodifikasi Gesek [Jurnal]. - Semarang : [s.n.], 2013. Syaeful Hilman, Pudja IGN Wiratmaja dan Triono Agus Penentuan Parameter Produksi Material Rem Ramah Lingkungan Untuk Aplikasi Kereta Api Menggunakan Serat Tandan Kosong Kelapa Sawit Sebagai Penguat [Jurnal] // Jurnal Energi dan Manufaktur. - 2012. - 1 : Vol. 5. - hal. 1-97. Taka Ario Kristian Iman Variasi Ukuran Terhadap Kekerasan dan Laju Keausan Komposit Epoxy Aluminium-Serbuk Tempurung Kelapa Untuk Kampas Rem [Jurnal]. - Jember : [s.n.], 2017. Triono, Agus Pengaruh Kecepatan Relatif Permukaan Gesek Dan Temperatur Terhadap Koefisien Gesek Blok Rem Kereta Api [Jurnal] // Jurnal Rotor. - Januari 2013. - 1 : Vol. 6. Wanve Shubham [et al.] AnAnalysis For Improving Performance Of Train Brake Pad By Using Cad and Cae Software [Jurnal] // International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET). - oktober 2017. - 10 : Vol. 4. - hal. 1174-1175. Wasit, Purboputro Pramuko Ilmu dan F Bambang Waluyo Karakterisasi dan Pembuatan Kampas Kopling Sepeda Motor Dengan Variasi Bahan Serat Sabut Kelapa, Serbuk Arang Tempurung Kelapa, Serbuk Tembaga Dan Resin Polyester [Jurnal]. - SURAKARTA : [s.n.], 2014. - hal. 3-17. Wiranata I Made Ad, Winaya I N Suprapta dan Komaladewi A.A.I.A. Sr Studi Eksperimental Komposisi Campuran Arang Tempurung Kelapa (Char) dengan Bed Material Tanah Liat Pada Dual Reaktor Fluidized Bed [Jurnal]. - Bali : Jurnal Ilmiah TEKNIK DESAIN MEKANIKA, Januari 2017. - 1 : Vol. 6. - hal. 113 - 119. Zohri Ahmad Syafruddin, Sari Nasmi Herlina dan Sujita Pemanfaatan Serbuk Tempurung Kelapa Pada Kkomposit Al2O3-Epoxy [Jurnal] // Dinamika Teknik Mesin. - Mataram : [s.n.], Juli 2013. - 2 : Vol. 3. - hal. 101-105. citation: Juliansyah, Ryan (2021) Arang Tempurung Kelapa Sebagai Bahan Gesek Pada Blok Rem Kereta Api. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15053/1/eSTM-2021027%20Ryan%20Juliansyah.pdf