eprintid: 15018 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/50/18 datestamp: 2022-06-18 07:31:07 lastmod: 2022-06-18 07:31:07 status_changed: 2022-06-18 07:31:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Herlina, Elin creators_name: Akhadiah, Sabarti creators_name: Safii, Imam creators_id: imamsafii2077@uhamka.ac.id title: Keterpaduan dalam Pembelajaran Tematik pada Buku Teks Kelas IV Sekolah Dasar: penelitian Kualitatif dalam Perspektif Bahasa ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Keterpaduan Materi Pembelajaran Tematik, evaluasi, buku teks, Kurikulum 2013 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keterpaduan materi dan evaluasi yang terdapat dalam buku teks tematik terpadu kurikulum 2013 kelas IV sekolah dasar, diantaranya adalah (1) untuk mendeskripsikan keterpaduan pembelajaran tematik pada buku teks untuk kelas IV sekolah dasar dalam perspektif bahasa. (2) untuk menyempurnakan keterpaduan bahan ajar atau materi ajar pada buku teks kelas IV sekolah dasar ditinjau dari perspektif bahasanya. (3) untuk mengetahui kendala dan cara mengatasi dalam memberikan evaluasi pembelajaran tematik khususnya pada buku teks kelas IV Sekolah Dasar ditinjau dari perspektif bahasanya.. Pendekatan kualitatif dengan metode analisis wacana khususnya analisis konten dan data yang diperoleh melalui analisis teks dan studi dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah buku teks tematik terpadu kurikulum 2013 kelas IV sekolah dasar. Teknik analisis data yang digunakan terdiri atas tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian mengungkapkan kajian keterpaduan materi dan evaluasi pada buku tematik terpadu kurikulum 2013 kelas IV sekolah dasar secara keseluruhan telah menggambarkan keterpaduan materi dan evaluasi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa buku teks siswa kelas IV SD/MI Tema I Indahnya Kebersamaan terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dilihat dari muatan materi dalam buku teks ditinjau dari kurikulum 2013 terdapat keterpaduan walaupun dalam setiap pertemuan pembelajaran tidak semua pelajaran dapat dipadukan namun secara keseluruhan dari pembelajaran dalam satu tema sudah dapat mewakili keterpaduan pengembangan materi pembelajaran.Begitu juga evaluasi date: 2017-12-07 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Bekti Patria, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013, dalam https://bektipatria.wordpress.com/2013/10/27/mata-pelajaran-bahasaindonesia- dalam-kurikulum-2013/ di unduh pada 04-05-2017 Bunga Mulyahati, 2014, Analisis Buku Tematik Terpadu KUrikulum 2013Kelas IV Sekolah Dasar, UPI, respository.upi.edu // perpustakaan.upi.edu. diunduh 17 September 2017 _________ Buku Siswa, Indahnya Kebersamaan, Puskurbuk,Kemendikbud, 2014 _________ Buku Guru, Indahnya Kebersmaan, Puskurbuk, Kemebdikbud, 2014 _________ Cronbach 1963, dalam Burhan nurgiyantoro, 1988: 188 Depdikbud.2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Depdikbud,Jakarta. Djiwandono Soenardi, 2011 Tes Bahasa Pegangan bagi Pengajar Bahasa, PT Indeks, Jakarta. Emzir, 2007, Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif, PT RajaGrafindo Persada, Depok, Jawa Barat Emzir, 2014, Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis data, PT Rajawali Press, Jakarta. Ibrahim Nini dan Anwar Muhammad, 2009, Telaah Kurikulum dan Buku Teks Bahasa Indonesia, UHAMKA PRESS, Jakarta Isniatun, Pembelajaran Tematik dalam, http://www.katabijak. web.id/2015/03/pengertian-tematik-fungsi-tujuan-dan.html dalam artikel, Munawaroh, Isniatun. Pembelajaran Tematik dan Aplikasinya di Sekolah Dasar. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/Pembelajaran- Tematik-dan-Aplikasiny-di-Sekolah-Dasar-SD-Catur-Tunggal.pdf. Di unduh pada 3 Mei 2017 __________ Kurikulum 2013 Kelas IV, Puskurbuk, Kemendikbud,2014 Linn L. Linn, Gronlund E. Norman,1995 Measurement and Assessment in Teaching, Merriil, an imprint of Prentice Hall Education, Career & technology Englewood Cliffs, New Jersey Columbus, Ohio M. Chabib Thaha, 1996, Teknik Evaluasi Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada. Methews,Barbara and Cleary Pauline, 1993, The Integrated Curriculum in Use, Asthon Scolastic, Canada. Methews Barbara and Cleary Pauline,1993, Learning Throgh An Integrated Curriculum Approaches And Guidelines, Asthon Scholastic, Canada. Nurgiyantoro Burhan, 2001 Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra, BPFE Yogyakarta, Yogyakarta. Putra Junio, Pengertian Buku Teks, http://putrajunio.blogspot.co.id/2014/06/pengertian-buku-ajar-buku-teksdan- buku.html. Di unduh pada 3 mei 2017 RPP kurikulum 2013, 2014, Tema 1” Indahnya Kebersamaan”, kelas IV a Ramli Zakaria,Dkk,2013, Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi, UHAMKA PRESS,Jakarta Robin Fogarty, 2009, “ How to Integrate The Curricula” SAGE Asia Pacific Pte, USA. Sabarti Akhadiah,1993 “Pembelajaran bahasa Indonesia terpadu” dalam Seminar PAUD. _________ Scriven 1967, dalam Ten Brink, 1974. Sucimaya dan Hermawati, 2016 dalam makalah “Pembelajaran terpadu” Sutarto, Nurlaili Lili, Karmedi Memed, 2014 Kurikulum dan Pembelajaran dalam Implementasi pada Kurikulum 2013, CV Kemilau Ilmu Semesta. Tim Tematik terpadu Kurikulum 2013,2014 Tema 8 penerbit Masmedia dalam kata pengantar. Tomlinson Brian, 2007, Developing Materials For Language Teaching, Continuum, London, Yuni Katminingsih, Taksonomi Bloom dalam, http://yunikatminingsih.blogspot.co.id/2012/10/2-mengenal-revisitaksonomi- bloom-oleh.html di Unduh Pada 3-05-2017. citation: Herlina, Elin dan Akhadiah, Sabarti dan Safii, Imam (2017) Keterpaduan dalam Pembelajaran Tematik pada Buku Teks Kelas IV Sekolah Dasar: penelitian Kualitatif dalam Perspektif Bahasa. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15018/1/SPS_INDONESIA_1509057004_ELIN%20HERLINA.pdf