eprintid: 15012 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/50/12 datestamp: 2022-06-18 06:33:15 lastmod: 2022-06-18 06:33:15 status_changed: 2022-06-18 06:33:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Lutfi, Lutfi creators_name: Sugono, Dendy creators_name: Sukardi, Sukardi creators_id: edy.sukardi@uhamka.ac.id title: Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Media Pembelajaran, Penguasaan Kosakata, Kemampuan Menulis, abstract: Tujuan penelitin ini adalah memperoleh data empiris: (1) penggunaan media pembelajaran pemutaran filem dokuementer dan media cetek terhadap kemampuan menulis cerpen, (2) penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis cerpen, (3) penggunaan media pembelajaran dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis cerpen secara berssama-sama. Penelitian ini dilakukan pada kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Ciputat. Sempel pada penelitian ini melibatkan 60 siswa. Dibagi menjadi dua kelas, satu kelas eksperimen dan dua kelas kontrol. Terdapat dua jenis intrumen yang digunakan dalam peneitian ini yakni satu intrumen teks penguasaan kosakata. Kedua intrumen tersebut dilakukan kalibrasi intrumen untuk mengetahui kualitas (validitas dan reabilitas) intrumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antarapenggunaan media pembelajaran pemutaran filem dokumenter dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis cerpen yang terlihat dari hasil perhitungan yaitu uji hipotesis dengan uji F dan uji T, diperoleh data sebesar 1095.861 lebih besar dari Ftabel= 4.02 dan uji T sebesar 33.104 lebih besar dibandingkan dengan T dan F tabel. Berdasarkan temuan penelitian di atas, peneliti merekomendasikan untuk menggunakan media pembelajaran pemutaran filem documenter dan penguasaan kosakata siswa memalui optimalisasi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen. date: 2017-11-21 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Daftar Pustaka Akhadian, Sabarti. Maidar g. Arsjad, dan Sakura h. Ridwan.1991. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Alan Hunt, David Bagker. 2003. Taching Vocabulary, Methodology in Language Teaching An Anthology of Current ractice. Edited By Jack C. Richards and Willy A. Renandy.(Cambridge University Press) Anton M. Moeliono. 1989. Kembaran Bahasa,kumpulan karangan tersebut (jakarta: Gramedia Pusataka utama,) Arsyad, Azhar. 2014. Media pebelajaran. Jakarta: Rajawali Pers Asyhar,Rayandra. 2012.Kreatif Mengenbangkan Media Pembelajaran.Jakarta:Referensi Jakarta Coreline T.Linse.2005. Praktikel Englis Linguis Teaching: young lernners. new york: the Mc Graw-Hills companies,inc Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera David Nunam, 1995. Language Teaching Methology, A.Texbook for teacher. (sydney, Prentice Hall Inc). Departemen pendidikan Nasional, Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia. sekolah menengah atas dan madrasah aliyah (jakarta: Depdiknas, 2006) Deporter,Bobbi.Harnacki.Quantum Learning:Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan.Bandung:Kaifa Effendi Thaher,Harris.2009.Kiat Menulis Cerita Pendek.Bandung H.Douglas Brown, Teaching By Principles. An Interective Apporoach to language Padagogy. (New York: Prearson Edukation Inc, 2007 H.G. Tarigan,Pengajaran Kosakata (bandung: Angkasa 2000) Henry Guntur Tarigan 2008.Menulis Sebagai Suatu Keterampila Berbahasa.Bandung:Angkasa. Jonns Nurgiantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press Jujun S. SuryaSumantri, filasafat ilmu: sebuah pengantar popular. (Jakarta:sinar harapan, 2005) Keraf,Gorys.2000.Diksy dan Gaya Bhasa. Jakarta:GrammediaPustakaUtama Keraf,Gorys.2004.Komposisi. Semarang.Bina Putra Lamudin Flnoza.2005.Komposisi Bahasa Indonesia.Jakarta:Diksi Insan Mulia. hlm 76 leonhardt,Mary.2002.Cara Menjadikan Anak Anada Bergairah Menulis.Bandung.Kafi M. Soenardi Djiwandono. Tes bahasa dalam Pengajaran. (Bandung: Penerbit ITB bandung 1996) Mahayana,S.Maman.2008.Bahasa Indonesia Kreatif.Jakarta:Penaku Mihardja, Ratih. 2012. Buku Pintar Sastra Indonesia. Jakarta: Laskar Aksara Muttaqillah,Ahmad.2014.Bahasaku Bahasa Indonesia.Depok:Cv.Wafi Media Tama. Nurgiantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press Nurgiantoro, Burhan.2001.Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.Yogyakarta:BPFE Nurjanah,Daeng.WartaSumira.RiadiDarwis.2011.Terampil Berbahasa.Bandung:Alfabet Priyatni, Endah Tri. 2010. Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi Aksara Rampan,Korrie Layun.2009.Apresiasi Cerpen Indonesia Mutakhir.Jakarta:Bukupop Ratnaningsih,Burhan. pengembangan kurikulum metode dan evaluasi PLS (Jakarta: Insan,1988) Rosyada,Dede. 2010. Media Pembelajaran. jakarta: Gaung Persada Sadiman,Arif.dkk.Media Pendidikan. Depok:Rajawali Press Sanaky, Hujair AH. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif.Yogyakarta:Kaukaba Dipantara. Soejito.2002.Kosakata Bahasa Indonesia.Jakarta:GrammediaPustakaUtama Sri Soekesi Adwinarta,dkk. Tata Isyilah Indonesia ((Jakarta:P3B 2005) Sudjiman,Panuti.1991.Memahami Cerita Rekaan.Jakarta:Pustaka Jaya. Sugono, Dendy. 2014. Peran dan Kekuatan Bahasa dalam Industri Kreatif Kebahasaan. Jakarta. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Sukardi,Edy.2012.Pembelajaran Menulis.Jakarta: Uhamka Press Sumardjo,Jakob.Saini.KM.1986.Apresisi Kesusastraan.Jakarta:Gramedia Pustaka Utama Suparno.Muhammad Yunus.2011.Keterampilan Dasar Menulis.Jakarta:Universitas Terbuka Susilana,Rudi.2007.Media Pembelajaran.Bandung:Wacana Prima Sutan Takdir Alisjahbana, Tata bahasa baru bahasa Indonesia (jakarta: Dian Rakyat 1980) Syamsuddin. Vismaia S. Damaianti. 2011. Metode Penelitin Pendidikan Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. Tarigan, Henry Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa Tarigan,Hadry Guntur.2008.Menulis Sebagai Suatu Keterampilam.Bandung:Angkasa Tarigan,HenryGuntur.2009.Pengajaran Kosakata.Bandung: Angkasa. citation: Lutfi, Lutfi dan Sugono, Dendy dan Sukardi, Sukardi (2017) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15012/1/SPS_INDONESIA_1509057011_LUTFI.pdf