eprintid: 15007 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/50/07 datestamp: 2022-06-25 05:31:53 lastmod: 2022-07-01 08:11:37 status_changed: 2022-06-25 05:31:53 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dewi, Aisah Kuswatun Ratna Tunggal creators_name: Soro, Slamet creators_id: aisahdewi98@gmail.com title: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Menggunkan Model Missouri Matemtic Project Berbasis LKPD Materi Segiempat dan Segitiga Kelas VII-6 SMP Negeri 27 Jakarta ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Hasil belajar di SMP Negeri 257 Jakarta Kelas VII-6 masih rendah maka dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi segiempat dan segitiga peserta didik menggunkan model Missouri Mathematic Project berbasis LKPD di kelas VII-6 SMP N 257 Jakarta. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VII-6 yang berjumlah 35 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Data penelitian setiap siklusnya diperoleh dari tes hasil belajar, lembar pengamatan aktifitas peserta didik, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setelah diterapkannya model pembelajran Missouri Mathematic Project berbasis LKPD dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII-6 SMP N 257 Jakarta. Rata-rata nilai data awal 43 menjadi 68 pada siklus pertama.pada siklus pertama masih mengalami kendala antaranya hasil belajar peserta didik belum mencapai target yang ditentukan oleh peneliti yaitu 75 sehingga peneliti dan kolabolator memutuskan untuk melakukan perbaikan disiklus selanjutnya. Pada siklus kedua mengalami peningkatan menjadi sebesar 78 pada siklus II. Sedangkan hasil lembar pengamatan aktifitas peserta didik memperoleh presentase rata-rata sebesar 65,55% pada siklus I, mengalami peningkatan menjadi 82,21% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Missouri Mathematic Project berbasis LKPD dapat menigkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII-6 dengan materi segiempat dan segitiga semester genap SMP Negeri 257 Jakarta. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abadi, A. M. (2018). Improving students’ mathematical reasoning and selfefficacy through Missouri mathematics project and problem-solving. 11(2), 191–208. https://doi.org/10.20414/betajtm.v11i2.206 Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Aunurrahman. 2013. Belajar dan pembelajaran. Bandung : alfabeta Achdiyat Maman,Virgana dan Kasyadi Soeparlan. 2017. Evaluasi Dalam Pembelajaran. Tangerang: Pustaka Mandiri Dimyati dan Mudjiono. 2013. Bejar Dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta Dahar Ratna Wilis. 2006. Teori-Teori Belajar Dan Pembelajran. Jakarta: Erlangga. Hlm 2 Fauziah, A., & Sukasno, S. (2015). Pengaruh Model Missouri Mathematics Project (Mmp) Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sma N I Lubuklinggau. Infinity Journal, 4(1), 10. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i1.67 Firmansyah, d. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika . jurnal pendidikan unsika , 37 Gading, I. K., & Japa, I. G. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Realistik Berbantuan Lks Terhadap Hasil Belajar Matematika. 3. Isbn.2016. Landasan Pendidikan. Tangerang : Pt Pustaka Mandiri. Julaiha, e. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Missouri Mathematic Projets (Mmp) Pada Materi Kubus Dan Balok Di Kelas Viii Smp N 5 Pemulutan . jurnal pendidikan matematika,184. Juniati, e. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Drill Dan Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas Vi Sd. jurnal pendidikan dan kebudayaan, 285. Hidayah, A., & Aulia, I. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 49–58. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.629 Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 14–25. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.166 Ms, a. t. (2017). Komparasi Hasi Belajar Antara Model (Mmp) Denag Model Pengajaran Langsung Siswa Kelas Vii Smp . jurnal pendidikan matematik , 77. Mursyidi, S. Q. (2015). Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah surakarta 2015. Journal, 1–15. Ni luh gd diantari, d. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Misouri Matehematic Projetc Berbantu Lks Tehadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Oendidikan Dan Pembelajaran , 129. Noependra, d. (2018). Uapay Meningkatkan Hasilelajar Matematika Menggunakan Metode Misouri Mathematic Projetc ( Penelitian Dilakukan Di Kelas Viii 3 Smp Swasta Bina Satria Medan). prosiding seminar senastekmapan, 1130. Rahman, A. A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. 9, 335–346. Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar Matematika. Psikoborneo, 5(2), 400–405. Suhendri, H. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117 Sanderayanti, d. (2015). Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Kemampuan Berpikir Keritis Terhadap Hasilelajar Matematika Sisiwa Di Sdn Kota Depok. jurnal pendidikan dasar, 223. Siswoyo, B. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Segiempat Dengan Pendekatan STAD . Jurnal Kreano, 93. Susanto Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group Uhamka. (2019). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Skripsi,Artikel,Makalah. Jakarta: UHAMKA Warti, E. (2016). pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sd Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. jurnal pendidikan matematika, 180. Wulandari, C. (2017). Menanamkan Konsep Bentuk Geometri. jurnal pengabdian masyarakat ipteks, 3. Yusuf Aditya, D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023 citation: Dewi, Aisah Kuswatun Ratna Tunggal dan Soro, Slamet (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Menggunkan Model Missouri Matemtic Project Berbasis LKPD Materi Segiempat dan Segitiga Kelas VII-6 SMP Negeri 27 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15007/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105119_AISAH%20KUSWATUN%20RATNA%20TUNGGAL%20DEWI.pdf