eprintid: 15003 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/50/03 datestamp: 2022-06-25 05:31:47 lastmod: 2022-06-25 05:31:47 status_changed: 2022-06-25 05:31:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pratiwi, Sukma creators_name: Awalludin, Subhan Ajiz creators_id: sukmaprtw@gmail.com creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis LKS Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbasis LKS terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di SMP Negeri 227 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian jenis Quasy Experimental dengan tipe The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini mencakup siswa kelas VII SMP Negeri 227 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang diteliti sebanyak 62 siswa dari kelas VII-A dan VII-D. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa soal uraian sebanyak 7 soal. Instrumen terlebih dahulu diuji coba di SMP Negeri 124 Jakarta dengan 24 siswa. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas, kemudian diperoleh data berdistribusi normal dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji Komparatif Dua Sampel menghasilkan thit=2,363 yang mengakibatkan tolak H0 pada taraf signifikasi 5% dengan effect Size sebesar 0,66 yang tergolong sedang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbasis LKS terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di SMP Negeri 227 yang tergolong sedang. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agustin, R. D. (2016). Kemampuan penalaran matematika mahasiswa melalui pendekatan problem solving. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 179–188. Amir, A. (2014). Kemampuan Penalaran dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 2(01). Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Atika, N., & MZ, Z. A. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan RME untuk Menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 103–110. Bani, A. (2011). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing. UPI: Bandung. Diniyah, A. N., Akbar, G. A. M., Akbar, P., Nurjaman, A., & Bernard, M. (2018). Analisis kemampuan kemampuan penalaran dan self confidence siswa sma dalam materi peluang. Journal on Education, 1(1), 14–21. Ernawati, A., Ibrahim, M. M., & Afiif, A. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis multiple intelligences pada pokok bahasan substansi genetika kelas XII IPA SMA Negeri 16 Makassar. Jurnal Biotek, 5(2), 1–18. Fannie, R. D., & Rohati, R. (2014). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis POE (predict, observe, explain) pada materi program linear kelas XII SMA. Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi, 8(1), 221053. Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Ar-Ruzz Media. Febriani, C., & Rosyidi, A. H. (2013). Identifikasi penalaran induktif siswa dalam memecahkan masalah matematika. Jurnal Mathedenusa, 2(1). Haryono, A., & Tanujaya, B. (2018). Profil kemampuan penalaran induktif matematika mahasiswa pendidikan matematika unipa ditinjau dari gaya belajar. Journal of Honai Math, 1(2), 127–138. Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Ghalia Indonesia. Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: pustaka pelajar, 265. Izzah, K. H., & Azizah, M. (2019). Analisis kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa kelas IV. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 210–218. Lisa, Y., & Syafrudin, D. (2016). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 134–144. Meidawati, Y. (2014). Pengaruh pendekatan pembelajaran inkuiri tebimbing terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal pendidikan dan keguruan, 1(2), 209686. Mulyana, A., & Sumarmo, U. (2015). Meningkatkan kemampuan penalaran matematik dan kemandirian belajar siswa SMP melalui pembelajaran berbasis masalah. Didaktik, 9(1), 40–51. Nababan, S. A. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1). Paradesa, R. (2015). Kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa melalui pendekatan konstruktivisme pada matakuliah matematika keuangan. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1(2), 306–325. Prasiwi, M. S., Ganing, N. N., & Putra, I. K. A. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Penilaian Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Bahasa Indonesia dan Kemampuan Penalaran Tema Cita-citaku Siswa Kelas IVB SDP Negeri Tulangampiang Denpasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). Rhofiqah, L., & Thaariq, S. M. H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Kelas Xi Sma Negeri I Meurebo. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(1). Rohaeti, E. E., Bernard, M., & Novtiar, C. (2019). Pengembangan Media Visual Basic Application untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa SMP dengan Pendekatan Open-Ended. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(2), 95–107. Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. Raja Graha Indonesia. Setiawan, A. (2016). Hubungan Kausal Penalaran Matematis terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 91–100. Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Tarsito. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Suherman E; Sukjaya Y. (1990). Petunjuk Praktis Untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Wijayakusumah. Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10. Suprihatin, T. R., Maya, R., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 9–13. Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258–274. citation: Pratiwi, Sukma dan Awalludin, Subhan Ajiz (2020) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis LKS Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15003/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105118_SUKMA%20PRATIWI.pdf