eprintid: 15001 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/50/01 datestamp: 2022-06-18 06:33:31 lastmod: 2022-06-18 06:33:31 status_changed: 2022-06-18 06:33:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Robianah, Robianah creators_name: Darma, Yoce Aliah creators_name: Hardjatno, N. Jenny M.T. title: Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Ulasan Film Melalui Strategi Pembelajaran Think Talk Write (TTW) (Penelitian Tindakan di SMA 3 Tangerang) ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Pembelajaran Menulis, Kemampuan Menulis, Strategi Pembelajaran abstract: Permasalahan yang sering ditemukan dalam pembelajaran menulis teks ulasan film adalah siswa belum mampu memahami struktur dan kaidah kebahasaan teks ulasan film. Selain itu, siswa merasa pembelajaran menulis tidak memberikan manfaat, tidak menarik, serta membosankan. Penggunaan strategi pembelajaran yang inovatif merupakan salah satu cara yang dapat dipilih untuk mengatasi permasalahan tersebut. Fokus penelitian ini adalah mengatasi berbagai permasalahan yang dialami siswa melalui peningkatan kemampuan menulis teks ulasan film melalui strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW). Kemampuan menulis teks ulasan film para siswa perlu ditingkatkan mengingat kemampuan menulis tersebut belum mencapai hasil yang maksimal atau belum mencapai KKM yang ditetapkan yakni 75. Tujuan penelitian tindakan ini untuk mengetahui proses pembelajaran menulis teks ulasan film melalui strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks ulasan film siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 3 Tangerang. Penelitian tindakan ini dilakukan terhadap 40 siswa dan dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan proses pembelajaran melalui strategi tersebut hasil kemampuan menulis teks ulasan film para siswa mengalami peningkatan. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas beberapa tahap, yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Berdasarkan hasil data setiap siklus terjadi peningkatan kemampuan menulis teks ulasan film. Pada siklus 1 diperoleh hasil rata-rata nilai 78,47 dengan presentase 57,5% siswa sudah mencapai KKM. Sedangkan hasil nilai rata-rata pada siklus 2 yakni 84,42, meningkat 7,6% dari siklus sebelumnya dan sudah seluruhnya siswa mencapai KKM. Dapat dikatakan, kemampuan menulis teks ulasan film siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 3 Tangerang baik pada siklus1 maupun siklus 2 terjadi peningkatan. date: 2017-08-24 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Abidin, Yunus. 2016. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika. Afrilia, Liza. 2009. Pembelajaran Melalui Strategi Think-Talk-Write Dengan Pendekatan Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar: Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas XI-IPS-5 SMA Negeri 98 Jakarta. Jakarta: Program Studi Pendidikan Sejarah: Jurusan Sejarah: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi, et al. 2015. Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara. Corrigan, Timothy. 2012. A Short Guide to Writing about Film. New York: Longman. Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Darmadi, Hamid. Desain dan Implementasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: Alfabeta Diana, Hafsah Adha. 2015. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk- Write (TTW) Pada Materi Trigonometri Di Kelas X-3 SMAN I Babelan Bekasi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika: Jurusan Matematika: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam: Universitas Negeri Jakarta. Djiwandono, Soenardi. 2011. Tes Bahasa: Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT Indeks. Emzir. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Radja Grafindo Persada Huda, Miftahul. 2016. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Pardigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Irwansyah, Ade. 2009. Seandainya Saya Kritikus Film: Pengantar Menulis Kritik Film. Yoyakarta: Homerian Pustaka. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indoneis. 2014. Buku Guru: Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Untuk SMA/MA/MAK Kelas XI. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan. Knapp, Peter and Megan Watkins.2005. Genre, Text, Grammer:Technologies for teaching and Assesing Writing. Sydney:University of New South Wales Press Ltd. Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Kusmana, Suherli. 2014. Kreativitas Menulis. Yogyakarta: Ombak. Kementrian Pendidkan dan Kebudayaan Indonesia. 2014. Model-model pada Pembelajaran Kurikulum 2013. Pendidikan Bahasa dan seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Marianah. 2008. Perbandingan Hasil Belajar Mematika Antara Siswa Yang Diajar Manggunakan Strategi Thin-Talk-Write Dengan Pembelajaran Kelompok Di SMPN 206 Jakarta Barat. Jakarta: Program Studi Penedidikan Matematika: Jurusan Matematika:Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam: Universitas Jakarta. Mulyadi.2015. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write Siswa Kelas V SDN Cibubur 11 Pagi Jakarta Timur. Jakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta. Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan sastra. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta. Anggota IKAPI Pradiyono. 2007. Pasti Bisa. Teaching Genre-Based Writing: Mengajar Menulis Berbasis Genre Secara Efektif. Yogyakarta: Andi Offset. Pratista, Himawan. 2008. Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka. Poerwadarminta, WJS. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Prakosa, Gatot. 2005. Film Pendek Independen Dalam Penilaian: Sebuah catatan Dari Berbagai Festival “Film Pendek dan Film Alternatif” Di Indonesia. Jakarta: Komite Film Dewan Kesenian Jakarta & Yayasan Seni Visual Indonesia. Priyatni, Endah Tri. 2015. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara. Ruwanti.2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Pada Pokok Bahasan Himpunan Di Kelas VII-E SMP Negeri 97 Jakarta. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam: Universitas Negeri Jakarta. Sasmoko. 2004. Metode Penelitian:Edisi Khusus. Jakarata: UKI Press. Sugiyono. 2015. Metode Pneleitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suja’i. 2008. Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab. Semarang: Walisongo Press. Sutama, I Made. 2016. Pembelajaran Menulis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa Edisi Revisi. Bandung: Angkasa. Wassid, Iskandar dan Dadang Suhendar. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Yamin, Martinis dan Bansu I. Ansari. 2009. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press. Zainurrahman. 2013. Menulis: Dari Teori hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. citation: Robianah, Robianah dan Darma, Yoce Aliah dan Hardjatno, N. Jenny M.T. (2017) Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Ulasan Film Melalui Strategi Pembelajaran Think Talk Write (TTW) (Penelitian Tindakan di SMA 3 Tangerang). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15001/1/SPS_INDONESIA_1509057019_ROBIANAH.pdf