eprintid: 15000 rev_number: 25 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/50/00 datestamp: 2022-06-24 02:55:57 lastmod: 2022-06-24 04:15:32 status_changed: 2022-06-24 02:55:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Adi, Nisrina Azizah creators_name: Handayani, Trisni creators_id: nisrinaazizah88@gmail.com creators_id: trisni@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0001-5364-0819 title: Pengaruh Pemanfaatan Laboratorium Terhadap Keterampilan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Mahadhika 1 Jakarta ispublished: pub subjects: H subjects: HB divisions: sch_med abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pengunaan laboratorium terhadap keterampilan kerja siswa kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Mahadhika 1 Jakarta pada semester 1 tahun ajaran 2020/2021. Populasi pada penelitian ini sebanyak 86 orang dan diambil 71 sebagai sampel. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif asosiatif. Teknik sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan kusioner dan tes. Setelah data dinyatakan berdistribusi normal dan linier dengan pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, homogenitas dan linieritas maka dilakukan perhitungan regresi linier. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh Y=63,99=0,45 (X) dan hasil perhitungan ANOVA didapat Fhitung Ftabel (1,14 1,75)dan Rhitung Rtabel (0,413 0,235). Berdasarkan pengujian hipotesis hasil didapat Thitung Ttabel (3,767 1,994) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, nilai koefisien diterminasi (R2) adalah 0,159x100%=15,9%, berarti pemanfaatan laboratorium berpengaruh cukup kuat terhadap keterampilan kerja. Sedangkan sisanya 84,1% di pengaruhi oleh faktor lain selain pemanfaatan laboratorium. Oleh karena itu, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada pengaruh pemanfaatan laboratorium terhadap keterampilan kerja siswa pada program keahlian administrasi perkantoran SMK Mahadhika 1 Jakarta. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ann Gravells. (2010). Delivering Employability Skills in the Lifelong Learning Sector. Learning Matters. Dardiri, A. (2015). Kontribusi persepsi siswa tentang kualitas guru, kesesuaian, dan hasil prakerin terhadap employability skills siswa smk. 38(2), 121–132. Daryanto. (2018). MANAJEMEN LABORATORIUM SEKOLAH (1st ed.). GAVA MEDIA. www.gavamedia.net Fitria, Djoko, & Muladi. (2015). Kontribusi keterlibatan siswa di unit produksi dan employability skills terhadap self efficacy serta dampaknya pada minat bekerja siswa smk. Teknologi Dan Kejuruan, 38(2), 105–112. https://doi.org/10.17977/1k.v38124878 Hanafi, I. (2013). Re-orientasi keterampilan kerja lulusan pendidikan kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 107–116. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1021 Herlina, V. (2019). Panduan praktis mengolah data kuesioner menggunakan SPSS. PT Elex Media Computindo. Hidayati, U. (2013). Pemanfaatan laboratorium ipa dan bahasa pada madrasah aliyah swasta. EDUKASI, 11(April), 94–112. Kurniati, & AW, S. (2016). PENGELOLAAN LABORATORIUM ADMINISTRASI PERKANTORAN KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK N 1 DEPOK. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 5(2). Kusma Maringan, Pongtuluran, Y., & Maria, S. (2016). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, SIKAP KERJA DAN KETERAMPILAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PT. WAHANA SUMBER LESTARI SAMARINDA. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 13(2), 135–150. https://doi.org/ISSN print: 0216-7743 ISSN online: 2528-1135 Lubis, S. P. W., & Rizkika, D. (2017). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI 1 UNGGUL BAITUSSALAM. SEMDI UNAYA, November, 418–428. M.Sjamsidi, Hanafi, I., & Soemanrno. (2013). Perpustaakan Nasional: Katalog dalam Terbitan (KDT) Pengelolaan dan Pemanfaatan Air Baku (1st ed.). Universitas Brawijaya Press (UB Press). Majid, A. L., Londa, N. S., & Golung, A. M. (2020). PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBERINFORMASI BAGI SISWA DI 106 MADRASAH ALIYAHNEGERI 1 KOTA TIDORE KEPULAUAN. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(4). Muliawan, W. (2018). TEKNIK LABORATORIUM (1st ed.). CV BUDI UTAMA. Munadi, S., Widarto, Yuniarti, N., Jerusalem, M. A., Hermansyah, & Rahmawati, F. (2018). EMPLOYABILITY SKILLS LULUSAN SMK DAN RELEVANSINYA TERHADAP KEBUTUHAN KERJA (M. Herdyka, M. A. Majid, & Ari (eds.)). Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Putriatama, E., Patmanthara, S., & Sugandi, R. . (2016). MELALUI EMPLOYABILITY SKILL SERTA KOMPUTER DAN JARINGAN DI PROBOLINGGO. Teori, Penelitian, Pengembangan, 1(8), 1544–1554. Raharjo, S. (2019). SPPS Indonesia Olah Data Statistik dengan SPSS. https://www.spssindonesia.com/ Reni Astuti. (2020). Manajemen Laboratorium yang Cerdas, Cermat, dan Selamat (1st ed.). CV Jejak. Ricard Decaprio. (2013). TIPS MENGELOLA LABORATORIUM SEKOLAH (Dion Yulianti (ed.); 1st ed.). DIVA Press. www.divapress-online.com Riduwan. (2015). BELAJAR MUDAH PENELITIAN untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula (10th ed.). ALFABETA,cv. Sudirman, D. W. (2011). PENGELOLAAN LABORATORIUM PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN. Efisiensi Kajian Ilmu Administrasi, UNY, 11(2), 56. https://doi.org/: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v11i2.3992 Sudirwan, J., & Pangestu, H. (2015). KESIAPAN DOSEN UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN KERJA ,. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi 2015, 2015(Sentika). https://doi.org/ISSN: 2089-9815 Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (32nd ed.). ALFABETA,cv. Sujarweni, V. W. (n.d.). SPSS untuk penelitian (Florent (ed.); 1st ed.). Pustaka Baru Press. Sutadji, E., Kejuruan, P., & Malang, P. N. (2016). PENGEMBANGAN EMPLOYABILITY SKILLS SISWA PENDEKATAN SAINTIFIK. Teori, Penelitian, Pengembangan, 1(7), 1391–1398. 107 Syahdan, F. (2017). Hubungan Antara Keterampilan Kerja Dengan Produktivitas Kerja. Psikologi.Fisip-Unmul.Ac.Id, 5(1), 1–10. https://doi.org/ISSN 2477-2674 Wahyuddin. (2015). Pengolahan data dengan Program Statistical package for the Social Sciencess (SPSS) (1st ed.). Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar 2015. Yusuf, M. (2017). METODE PENELITIAN: KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN PENELITIAN GABUNGAN (1st ed.). KENCANA. citation: Adi, Nisrina Azizah dan Handayani, Trisni (2020) Pengaruh Pemanfaatan Laboratorium Terhadap Keterampilan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Mahadhika 1 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15000/1/FKIP_PENDIDIKAN%20EKONOMI_1601085110_NISRINA%20AZIZAH%20ADI.pdf