eprintid: 14998 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/49/98 datestamp: 2022-06-25 05:31:41 lastmod: 2022-06-25 05:31:41 status_changed: 2022-06-25 05:31:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sahara, Mayasari Alawia creators_name: Jusra, Hella creators_id: mayasahara5@gmail.com title: Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Terhadap Self-Efficacy Siswa Kelas VII Pada Materi Segiempat Dan Segitiga ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa serta untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan self-efficacy siswa pada materi segiempat dan segitiga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis korelasi dimana akan menganalisis hubungan dua variabel yaitu kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sequential sampling. Selanjutnya, data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov-smirnov diperoleh nilai signifikansi 0,200 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal, sedangkan uji linearitas diperoleh nilai signifikansi 0,438 > 0,05 maka terdapat hubungan yang linear antara kedua variabel. Pada uji hipotesis digunakan uji korelasi product moment Pearson diperoleh nilai angka signifikansi yaitu 0,016 dan nilai koefisisen korelasi yaitu 0,275. Karena angka signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa kelas VII pada materi segiempat dan segitiga di SMP Negeri 160 Jakarta. Nilai koefisisen korelasi yaitu 0,275 yang berarti bahwa hubungan antara keduanya rendah. Hasil tes tertulis dan wawancara pada enam orang subjek menunjukkan bahwa subjek kemampuan tinggi mampu menyelesaikan masalah dengan menggunakan langkah pemecahan masalah yang tepat sehingga memenuhi keempat indicator kemampuan pemecahan masalah. Subjek kemampuan sedang mampu menyelesaikan soal dengan menggunakan langkah-langkah pemecahan masalah namun belum tepat karena subjek tidak sepenuhnya memahami masalah, sehingga terjadi kesalahan dalam menyelesaikan soal. Sedangkan subjek kemampuan rendah belum mampu menyelesaikan soal dengan langkah-langkah pemecahan masalah dengan tepat. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anisa, W. N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Untuk Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Garut The. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1). https://doi.org/10.4324/9781315853178 Ariani, S., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 25. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.304 Budiarti, L. Y., Akbar, S. N., & Rachmah, D. N. (2015). Analisis Keyakinan Diri Dan Kesejahteraan Psikologis Pedagang Di Pasar Tradisional Darat Dan Pasar Terapung Lok Baintan Sungai Tabuk Martapura. Sosio Konsepsia, 04(02), 108–122. Budiman, H., & Syayyidah, K. N. (2018). PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 11–16. Fitria, N. F. N., Hidayani, N., Hendrian, H., & Amelia, R. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP dengan materi segitiga dan segiempat. Edumatica, 08(1), 49–57. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/edumatica Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033 Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN OPEN ENDED. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109–118. https://doi.org/10.1016/S0962-8479(96)90008-8 Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 24–30. Kurniawati, A. D., & Siswono, T. Y. E. (2014). Pengaruh Kecemasan dan Self Efficacy Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat Siswa Kelas VII MTs Negeri Ponorogo. MATHEdunesa, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 97–102. Novferma, N. (2016). Analisis Kesulitan Dan Self-Efficacy Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 76. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.10403 Nurfauziah, P., Faudziah, L., Nuryatin, S., & Mustaqimah, I. A. (2018). Analisis Self Efficacy Matematik Siswa Kelas VIII SMP 7 Cimahi Dilihat dari Gender (Mathematical Self Efficacy Analysis of Grade VIII Students of SMP 7 Cimahi Viewed from Gender). Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 61–70. http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1046 Pardimin. (2018). Self-Efficacy Matematika Dan Self-Efficacy Mengajar Matematika Guru Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(1), 29–37. https://doi.org/10.17977/um048v24i1p29-37 Pardimin, P., Widodo, S. A., & Purwaningsih, I. E. (2017). Analisis Butir Soal Tes Pemecahan Masalah Matematika. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(1), 69–76. https://doi.org/10.30738/wa.v1i1.1084 Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2017). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas Ix Di Mts Al Hikmah Brebes. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 13(2), 51–68. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-04 Pratiwi, I. (2019). EFEK PROGRAM PISA TERHADAP KURIKULUM DI INDONESIA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157 Rahayuningrum, Y., Setyawan, F., & Khasanah, U. (2018). PROFIL PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs) DILIHAT DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. Jurnal Alphamath, 4(1), 15–22. Resmiati, T., & Hamdan. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(4), 177. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i4.p177-186 Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sd Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diskursus Multy Representation (Dmr). EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 35. https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6176 Ruhyana. (2016). Analisis kesulitan siswa dalam belajar statistik khususnya pada histogram. Jurnal Computech & Bisnis, 10(2), 106–118. Sadewi, A. I., Sugiharto, D., & Nusantoro, E. (2012). Meningkatkan Self Efficacy Pelajaran Matematika Melalui Layanan Penguasaan Konten Teknik Modeling Simbolik. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 1(2). Senthamaria, K., Sivapragasam, C., & Senthilkumar, R. (2016). A Study on Problem Solving in Mathematics of IX Standard Students in Dindigul District. International Journal of Applied Research, 21(2), 35–40. https://doi.org/10.9790/0837-21223540 Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67. Somawati, S. (2018). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(1), 39. https://doi.org/10.29210/118800 Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158 . https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270 Sunaryo, Y. (2017). PENGUKURAN SELF-EFFICACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTs N 2 CIAMIS. Teorema, 1(2), 39. https://doi.org/10.25157/.v1i2.548 Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. December 2019, 10–12. https://doi.org/10.31219/osf.io/pcjvx Ulvah, S., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, 2(2), 142–153. http://hikmahuniversity.ac.id/lppm/jurnal/2016/text07.pdf Umar, R. (2013). MATHEMATIC DAYA AFTER LEARNING CONTEXTUAL BASED COOPERATIVE. JURNAL DAYA MATEMATIS, 1(2), 205–222. Umrana, Cahyono, E., & Sudia, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(1), 67–76. Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166–175. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897 Widiastuti, Rosyana, T., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self-Efficacy Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 35. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i01.12015 Yuliana, W., & Winarso, W. (2019). Penilaian Self Efficacy Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Perspektif Gender. MaPan, 7(1), 41–60. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a4 Zahriah, M.Hasan, & Jalil, Z. (2016). Penerapan Pemecahan Masalah Model Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Dan Hasil Belajar Pada Materi Vektor Di Sman 1 Darul Imarah. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(1), 151–161. citation: Sahara, Mayasari Alawia dan Jusra, Hella (2020) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Terhadap Self-Efficacy Siswa Kelas VII Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14998/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105117_MAYASARI%20ALAWIA%20SAHARA.pdf