eprintid: 14997 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/49/97 datestamp: 2022-06-18 06:33:41 lastmod: 2022-06-18 06:33:41 status_changed: 2022-06-18 06:33:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Alwiyah, Alwiyah creators_name: Emzir, Emzir creators_name: Solihati, Nani creators_id: emzir.emzir@unj.ac.id creators_id: nani_solihati@uhamka.ac.id title: Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture melalui Media e-Learning di SMA Negeri 97 Jakarta ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, e-Learning, Keterampilan Menulis, Narasi abstract: Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis narasi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 97 Jakarta tahun pembelajaran 2017-2018 dengan model pembelajaran kooperatif picture and picture melalui media e-learning dan mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan menulis narasi dengan model pembelajaran kooperatif picture and picture melalui media elearning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan model penelitian tindakan Kemmis & Tagart yang terdiri dari empat tahap pada setiap siklusnya, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dan dilaksanakan sebanyak dua siklus. Pengumpulan data diperoleh melalui tes menulis narasi, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis narasi dengan model pembelajaran kooperatif picture and picture melalui media elearning mulai dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Siklus I dengan nilai rata-rata kelas sebesar 70,78 dalam kategori cukup dan siklus II dengan nilai rata-rata kelas sebesar 82,61 dalam kategori baik. Terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 11,38. Diharapkan agar model pembelajaran kooperatif picture and picture melalui media e-learning dapat diterapkan dalam upaya peningkatan keterampilan menulis narasi. date: 2017-12-24 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Akhadiah,S.dkk. 1988. Menulis. Jakarta: Depdibud. Asih. 2016. Stategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia Asrori, Muhammad. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima Cohen, Louis, Lawrence Manion, dan Keith Morrison. 2007.Research Method in Education. Routledge, Park Square: Milton Park Conrad, K.& TrainingLinks. 2000. Intructional Design for We Based Training. Ambers:HRD Press. Dalman, H. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: rajawali Pres. Darma, Yoce Aliah dan Nini Ibrahim. 2016. Penulisan Karya Ilmiah untuk Mahasiswa dan Perguruan Tinggi. Jakarta: UHAMKA Press. Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Gramedia Pustaka. Emzir. 2015. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Press. Enre, Fahrudin Ambo. 1988. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Jakarta: Depdikbud. Ghani, Abd. Rahman A. 2016. Metodologi Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: Rajawali Pres. Lee,WW dan Owens.D.L. 2004. Multimedia-Based Instructional Design.(2nd Ed). San Francisco: Pfeiffer M.A, Hartoyo. 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Semarang: Pelita Insani. Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press. Nurgiantoro, Burhan. 2014. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE. Istiqomah dan Muhammad Sulton. 2013. Sukses Uji Kompetensi Guru. Jakarta: Dunia Cerdas. Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia. Slavin, Robet E. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media. Suparno dan Yunus Muhammad. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka. Suroso. 2009. Penilaian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pararaton. Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Peningkatan citation: Alwiyah, Alwiyah dan Emzir, Emzir dan Solihati, Nani (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture melalui Media e-Learning di SMA Negeri 97 Jakarta. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14997/1/SPS_INDONESIA_1509057023_ALWIYAH.pdf