TY - THES Y1 - 2017/12/24/ A1 - Alwiyah, Alwiyah A1 - Emzir, Emzir A1 - Solihati, Nani PB - Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka N2 - Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis narasi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 97 Jakarta tahun pembelajaran 2017-2018 dengan model pembelajaran kooperatif picture and picture melalui media e-learning dan mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan menulis narasi dengan model pembelajaran kooperatif picture and picture melalui media elearning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan model penelitian tindakan Kemmis & Tagart yang terdiri dari empat tahap pada setiap siklusnya, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dan dilaksanakan sebanyak dua siklus. Pengumpulan data diperoleh melalui tes menulis narasi, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis narasi dengan model pembelajaran kooperatif picture and picture melalui media elearning mulai dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Siklus I dengan nilai rata-rata kelas sebesar 70,78 dalam kategori cukup dan siklus II dengan nilai rata-rata kelas sebesar 82,61 dalam kategori baik. Terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 11,38. Diharapkan agar model pembelajaran kooperatif picture and picture melalui media e-learning dapat diterapkan dalam upaya peningkatan keterampilan menulis narasi. KW - Model Pembelajaran Kooperatif KW - e-Learning KW - Keterampilan Menulis KW - Narasi TI - Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture melalui Media e-Learning di SMA Negeri 97 Jakarta ID - repository14997 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14997/ AV - public M1 - masters ER -