eprintid: 14995 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/49/95 datestamp: 2022-06-25 05:31:21 lastmod: 2022-06-25 05:31:21 status_changed: 2022-06-25 05:31:21 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ardillah, Chairani creators_name: Nurafni, Nurafni creators_id: chairani.ardillah11@gmail.com creators_id: Nurafni@uhamka.ac.id title: Pengembangan Aplikasi Row and Series Mathematics (RoseMath) Berbasis Android Pada Materi Barisan dan Deret di Tingkat SMA ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi “Row and Series Mathematics (Rose Math)” berbasis Android untuk siswa tingkat SMA, serta mengetahui kualitas produk aplikasi mobile learning yang telah dihasilkan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D. Prosedurnya terdapat 4 tahap, yaitu: 1) pendefinisian (define), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (develop), dan 4) penyebarluasan (disseminate). Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Media yang dikembangkan diuji coba publik dengan 42 responden. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi Rose Math berbasis Android yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media memperoleh rata-rata 89.58% dengan kategori sangat baik. Penilaian ahli materi memperoleh rata-rata 87.43% dengan kategori sangat baik. Uji coba publik memperoleh hasil rata-rata 84.17% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa aplikasi Rose Math berbasis Android pada materi barisan dan deret layak digunakan sebagai sumber pembelajaran matematika di tingkat SMA. Rose Math merupakan aplikasi pembelajaran matematika yang berfokus pada materi barisan dan deret. Aplikasi ini mencakup materi, contoh soal, quiz dan perhitungan rumus. Keunggulan dari Rose Math ini diantaranya, yaitu: 1) mudah di install di smartphone berbasis android, 2) mudah dalam penggunaannya karena dapat digunakan secara offline, dan 3) memiliki konten yang cukup lengkap dibandingkan aplikasi yang beredar di luaran. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia : Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314 Amirullah, G. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android. 38–47. Basari, Khairul. (2015). Bahan Ajar Matematika Lanjutan 3 SMA Negeri 10 Melati Samarinda. Modul Barisan dan Deret. Batubara, H. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI. 3(1), 12–27. Damayanti, S., & Apriyanto, M. T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Barisan dan Deret Bilangan. JSME (Jurnal Sains, Matematika Dan Edukasi), 2(2), 235. Fadillah, R., & Slamet, L. (2019). Perancangan Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android Di SMK Negeri 6 Padang. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 61–70. Karouw, D. T. A. L. S. (2014). Perancangan Mobile Learning. 4(2), 1–5. Komariah, S., & Suhendri, H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. 4, 43–52. Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Kurnia, 1(1), 516–525. Kurniawan, M. F. T., & Rohmani, L. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 72–77. Mardhiyana, D., & Nasution, N. B. (2018). Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Matematika Menggunakan E-Learning dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4 . 0. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2018, 2007, 31–35. Nadhiroh, N. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis higher order thinking skills (HOTS) pada materi termodinamika. Nasution, S. H. (2012). Modul Barisan dan Deret. Pramadana, T. I., Soro, S., & Siswanto, R. D. (2018). Pengembangan Aplikasi Bangun Datar Sederhana ( Bandara ) Matematika Berbasis Android Pada Materi Bangun Datar Sederhana di Tingkat SMP. 3(2502), 2–5. Putri, A. R., & Muzakki, M. A. (2019). Implemetasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Universitas Muria Kudus, 1–7. Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. 95. Setyadi, D. (2017). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Satya Widya, 33(2), 87–92. Solikin, I., & Amalia, R. (2019). Materi Digital Berbasis Web Mobile Menggunakan Model 4D. Sistemasi, 8(3), 321. Surahman, E. (2019). Integrated Mobile Learning System (Imoles) Sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Pebelajar Unggul Era Digital. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 5(2), 50–56. https://doi.org/10.17977/um031v5i22019p050 Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi : Konsep Dasar, Prinsip Aplikatif, Dan Perancangannya. In Media Pembelajaran. Taufik, A. (2020). SATIN – Sains dan Teknologi Informasi Perancangan Mobile Learning untuk Meningkatkan dan Menarik Minat Belajar Ilmu Nahwu Berbasis Android. 6(1). Wisudawan, W., Hendriana, B., Nuriadin, I., & Ramza, H. (2017). Pengembangan Aplikasi Math Mobile Learning Bangun Datar Berbasis Android pada Materi Segitiga dan Segiempat Pelajaran Matematika di Tingkat SMP. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 2(2502), I8–I13. citation: Ardillah, Chairani dan Nurafni, Nurafni (2020) Pengembangan Aplikasi Row and Series Mathematics (RoseMath) Berbasis Android Pada Materi Barisan dan Deret di Tingkat SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14995/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105115_CHAIRANI%20ARDILLAH.pdf