eprintid: 14993 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/49/93 datestamp: 2022-06-25 05:31:34 lastmod: 2022-06-25 05:31:34 status_changed: 2022-06-25 05:31:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sidiq, Ahmad Jafar creators_name: Benny, Benny creators_id: ahmadjafarsidiq17@gmail.com creators_id: benny_hendriana@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-0812-9656 title: Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent pada materi segitiga segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah empat siswa kelas VIII-D SMP Negeri 203 Jakarta. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi waktu. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya kognitif field independent dapat dikategorikan sedang-tinggi pada pencapaian 3-4, hal tersebut dikarenakan peserta didik dengan gaya kognitif field independent secara umum dapat menuliskan hal-hal yang berkaitan dengan masing-masing indikator yang ada terdapat pada penelitian ini.; (2) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya kognitif field dependent dapat dikategorikan rendah-sedang pada pencapaian 0-2, Hal tersebut dikarenakan peserta didik dengan gaya kognitif field dependent secara umum tidak atau kurang dapat menuliskan hal-hal yang berkaitan dengan masing-masing indikator yang terdapat pada penelitian ini.; (3) Kemampuan komunikasi matematis dengan gaya kognitif field independent tidak selalu mampu dalam pencapaian indikator yang ada dan kemampuan komunikasi matematis dengan gaya kognitif field dependent tidak selalu tidak mampu dalam pencapaian indikator yang ada karena, dalam penelitian ini menunjukkan bahwa subjek A-2 dengan kemampuan komunikasi field independent rendah itu hampir sama dengan subjek B-2 dengan kemampuan komunikasi field dependent tinggi. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Achir, Y. S., Usodo, B., & Retiawan, R. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Paedagogia, 20(1), 78. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i1.16600 Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Viii Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.29 Arifin, Z., Trapsilasiwi, D., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII-C SMP Nuris Jember. Jurnal Edukasi, 3(2), 9. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i2.3522 Baiduri, B. (2015). Gaya Kognitif Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Field Dependence-Independence. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika UPGRIS Semarang, 6(1). https://doi.org/10.26877/aks.v6i1/Maret.863 Daimaturrohmatin, D., & Rufiana, I. S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Kolb. Edupedia, 3(1), 17. https://doi.org/10.24269/ed.v3i1.232 Dinda Pratiwi, D. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Sesuai dengan Gaya Kognitif dan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 40–52. Fatmawati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita ditinjau dari Gaya Kognitif. Simki-Techsain, 2(7), 1–11. Fiantika, & Handayani. (2017). JURNAL GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT MATEMATIKA PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT BERDASARKAN GENDER Oleh : NUURUL FADLIILAH Dibimbing oleh : SURAT PERNYATAAN ARTIKEL SKRIPSI TAHUN 2017. 01(07). Kusumaningtyas, S. I., Juniati, D., & Lukito, A. (2017). Pemecahan Masalah Generalisasi Pola Siswa Kelas VII SMP Ditinjuau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 76–84. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.6994 Mailili, W. H. (2018). Deskripsi hasil belajar matematika siswa gaya kognitif field independent dan field dependent. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 1–7. Retrieved from http://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya National Council Of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards For School Mathematics. Pane, Nursyahbany Sitorus. Jaya, Indra. Lubis, M. S. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Penyajian Data Di Kelas VII Mts Islamiyah Medan T.P 2017/2018. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Paut, M. S. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas IV di SD Pujokusuman 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(6), 511–517. Usodo, B. (2011). Profil Intuisi Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent DAN FIELD INDEPENDEN. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNS 2011, 95–172. Wardhana, I. R., & Lutfianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.30738/.v6i2.2213 Wijaya, A. P. (2016). Gaya Kognitif Field Dependent Dan Tingkat Pemahaman Konsep Matematis Antara Pembelajaran Langsung Dan Stad. Jurnal Derivat, 3(2), 1–16. Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36 Yuniarti, Y. (2016). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 6(2), 109–114. https://doi.org/10.17509/eh.v6i2.4575 citation: Sidiq, Ahmad Jafar dan Benny, Benny (2020) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14993/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105111_AHMAD%20JAFAR%20SIDIQ.pdf