eprintid: 14991 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/49/91 datestamp: 2022-06-25 05:31:15 lastmod: 2022-06-25 05:31:15 status_changed: 2022-06-25 05:31:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Iskandar, Luthfiyah Aulia creators_name: Jusra, Hella title: Analisis Sikap Siswa Kelas VIII Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap siswa kelas VIII terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Subjek penelitian berjumlah 79 orang siswa kelas VIII. Dari 79 orang siswa, peneliti memfokuskan lagi kepada tiga orang siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Analisis data yang digunakan adalah analisis dokumen dan transkrip wawancara. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket sikap siswa kelas VIII terhadap matematika. Angket yang disusun terdiri dari 2 bagian, bagian pertama berisikan 5 pertanyaan seputar sikap sedangkan bagian kedua berisikan 31 pernyataan berdasarkan aspek kepercayaan diri, kecemasan matematika, kesenangan matematika, dan self-regulated learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa kelas VIII kadang menyukai dan tidak menyukai matematika. Bagi siswa yang menyukai matematika, mayoritas siswa memiliki alasan bahwa mereka menyukai matematika karena matematika dapat meningkatkan kemampuan, keterampilan atau pengetahuan mereka. Serta dapat merasa kesulitan bahkan kebanyakan merasa bermasalah dengan soal matematika. Sementara itu, bagi siswa yang tidak menyukai matematika, kebanyakan mereka berpendapat bahwa matematika sulit. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa mayoritas siswa kelas VIII memiliki sikap kepercayaan diri serta kecemasan terhadap matematika dalam kategori rendah dan memiliki sikap kesenangan terhadap matematika serta self-regulated learning dalam kategori sedang dan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII berada dalam kategori penilaian baik. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adinawan, M. C. (2017). MATEMATIKA SMP Jilid 2B Kelas VIII Semester 2. Erlangga. Ajzen, I. (1993). Attitude theory and the attitude-behavior relation. In Krebs, D. and Schmidt, P. (Eds), New Directions in Attitude Measurement, January 1993, 41–57. Ajzen, I., & Fishbein, M. (1977). Attitude-Behavior Relations: A Theoretical Analysis and Review of Empirical Research. Psychological Bulletin, 84(5), 347–365. https://doi.org/10.1007/s11614-012-0060-4 Akinmola, E. A. (2014). Developing Mathematical Problem Solving Ability : a Panacea for a Sustainable Development in the 21 St Century. International Journal of Education and Researc, 2(2), 1–8. http://www.ijern.com/journal/February-2014/28.pdf Akinsola, M. K., & Olowojaiye, F. B. (2008). Teacher instructional methods and student attitudes towards mathematics. Interntional Electronic Journal of Mathematics Education, 3(1), 60–73. Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Teorema, 2(1), 39. https://doi.org/10.25157/.v2i1.765 Ariani, S., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 25. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.304 Atan, M., & Kasmin, F. (2017). Assessing Mathematics’™ Attitude among Technical University Students. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(4), 103–115. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v7-i14/3655 Aunurrofiq, M., & Junaedi, I. (2017). Kecemasan Matematik Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 165. Ayob, A., & Yasin, R. M. (2017). Factors Affecting Attitudes Towards Mathematics. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(11), 1100–1109. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v7-i11/3548 Azizah, G. N., & Sundayana, dan R. (2016). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SIKAP SISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AIR DAN PROBING-PROMPTING. Mosharafa, 5(September), 51–62. Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. In Penyusunan Skala Psikologi (2nd ed., pp. 147–150). Pustaka Pelajar. Capuno, R., Necesario, R., Etcuban, J. O., Espina, R., Padillo, G., & Manguilimotan, R. (2019). Attitudes, Study Habits, and Academic Performance of Junior High School Students in Mathematics. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(3), 547–561. https://doi.org/10.29333/iejme/5768 Chatib, M. (2014). Sekolahnya Manusia : Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Kaifa. Çiftçi, K., & Yildiz, P. (2019). The effect of self-confidence on mathematics achievement: The meta-analysis of Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). International Journal of Instruction, 12(2), 683–694. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12243a Di Martino, P., & Zan, R. (2014). The Construct of Attitude in Mathematics Education. Springer International Publishing Switzerland, April, 395–404. https://doi.org/10.1007/978-3-319-06808-4 Elfiadi. (2016). PENGARUH REGULASI DIRI DAN SIKAP PADA MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(1), 157–170. Elvina, A. (n.d.). Hubungan antara Self Regulated Learning Dengan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMUN 53 Di Jakarta Timur. Escalera Chávez, M. E., Moreno García, E., & Rojas Kramer, C. A. (2019). Confirmatory Model to Measure Attitude towards Mathematics in Higher Education Students: Study Case in SLP Mexico. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 163–168. https://doi.org/10.29333/iejme/3984 Fasha, A., Johar, R., & Ikhsan, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metakognitif. Jurnal Didaktik Matematika, 5(2), 53–64. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i2.11995 Fasikhah, S. S., & Fatimah, S. (2013). Self-Regulated Learning (SRL) dalam Meningkatkan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 01(01), 145–155. G., V. K., & Karimi, A. (2010). Mathematics Anxiety, Mathematics Performance and Academic Hardiness in High School Students. International Journal of Educational Sciences, 36(01), 147–150. https://doi.org/10.31901/24566322.2009/01.01.05 Hamza, E. G. A., & Helal, A. M. (2013). Maths Anxiety in College Students across Majors: A Cross-Cultural Study. Educationalfutures, 5(2), 58–74. Hendriana, H. (2014). Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 19(1), 52. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v19i1.424 Hidayat, F., Akbar, P., & Bernard, M. (n.d.). ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIK SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP TERHADAP MATERI SPLDV. Journal On Education, 1(2), 517. Hidayat, W., & Ayudia, D. B. (2019). KECEMASAN MATEMATIK DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 212. Ibrahim, M. (2018). Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Ctl (React). Jurnal Tatsqif, 16(1), 55–77. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.133 Inkeeree, H. K.-, Fauzee, M. S. O.-, & Othman, M. K. H. (2017). The Effect of Students Confidence Level toward Mathematics Performance among Southern Thailand Primary School Children. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 6(2), 20–34. https://doi.org/10.6007/ijarped/v6-i2/2934 Juanda, M., Johar, R., & Ikhsan, M. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Means-ends Analysis (MeA). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 105–113. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.3322.g3651 Kudsiyah, S. M., Novarina, E., & Lukman, H. S. (2017). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS X DI SMA NEGERI 2 KOTA SUKABUMI. Kurniasih, N., Astuti, E. P., & Nugraheni, P. (2016). Pengaruh Readiness dan Self-Confidence terhadap Penguasaan Geometri Transformasi Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 75. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i1.4 Latipah, E. (2010). Strategi Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar: Kajian Meta Analisis. Jurnal Psikologi, 37(1), 110–129. https://doi.org/10.22146/jpsi.7696 Mazana, M. Y., Montero, C. S., & Casmir, R. O. (2018). Investigating Students’ Attitude towards Learning Mathematics. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 207–231. https://doi.org/10.29333/iejme/3997 Nasoetion, N., & dkk. (2008). Evaluasi Pembelajaran Matematika (1st ed.). Universitas Terbuka. Osman, S., Che Yang, C. N. A., Abu, M. S., Ismail, N., Jambari, H., & Kumar, J. A. (2018). Enhancing Students’ Mathematical Problem-Solving Skills through Bar Model Visualisation Technique. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3), 273–279. https://doi.org/10.12973/iejme/3919 Polya. (1945). How to Solve It by G. Pólya. In The Mathematical Gazette (Vol. 30). https://doi.org/10.2307/3609122 Putra, H. D., Putri, W. A. S., Fitriana, U., & Andayani, F. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa SMP. Supremum Journal of Mathematics Education, 2(1), 68. Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. Journal Equilibrium, 5 No. 9, 1–8. yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf Rajkumar, R., & Hema, & G. (2019). Factors Affecting Mathematical Problem Solving Competence of Undergraduate Students in Facing Competitive Examinations. International Journal of Research in Humanities, Arts and Literature, 7(2), 319–328. www.impactjournals.us Riastini, P. N., & Mustika, I. K. A. (2017). Pengaruh Model Polya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD. International Journal of Elementary Education, 1(3), 189. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i3.11887 Sezgin memnun, D., & ÇOBAN, M. (2015). Mathematical Problem Solving: Variables that Affect Problem Solving Success. International Research in Education, 3(2), 110. https://doi.org/10.5296/ire.v3i2.7582 Sudinadji, M. B., & Kumaidi, K. (2019). Pengalaman self regulated learning siswa untuk menghadapi ujian. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 79–95. https://doi.org/10.23917/indigenous.v4i2.7970 Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.)). Alfabeta. Suyitno. (2018). METODE PENELITIAN KUALITATIF : KONSEP, PRINSIP DAN OPERASIONALNYA (A. Tanzeh (ed.)). Akademia Pustaka. Tirtarahardja, U., & Sulo, S. L. La. (2013). Pengantar Pendidikan (Revisi). Rineka Cipta. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. (2003). Waheed, H., & Mohamed, L. (2011). Secondary Students’ Attitude towards Mathematics in a Selected School of Maldives. International Journal of Humanities and Social Science, 1(15), 277–281. http://starcomptechnology.com/wp-content/uploads/2013/04/Secondary-Students’-Attitude-towards-Mathematics-in-a-Selected-School-of-Maldives.pdf Widanti, F. N., Murtiyasa, B., & Ariyanto. (2012). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VIIB Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun 2011/2012). Yavuz, G. (2018). Mathematics Anxiety of Ninth Grade Students. Journal of Education and Training Studies, 6(5), 25. citation: Iskandar, Luthfiyah Aulia dan Jusra, Hella (2020) Analisis Sikap Siswa Kelas VIII Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14991/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105110_LUTHFIYAH%20AULIA%20ISKANDAR.pdf