eprintid: 14988 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/49/88 datestamp: 2022-06-27 01:21:00 lastmod: 2022-06-27 01:21:00 status_changed: 2022-06-27 01:21:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sari, Raden Roro Anggi Trias Ayustha creators_name: Supriansyah, Supriansyah creators_id: supriansyah@uhamka.ac.id title: Pengaruh E-learning Berbasis Aplikasi Google Classroom Terhadap Pembelajaran Efektif Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Kelas X OTKP di SMKN 51 Jakarta Timur ispublished: pub subjects: H subjects: H1 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran e-learning berbasis aplikasi Google Classroom terhadap pembelajaran efektif pada mata pelajaran teknologi perkantoran kelas X otomatisasi tata kelola perkantoran di SMKN 51 Jakarta Timur pada bulan Agustus 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Adapun responden dalam penelitian ini berjumblah 60 responden . Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Sampling yaitu cara pengambilan sampel yang digunakan untuk menentukan sampel bila obyek yang diteliti atau sumber data yang luas, teknik pengambilan sampel ini lebih mengarah kepada berbentuk kelompok bukan pada individu. Setelah data dinyatakan berdistribusi normal dan linier berdasarkan uji normalitas, uji linieritas dan analisis varians (ANAVA) maka dilakukan perhitungan dengan menggunakan regresi linier. Hasil perhitungan regresi linier yang diperoleh Ŷ = 12.94402 + 0.638881 (X) dan hasil perhitungan ANAVA didapat Fhitung lebih kecil dari Ftabel yaitu 1.836 < 1.845. Pengujian hipotesis didapat bahwa R hitung > R tabel (0.6500 > 0.254) dan T hitung > T tabel (6.514 > 2.000) dari hasil pengujian tersebut maka dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, nilai koefisien determinasi (R2) adalah 0.422563 artinya 42.25631 % berarti faktor e-learning berbasis aplikasi Google Classroom berpengaruh terhadap pembelajaran efektif , sedangkan sisanya sebesar 57.75% dipengaruhi oleh variabel dan faktor lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini terdapat pengaruh antara e-learning berbasis aplikasi Google Classroom terhadap pembelajaran efektif pada mata pelajaran teknologi perkantoran kelas X OTKP di SMKN 51 Jakarta Timur. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: A.Pribadi, B. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran (1st ed.). Jakarta: Kencana. Azhar, kaukab abid, & Iqbal, N. (2018). EFFECTIVENESS OF GOOGLE CLASSROOM : TEACHERS ’. 2(2), 52–66. Retrieved from http://prizrenjournal.com/index.php/PSSJ/article/view/39/24 BSNP. (2017). PROSEDUR OPERASIONAL STANDARPENYELENGGARAAN UJIAN NASIONAL. Retrieved January 25, 2020, from https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2017/01/0043-POS-UN-Tahun-2017-FINAL.pdf Darusmanl, H. Y., Mumu, H., & Hamdan, A. (2019). PENERAPAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KEPADA GURU-GURU BAHASA INGGRIS SMP DI SUBANG. Jurnal Pengabdia Kepada Masyarakat IKIP Siliwangi, 02, 62–72. Retrieved from file:///C:/Users/User/Downloads/3281-7749-1-PB.pdf Daryanto. (2016). Media Pembelajaran (Agus, Ed.). Yogyakarta: Gava Media. Dewi, R. K. (2020, March 3). “Positif Terinfeksi, Indonesia Resmi Masuk Peta Sebaran Virus Corona Global.” Kompas.Com. Retrieved from https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/03/084500765/positif-terinfeksi-indonesia-resmi-masuk-peta-sebaran-virus-corona-global Dewi Salma Prawiradilaga. (2013). Mozaik Teknologi Pendidikan e-learning (D. Ariani & H. Handoko, Eds.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group. DIKTI, K. R. (2003). Undang-Undang RI Tentang Sistem Pendidikan https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004 Ginanjar, R. (n.d.). PANDUAN MENGGUNAKAN CLASSROOM. Retrieved January 23, 2020, from https://www.classroom.hsks.sch.id/src/panduan_classroom_siswa.pdf Gunawan, I. (2016). Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Ihsanuddin. (2020, March 16). Jokowi: Kerja dari Rumah, Belajar dari Rumah, Ibadah di Rumah Perlu Digencarkan. Kompas.Com. Retrieved from https://nasional.kompas.com/read/2020/03/16/15454571/jokowi-kerja-dari-rumah-belajar-dari-rumah-ibadah-di-rumah-perlu-digencarkan 130 Imaduddin, M. (2018). Membuat Kelas Online Berbasis Android Dengan Google Classroom: Terobosan Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0 (1st ed.; M.Imaduddin, Ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=ILF7DwAAQBAJ&dq=google+classroom+adalah&source=gbs_navlinks_s Iskandar, A., Sudirman, A., Safitri, M., Sulaiman, oris krianto, Ramadhani, R., Wahyuni, D., … Simarmata, J. (2020). Aplikasi Pembelajaran Berbasis TIK ( Moodle, Geogebra,Whiteboard Animation, Autograph, Desmos, Quizzizz,Kahoot, Edmodo, Google Classroom dan berbasis destokp) (1st ed.; T. Limbong, Ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=_LfQDwAAQBAJ&pg=PA143&dq=efektivitas+pembelajaran+e-learning+berbasis+google+classroom&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwjuzLTyxODoAhWBUn0KHZXrCtUQ6AEIKzAA#v=onepage&q=efektivitas pembelajaran e-learning berbasis Google Classroom&f kemendikbud. (2015). Menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia. Retrieved January 25, 2020, from https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/un/2015/Permendikbud5-2015KriteriaKelulusanPesertaDidikUN.pdf Kemendikbud. (2015). Peraturan Pemerintah No.13 Tahun 2015 tentang Perubahan kedua atas Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Retrieved January 25, 2020, from http://iainpurwokerto.ac.id/wp-content/uploads/2018/07/PP_NO_13_2015_Perubahan_kedua_PP19.pdf Lidia Simanihuruk, Simarmata, J., Sudirman, A., Hasibuan, M. S., Safitri, M., Sulaiman, … Hafni, Y. (2019). E-Learning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya (1st ed.; T. Limbong, Ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=hhDGDwAAQBAJ&pg=PA48&dq=google+classroom&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwiFmvWT6NPoAhXNZCsKHZs1DewQ6AEIWjAH#v=onepage&q&f=false Nadziroh, F. (2017). Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran. JURNAL ILMU KOMPUTER DAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (JIKDISKOMVIS) Volume 2 No. 1 Desember 2017 ISSN: 2541-4585, 2(1), 1–14. Retrieved from file:///C:/Users/User/Downloads/127-479-1-SM.pdf Nofrion. (2016). Komunikasi Pendidikan (Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran) (1st ed.; I. Fahmi & E. Wahyudi, Eds.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=PnpXDwAAQBAJ&pg=PA59&dq=pembelajaran+efektif+adalah&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwie7dHigYnqAhVNlEsFHWCzDVsQ6AEIPjAC#v=onepage&q=pembelajaran efektif adalah&f=false 131 Pradana, D. B. P., & Harimurti, R. (2017). PENGARUH PENERAPAN TOOLS GOOGLE CLASSROOM PADA MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Diemas Bagas Panca Pradana Pendidikan Teknologi Informasi , Fakultas Teknik , Universitas Negeri Surabaya , Email : diemaspradana@mhs.une. Retrieved from http://prizrenjournal.com/index.php/PSSJ/article/view/39/24 Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian (Untuk guru-karyawan dan peneliti pemula) (Husdarta, Akdon, N. Mulyono, & Subandi, Eds.). Bandung: ALFABETA, cv. Rusli, M., Hermawan, D., & Supuwiningsih, ni nyoman. (2017). Multimedia Pembelajaran yang Inovatif (prinsip dasar dan model pengembangan) (1st ed.; R. Utami, Ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=8exDDwAAQBAJ&pg=PT88&dq=pembelajaran+e-learning&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwipk-PExeDoAhUYb30KHSYfD8oQ6AEIiAEwCQ#v=onepage&q=pembelajaran e-learning&f=false Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2012). Pembelajara Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (2nd ed.). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Sabaran, & Sabara, E. (2017). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. 122–125. Retrieved from file:///C:/Users/User/Downloads/8256-19222-1-SM.pdf Saifuddin. (2018). Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis (1st ed.; U. pebri Hastanto & R. Selvasari, Eds.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=NR1mDwAAQBAJ&pg=PA112&dq=pembelajaran+efektif+adalah&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwi32N3CIjqAhXVwjgGHSPdC0UQ6AEIRTAD#v=onepage&q=pembelajaran efektif adalah&f=false Sari, I. N. (2019). TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA SKRIPSI Oleh : Nama No . Mahasiswa : Isna Normalita Sari FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA (UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA). Retrieved from https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/13733/isna normalita sari.pdf?sequence=1&isAllowed=y Sudjana. (2005). METODA STATISTIKA. Tarsito. Sugiyono. (2016b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In penelitian (23rd ed., p. 334). Bandung: alfabeta. 132 Suyanto, & Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=nMEVBQAAQBAJ&pg=PA101&dq=pembelajaran+efektif+adalah&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwi32N3C-IjqAhXVwjgGHSPdC0UQ6AEIWDAF#v=onepage&q&f=false Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan-FIP-UPI. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan (2nd ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=B8cfnF69lOEC&pg=PA63&dq=pembelajaran+efektif+adalah&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwi32N3C-IjqAhXVwjgGHSPdC0UQ6AEIKDAA#v=onepage&q&f=false Triwiyanto, T. (2014). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. Retrieved February 23, 2020, from http://mbscenter.or.id/site/page/id/303/page_action/viewdetail Wahyuningsih, D., & Makmur, R. (2017). E-Learning Teori dan Aplikasi (1st ed.). Bandung: Informatika. Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian (1st ed.; haitamy El Jaid & J. Yuniarto, Eds.). Yogyakarta: pustaka pelajar. Yaniawati, R. P. (2016). E-Learning: Alternatif Pembelajaran Kontemporer (Revisi; I. Dharmawan, Ed.). Bandung. Yusuf, B. B. (2017). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 1(2), 13–20. https://doi.org/26210533 citation: Sari, Raden Roro Anggi Trias Ayustha dan Supriansyah, Supriansyah (2020) Pengaruh E-learning Berbasis Aplikasi Google Classroom Terhadap Pembelajaran Efektif Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Kelas X OTKP di SMKN 51 Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14988/1/FKIP_PENDIDIKAN%20EKONOMI_1601085097_RADEN%20RORO%20ANGGI%20T.A.S.pdf