eprintid: 14985 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/49/85 datestamp: 2022-06-25 05:31:03 lastmod: 2022-06-25 05:31:03 status_changed: 2022-06-25 05:31:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Taqiyyah, Atikah creators_name: Siswanto, Rizki Dwi creators_id: tikataqiyyah@gmail.com title: Pengembangan Game Edukasi Story Math Game: Addition and Subtraction Berbasis Android ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan aplikasi game edukasi Story Math Game: Addition and Subtraction dengan menguji cobakan aplikasi kepada dosen ahli, guru SD dan orang tua murid SD. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Four-D (4D). Sampel yang digunakan adalah sampel acak berstrata (Stratified Random Sampling). Rata-rata dari hasil validasi dari ahli ditinjau dari aspek kualitas tampilan sebesar 95,83% dengan kriteria sangat baik, ditinjau dari aspek text tulisan sebesar 100% dengan kriteria sangat baik, ditinjau dari aspek rekayasa perangkat lunak sebesar 96,87% dengan kriteria sangat baik, ditinjau dari aspek music sebesar 90,62% dengan kriteria sangat baik. Hasil rata-rata persentase validasi ahli sebesar 96,53% dengan kriteria sangat baik, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi game edukasi sudah termasuk layak untuk digunakan. Hasil rata-rata persentase uji coba game edukasi dari guru SD sebesar 97,78% dengan kriteria sangat baik dan hasil rata-rata persentase uji coba game edukasi dari orang tua SD sebesar 88% dengan kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan dari hasil rata-rata persentase edukasi guru SD dan orang tua SD bahwa uji coba game edukasi sudah termasuk layak untuk digunakan. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Amaral, G., Bushee, J., Cordani, U. G., KAWASHITA, K., Reynolds, J. H., ALMEIDA, F. F. M. D. E., de Almeida, F. F. M., Hasui, Y., de Brito Neves, B. B., Fuck, R. A., Oldenzaal, Z., Guida, A., Tchalenko, J. S., Peacock, D. C. P., Sanderson, D. J., Rotevatn, A., Nixon, C. W., Rotevatn, A., Sanderson, D. J., … Junho, M. do C. B. (2013). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. In Journal of Petrology (Vol. 369, Issue 1). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Anwar, R. B. (2011). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Anak Usia Dini (Tingkat Pra Sekolah/Tk) Dan Alternatif Pemecahannya. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 1(1). https://doi.org/10.24127/gdn.v1i1.354 Arikunto. Suharsimi. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Cabanban, L. C. G. (2013). Development of mobile learning using android platform. International Journal of Information Technology & Computer Science, 9(1), 98–106. http://ijitcs.com/volume 9_No_1/Christianne.pdf Hallajian, M. (2016). The effects of computer games on increasing students ’ creative thinking. 213–220. Huizenga, J., Admiraal, W., Akkerman, S., & Ten Dam, G. (2009). Mobile game-based learning in secondary education: engagement, motivation and learning in a mobile city game: Original article. Journal of Computer Assisted Learning, 25(4), 332–344. https://doi.org/10.1111/j.1365-2729.2009.00316.x Lee, W.-M. (2011). Beginning Android Application Development. Indiana: Wiley Publishing. Mariyani, A., Nurwulandari, I., Ula, W. R. R., Sholihah, H. I., Rofiq, M. A., & Nurlaily, V. A. (2020). Development of Learning Book Based on Guided Inquiry the Topic Water Cycle in Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1477(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/4/042020 Navarrete, C. C. (2013). Creative thinking in digital game design and development: A case study. Computers and Education, 69, 320–331. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2013.07.025 Otero, A. R., & Otero, A. R. (2018). System Development Life Cycle. Information Technology Control and Audit, January 2004, 201–236. https://doi.org/10.1201/9780429465000-8 Pramadana, T. I., Soro, S., & Siswanto, R. D. (2019). Pengembangan Aplikasi Bangun Datar Sederhana (Bandara) Matematika Berbasis Android Pada Materi Bangun Datar Sederhana di Tingkat SMP. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 3(2502), 13. https://doi.org/10.22236/teknoka.v3i0.2894 Purwanto, Ngalim. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. Qian, M., & Clark, K. R. (2016). Game-based Learning and 21st century skills: A review of recent research. Computers in Human Behavior, 63, 50–58. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.05.023 Rais, Muhammad. (2017). Skripsi: Rancang Bangun Aplikasi Game Math Race Berbasis Android. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Roohi, F. (2012). Role of Mathematics in the Development of Society. National Meet on Celebration of National Year of Mathematics, 1–14. http://www.ncert.nic.in/pdf_files/final-article-role of mathematics in the development ofsociety-ncer-.pdf Sharma, Anju. (2013). Information System and System Development Life Cycle. Researchgate. DOI: 10.4018/978-1-4666-3679-8.ch007. Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232. Siswanto, R.D., Hilda, A. M., & Azhar, E. (2019). Development Combinatorics Realistic Mathematics Education Application based on the Android Mobile. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(6), 123-140 Sudijono, A. (2017). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Wisudawan, W., Hendriana, B., Nuriadin, I., & Ramza, H. (2017, November). Pengembangan Aplikasi Math Mobile Learning Bangun Datar Berbasis Android Pada Materi Segitiga Dan Segiempat Pelajaran Matematika Di Tingkat SMP. In Prosiding Seminar Nasional Teknoka (Vol. pp. I8-I13). Yeh, C. Y. C., Cheng, H. N. H., Chen, Z. H., Liao, C. C. Y., & Chan, T. W. (2019). Enhancing achievement and interest in mathematics learning through Math-Island. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 14(1). https://doi.org/10.1186/s41039-019-0100-9 citation: Taqiyyah, Atikah dan Siswanto, Rizki Dwi (2020) Pengembangan Game Edukasi Story Math Game: Addition and Subtraction Berbasis Android. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14985/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105105_ATIKAH%20TAQIYYAH.pdf