eprintid: 14977 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/49/77 datestamp: 2022-06-25 05:32:58 lastmod: 2022-06-25 05:32:58 status_changed: 2022-06-25 05:32:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fadilah, Diar creators_name: Faradillah, Ayu creators_id: diarfadilah98@gmail.com creators_id: ayufaradillah@uhamka.ac.id title: Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Cadudasa sebagai Learning ExerciseI bagi Siswa dalam Pembelajaran Matematika ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan aplikasi mobile learning Cadudasa sebagai learning exercise bagi siswa dalam pembelajaran matematika. Kemudian untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran mobile learning Cadudasa sebagai learning exercise. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Four-D (4D). Penelitian ini menggunakan angket analisis awal yang disebarkan kepada siswa untuk mengetahui kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran mobile learning. Kelayakan dari media pembelajaran mobile learning diukur dengan menggunakan angket yang diberikan kepada tiga orang ahli media, lalu angket diberikan kepada empat puluh orang siswa di SMA Negeri 106 Jakarta sebagai responden uji coba untuk mengetahui tanggapan terhadap aplikasi mobile learning Cadudasa. Berdasarkan hasil penelitian, aplikasi mobile learning Cadudasa mendapatkan penilaian kelayakan oleh ahli media dengan persentase 84,44% dengan kategori baik. Respon siswa terhadap aplikasi mobile learning Cadudasa mendapatkan hasil 85,55% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menujukan bahwa aplikasi mobile learning Cadudasa dinyatakan layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran di sekolah. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Al-Emran, M., Elsherif, H. M., & Shaalan, K. (2016). Investigating attitudes towards the use of mobile learning in higher education. Computers in Human Behavior, 56, 93–102. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.11.033 Amirullah, G., & Hardinata, R. (2017). Pengembangan Mobile Learning Bagi Pembelajaran. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 4(02), 97. https://doi.org/10.21009/jkkp.042.07 Amirullah, G., & Susilo, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 38. https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2555 Apsari, P. N., & Rizki, S. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Program Linear. Jurnal Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(1). https://doi.org/10.1299/jsmemag.121.1191_47 Arifin, M., Suyitno, H., & Dewi, N. R. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Problem Based Learning Berbantuan Mobile Learning Era Disrupsi. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 376–383. Aripin, I. (2018). Konsep dan Aplikasi Mobile Learning Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Bio Educatio, 3(1), 01–09. Erlinawati, N. A., Suherman, U., Darmawan, D., Program, D., D3, S., Stikes, K.,Husada, K., & Garut, K. (2016). Media Pembelajaran Mobile Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Kemampuan Praktikum Mahasiswa Stikes Karsa Husada Garut. Harpad, B., Salmon, & Paran, Y. R. (2019). Penerapan Algoritma Shuffle Random Pada Game Edukasi. 476–481. Juansyah, A. (2015). Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System ( A-GPS ) Dengan Platform Android. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), 1–8. elib.unikom.ac.id/download.php?id=300375 Kim, D., Rueckert, D., Kim, D., & Seo, D. (2013). Students ’ Perceptions Erceptions Rception of. 17(3), 52–73. Labib, U. A., & Yolida, B. (2019). Pengembangan Aplikasi berbasis Android yang Terintegrasi dengan Website sebagai Media Pembelajaran Biologi. In Jurnal Bioterdidik (Vol. 7, Issue 5). Lamb, R. L., Annetta, L., & Meldrum, J. (2012). Measuring science interest: rasch validation of the science interest survey. August 2011, 643–668. Lavin-Mera, P., Torrente, J., Moreno-Ger, P., Vallejo Pinto, J. A., & Fernández-Manjón, B. (2009). Mobile Game Development for Multiple Devices in Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 4(s2), 19–26. https://doi.org/10.3991/ijet.v4s2.910 Lynnette, C., & Cabanban, G. (2013). Development of Mobile Learning Using Android Platform. International Journal of Information Technology & Computer Science, 9(1), 98–106. http://ijitcs.com/volume 9_No_1/Christianne.pdf Majid, A. (2012). Mobile learning. https://doi.org/10.1093/elt/ccs064 Mansyur, T. M. (2013). Pengaruh Pemberian Tugas dan Posisi Tempat Duduk Terhadap Hasil Belajar Statisti Pendidikan. Jurnal Kreatif Tadulako, 26–34. https://media.neliti.com/media/publications/123081-1D-none.pdf Mulyatiningsih, E. (2008). Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan. 1, 409–423. Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. In Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET (Vol. 6, Issue 2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706 Pramadana, T. I., Soro, S., & Siswanto, R. D. (2019). Pengembangan Aplikasi Bangun Datar Sederhana (Bandara) Matematika Berbasis Android Pada Materi Bangun Datar Sederhana di Tingkat SMP. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 3(2502), 13. https://doi.org/10.22236/teknoka.v3i0.2894 Purbasari, R. julia, Kahfi, M. S., & Yunus, M. (2013). Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Dimensi Tiga Untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Online Universitas Negeri Malang, 1–11. http://lib.unnes.ac.id/3749/ Ramadan, F. A., & Arfinanti, N. (2019). Pengembangan Mobile Learning RENSI. JPPM 2019. https://doi.org/10.1093/elt/ccs064 Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613 Sari, D. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI. In Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.952 Sari, I. W., & Sumuslistiana. (2019). Pengaruh Penggunaan Mobile Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Program Linier Di Kelas Xi Sma Widya Darma Surabaya. Jurnal Widyaloka IKIP WIDYA DARMA, 6(1), 82–93. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta. Suranto. (2016). Analisis Pemanfaatan M-Leraning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. The Progressive and Fun Education Seminar, 257–264. Suryani, N., Musahrain, & Suharno. (2017). Pengaplikasian Mobile Learning Sebagai Media dalam Pembelajaran Prosiding Seminar Pendidikan Nasional. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional, 125–131. https://doi.org/10.1007/BF00350647 Sutriani, M. B., Tandiayuk, & Paloloang, B. (2014). Penerapan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan di Kelas V SDN 2 Bukit Harapan. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(1), 18–34. citation: Fadilah, Diar dan Faradillah, Ayu (2020) Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Cadudasa sebagai Learning ExerciseI bagi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14977/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105101_DIAR%20FADILAH.pdf