eprintid: 14974 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/49/74 datestamp: 2022-06-25 05:32:47 lastmod: 2022-06-30 11:43:14 status_changed: 2022-06-25 05:32:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Julianti, Devi creators_name: Azhar, Ervin creators_id: devi.julianti40@gmail.com creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel di SMP Negeri 89 Jakarta ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada siswa kelas VII SMP Negeri 89 Jakarta pada semester 1 tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperiment. Populasi penelitian ini 71 siswa terdiri dari 35 siswa di kelas eksperimen dan 36 siswa di kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Pada uji validitas sebanyak 10 soal uraian dengan 6 soal valid dan 4 soal drop. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh rhitung = 0,491 > rtabel = 0,339, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors Galat Taksiran diperoleh Lo 0,138 < Lt 0,151, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung 1,08 < Ftabel 1,77, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung 4,446 dengan ttabel 1,995 pada alfa = 0,05, maka dengan demikian H0 ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada hasil belajar matematika siswa Pada Pokok Bahasan Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel di SMP Negeri 89 Jakarta. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ananggih, G. W., Yuwono, I., & Sulandra, I. M. (2019). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman MAatematika. Jurnal Pendidikan, 1(1), 18–23. Arlis, R. S., & Saputra, R. M. (2014). P Engembangan M Odul K Onversi M Etadata Spot 5 V Irtual R Eception. Prosiding Seminar Nasional Penginderaan Jauh 2014, September, 58–61. Darmani, J. W., & Renaldi, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dengan Doolittle, P., Hicks, D., Triplett, C., Nichols, W., & Young, C. (2006). Reciprocal teaching for reading comprehension in higher education: A strategy for fostering the deeper understanding of texts. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 17(2), 106–118. Fieldtrip. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 373–380. https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3108 Haerini, R., Fauzan, G. A., & Bernard, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Smp Di Era Teknologi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 229. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p229-236 Holis, M. N. (2016). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Smp Di Kabupaten Konawe. Jurnal Penelitian Pendidkan Matematika, 4(2), 141–152. Hosnan, M., & Sikumbang, R. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: kunci sukses implementasi kurikulum 2013. https://books.google.co.id/books?id=tlG4oQEACAAJ Ii, B. A. B. (2016). Bab ii kajian teoritis. 2012, 13–45. Kusrini, S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penggabungan Metode Drill dan Demonstrasi Siswa Kelas I-B MIN Wonosari Tahun Pelajaran 2016 / 2017. 3. Mania, S., Raoda, W., Rasyid, M. R., & Tayeb, T. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Motivasi Belajar the Effectiveness of Reciprocal Teaching Model Implementation on Learning Motivation and. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 14–25. Model, P., Karakter, P., Meningkatkan, U., & Matematis, K. (2012). Pembelajaran Model Reciprocal Teaching Bernuansa Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Komuniasi Matematis. Unnes Journal of Research Mathematics Education, 1(2). Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Unsika, 2(1), 13–23. Sumiartini, N., Ardana, I. M., & Ariawan, I. P. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Reading Concept Map Reciprocal Teaching (Remap Rt) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 9(1), 73. https://doi.org/10.23887/jjpm.v9i1.19891 Syarifuddin, A. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Ta’dib, 16(01), 113–136. citation: Julianti, Devi dan Azhar, Ervin (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel di SMP Negeri 89 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14974/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105098_DEVI%20JULIANTI.pdf