eprintid: 14968 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/49/68 datestamp: 2022-06-25 05:32:52 lastmod: 2022-06-25 05:32:52 status_changed: 2022-06-25 05:32:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Elbees, Sabila Difhayanti creators_name: Soro, Slamet creators_id: sabilaelbees@gmail.com title: Pengaruh Pemberian Tes Formatif dengan Reward terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP Negeri 9 Jakarta ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh pemberian tes formatif dengan reward score terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 9 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian jenis Quasi Experimental menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Group Desain. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Jakarta pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang diambil secara acak sebanyak 71 siswa yang terdiri dari kelas VIII-A yang dijadikan kelas eksperimen dan kelas VIII-F yang dijadikan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes objektif bentuk pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal. Instrumen terlebih dahulu dilakukan dengan uji validitas logis oleh guru di SMA Negeri 1 Tarumajaya. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Untuk uji normalitas dengan uji Lilliefors diperoleh dari kedua data kelas tersebut berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas dengan uji Fisher, dapat disimpulkan bahwa varians kedua kelas tersebut tidak sama. Setelah itu, uji hipotesis menggunakan uji-tˈ karena dari kedua data tidak homogen. Diperoleh thitung = 3,343 > 1,995 = ttabel , yang mengakibatkan tolak HO pada taraf signifikansi alfa = 0,05 dengan Effect Size sebesar 0,703 yang tergolong sedang. Dengan demikian hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian tes formatif dengan reward score terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 9 Jakarta. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta. Arikunto, S. (2018). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan (2nd ed.). Jakarta: Bumi Aksara. Dimyati. (2013). Belajar & Pembelajaraan. Jakarta: PT Rineka Cipta. Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika (1st ed.). Malang: Universitas Negeri Malang. Kurniawan, M. P. K. (2017). Efektifitas Pembinaan Moral Anak Kelompok B Melalui Pemberian Reward dan Punishment. Jurnal Ilmiah Pendidian Anak, I(1), 133–149. Ngalimun. (2018). Evaluasi & Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu. Purwanto, M. N. (2011). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Rajagukguk, W. (2015). Evaluasi Hasil Belajar Matematika. Yogyakarta: Media Akademi. Rosidin, U. (2017). Evaluasi dan Asesmen Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi. Siti Sarmiati, Kadir, Anwar Bey, U. R. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Dukungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kusambi. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 10,(No. 1), 77–88. Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method (2nd ed.). Depok: PT RajaGrafindo Persada. Sudjana. (2005). Metoda Statistika (7th ed.). Bandung: Tarsito. Sudjana, N. (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Suriasumantri, J. (2007). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. Suyono. (2011). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru (A. S. Wardan, ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Uno, H. (2011). Teori Motivasi & Pengukuran. Jakarta: Bumi Aksara. Widianti, Sri Hartini, L. S. A. (2018). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dengan Tipe Think Pair Share. None, VII(2), 155–161. https://doi.org/10.5281/zenodo.2548085 Yusuf Aditya, D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023 citation: Elbees, Sabila Difhayanti dan Soro, Slamet (2020) Pengaruh Pemberian Tes Formatif dengan Reward terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP Negeri 9 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14968/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105096_SABILA%20DIFHAYANTI%20ELBEES.pdf