eprintid: 14963 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/49/63 datestamp: 2022-06-25 05:32:35 lastmod: 2022-06-25 05:32:35 status_changed: 2022-06-25 05:32:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Amelia, Meyta creators_name: Kurniasih, Meyta Dwi creators_id: meyta20@gmail.com creators_id: meyta.dkurniasih@uhamka.ac.id title: Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Melalui Pembelajaran Matematika Materi Lingkaran ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik pada tingkat Sekolah Menengah Pertama pada materi lingkaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 111 Jakarta Tahun Ajaran 2020/2021 dengan populasi Kelas IX-4 sebanyak 35 peserta didik. Sampel penelitian diambil dengan teknik Purposive Sampling dengan mengambil sebanyak 6 orang peserta didik dengan kemampuan awal matematis berbeda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Data penelitian diperoleh dari analisis jawaban peserta didik terhadap tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis tidak bisa ditentukan hanya dengan kemampuan awal matematis melainkan dengan melakukan tes uji coba dan wawancara. Dari hasil analisis tes dan wawancara kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis pada materi lingkaran masih tergolong rendah. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdullah, A. A., & Suhartini, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Statistika Berbasis Pendidikan Politik Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Gantang, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.63 Ali, H., & Rarini, M. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. In Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada. Amri, S., & Ahmadi, L. K. (2010). Proses Pembelajaran Inovatif dan Kreatif Dalam Kelas. In Jakarta Pustakaraya. Asmawati. (2017). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar. Artikel Tesis, 2(1), 44–53. Chasanah, A. N. (2019). Pembelajaran Model Cognitive Growth Berbasis Scientific Approach untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Berpikir Kritis. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.2986 Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) dan Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217–230. Desmita, D. (2009). Psikologi perkembangan peserta didik: panduan bagi orang tua dan guru dalam memahami psikologi anak usia SD, SMP dan SMA. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=IXyvtQEACAAJ Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.3325 KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ). Kementerian Pendidikan Dan Budaya. Lawshe, C. H. (1975). a Quantitative Approach To Content Validity. Personnel Psychology, 28(4), 563–575. https://doi.org/10.1111/j.1744-6570.1975.tb01393.x Mahmuzah, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang, 4(1). Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 103. Nasoetion, N. (2008). Evaluasi Pembelajaran Matematika (1st ed.). Jakarta: Jakarta: Universitas Terbuka. Punding, W. (2019). Punding: Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran. Jurnal Pendidikan, 13–16. Rahmawati, N. T. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa pada Pembelajaran SSCS dengan Tinjauan Metakognisi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, (2), 150–160. Rifaatul Mahmuzah. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang, 4(1). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.123 Rismawati, melinda. (2016). Mengembangkan Peran Matematika Sebagai Alat Berpikir Ilmiah Melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study. Vox Edukasi, 7(2), 100–111. Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Perilaku Organisasi Jilid II. Salemba Empat. https://doi.org/10.1097/ACM.0b013e31821db670 Rohmah, F. S. (2015). Pembelajaran Berbasis Masalah Kaitannya dengan Kemampuan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY. Ruggiero, V. R. (2012). Beyond Feelings. A Guide To Critical Thinking (9th ed.; B. Mejia, Ed.). New York: McGraw Hill. Runisah, R. R. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Melalui SQ3R. Euclid, 6(2), 145. https://doi.org/10.33603/e.v6i2.2216 Setiawan, W. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Dengan Menggunakan Model Penemuan Terbimbing. P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 91. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p91-97.168 Su, H. F. H., Ricci, F. A., & Mnatsakanian, M. (2016). Mathematical teaching strategies: Pathways to critical thinking and metacognition. International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 190–200. Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, dan R&D. In Alfabeta Bandung (21st ed.). Bandung: Alfabeta. Susilowati, Sajidan, & Ramli, M. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Magetan. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Negeri Di Kabupaten Magelang,21(2000), 223–231. Retrieved from http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/viewFile/11417/8102 Suwarma, D. M. (2009). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika (Suatu Alternatif Pembelajaran) (p. 13). p. 13. Jakarta, Indonesia: Cakrawala Maha Karya. Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Paper of Matematohir, 2(1), 1–2. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/8Q9VY Zanthy, L. S. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau Dari Latar Belakang Pilihan Jurusan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Di Stkip Siliwangi Bandung. TEOREMA : Teori Dan Riset Matematika, 1(1), 47. https://doi.org/10.25157/teorema.v1i1.540 citation: Amelia, Meyta dan Kurniasih, Meyta Dwi (2020) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Melalui Pembelajaran Matematika Materi Lingkaran. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14963/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105093_MEYTA%20AMELIA.pdf