eprintid: 14962 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/49/62 datestamp: 2022-06-25 05:32:24 lastmod: 2022-06-25 05:32:24 status_changed: 2022-06-25 05:32:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Safitri, Laila Nur creators_name: Benny, Benny creators_id: Lailasafitri661@gmail.com creators_id: benny_hendriana@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-0812-9656 title: Karakteristik Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA berdasarkan Taksonomi SOLO ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kemampuan komunikasi matematis berdasarkan taksonomi SOLO dari masing-masing tingkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif untuk memperjelas karakteristik kemampuan komunikasi matematis siswa. Sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Pada hasil tes analisis kemampuan komunikasi matematis dengan sampel 104 siswa didapat perolehan skor tertinggi adalah 95,8 dan skor yang terendah adalah 8,3. Karakteristik kemampuan komunikasi matematis tinggi dapat menggunakan informasi atau data yang terhubung namun tidak ada hubungan diantara data tersebut sehingga kurang relevan. Siswa mampu mencapai level respon multi-struktural. Pada kemampuan komunikasi matematis sedang, siswa hanya menggunakan sedikitnya informasi untuk proses pemecahan masalah namun tidak relevan dan dapat menyimpulkan namun proses yang dibuatnya tidak benar sehingga kesimpulan tidak relevan. Siswa mampu mencapai level respon uni-struktural. Pada kemampuan komunikasi matematis rendah, siswa hanya menggunakan sedikitnya informasi untuk proses pemecahan masalah namun tidak relevan dan dapat menyimpulkan namun proses yang dibuatnya tidak benar sehingga kesimpulan tidak relevan, siswa pada karakteristik tersebut terdapat di level uni-struktural. Siswa memiliki sedikitnya informasi yang bahkan tidak ada hubungan antara objek masalah dengan strategi solusi sehingga konsepnya tidak memiliki makna dan siswa mencapai level respon pra-struktural. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Afriyani, D., Sa’dijah, C., Subanji, S., & Muksar, M. (2018). Characteristics of Students’ Mathematical Understanding in Solving Multiple Representation Task based on Solo Taxonomy. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3). https://doi.org/10.12973/iejme/3920 Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Gantang, 3(2), 83–95. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.471 Ary, D., dkk (2011). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Ayu Herdini, R., Suyitno, H., Marwoto, P., Raya, K. K., Kulon, T., & Tengah, J. (2019). Mathematical Communication Skills Reviewed from Self-Efficacy by Using Problem Based Learning (PBL) Model Assisted with Manipulative Teaching Aids Article Info. Journal of Primary Education, 8(1), 75–83. https://doi.org/10.15294/jpe.v8i1.25311 Biggs, J. B. (John B., & Collis, K. F. (Kevin F. (1982). Evaluating the quality of learning : the SOLO taxonomy (structure of the observed learning outcome). Academic Press. Chatib, M. (2016). Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa Learning. Chick, H. (1998). Cognition in the Formal Modes: Research Mathematics and the SOLO Taxonomy. Mathematics Education Research Journal, 10(2), 4-26. Davies, I. K. (1991). Pengelolaan Belajar. Jakarta: Rajawali. Ekawati, R., Junaedi, I., & Nugroho, S. E. (2013). UJMER 2 (2) (2013) STUDI RESPON SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer Hadeli. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Quantum Teaching. Indrawan, R. dan Yaniawati, P. (2016). METODOLOGI PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan (Revisi). Bandung: refika Aditama. Mulbar, U., Rahman, A., & Ahmar, A. S. (2017). Analysis of the ability in mathematical problem-solving based on SOLO taxonomy and cognitive style. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(1), 68–73. https://doi.org/10.26858/wtetev15i1y2017p6873 NCTM (2000). Principles and Standards for School. Paridjo, P., &Waluya, S. B. (2017). Analysis Mathematical Communication Skills Students In The Matter Algebra Based Nctm. IOSR Journal of Mathematics, 13(1), 60–66. https://doi.org/10.9790/5728-1301056066 Perwitasari, D., & Surya, E. (2017). The Development of Learning Material Using Problem Based Learning to Improve Mathematical Communication Ability of Secondary School Students. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR) International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 33(3), 200–207. http://gssrr.org/index.php?journal=JournalOfBasicAndApplied Prafianti, R. A., Dasari, D., & Jupri, A. (2018). Error analysis in solving mathematical communication problem of junior high school students. Universitas Pendidikan Indonesia, 3. http://science.conference.upi.edu/proceeding/index.php/ICMScE/issue/view/3%7CICMScE2018 Purnamawati, H., Ashadi, & Susilowati, E. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Kartu dan Ular Tangga ditinjau dari Kemampuan Analisis Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Reaksi Redoks Kelas X Semester 2 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) , 3(4), 100-108. https://www.neliti.com/publications/123080/pengaruh-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-teams-games-tournament-tgt-dengan-me Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 13-23. http://repository.unpas.ac.id/8109/ Rajagukguk, W. (2016). Incorporating Learning Motivation and Self-Concept in Mathematical Communicative Ability. International Education Studies, 9(4), 155. https://doi.org/10.5539/ies.v9n4p155 Robinson, P. (1986). Beberapa Perspektif Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. Rohmah, A., & Jupri, A. (2018). Analysis of mathematical communication skill of junior high school students in geometry topics based on early understanding of mathematics. Universitas Pendidikan Indonesia, 3. http://science.conference.upi.edu/proceeding/index.php/ICMScE/issue/view/3%7CICMScE2018 Rustam, A., & Ramlan, A. M. (2017). JOURNAL of Mathematics Education ANALYSIS OF MATHEMATICAL COMMUNICATION SKILLS OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS OF COASTAL KOLAKA. http://usnsj.com/index.php/JME Soemanto, W. (1990). Psikologi Pendidikan. Malang: Renika Cipta. Sriwahyuni, T., Amelia, R., & Maya, R. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA. In Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika VOLUME (Vol. 3, Issue 1). http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm Sugiono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Sumarmo, U. (2016). Pedoman Pemberian Skor pada Beragam Tes Kemampuan Matematik. Tiffany, F., Surya, E., Panjaitan, A., & Syahputra, E. (2017). ANALYSIS MATHEMATICAL COMMUNICATION SKILLS STUDENT AT THE GRADE IX JUNIOR HIGH SCHOOL (Vol. 3, Issue 2). www.ijariie.com2160 Triana, M. (2019). Students’ Mathematical Communication Ability through the Brain-Based Learning Approach using Autograph. In Journal of Research and Advances in Mathematics Education (Vol. 4, Issue 1). http://journals.ums.ac.id/index.php/jramathedu Viseu, F., & Oliveira, I. B. (2012). Open-ended Tasks in the Promotion of Classroom Communication in Mathematics. In International Electronic Journal of Elementary Education (Vol. 4, Issue 2). www.iejee.com Wulandari, E., Azka, R., Salatiga, I., Sunan, U., & Yogyakarta, K. (2018). MENYAMBUT PISA 2018: PENGEMBANGAN LITERASI MATEMATIKA UNTUK MENDUKUNG KECAKAPAN ABAD 21. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 1, Issue 1). Wulan Fitriana, R., & Prabowo, A. (2018). The analysis of student’s mathematical communication ability viewed from learning styles through project based learning models on cylinder and cone materials A R T I C L E I N F O. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(3), 156–163. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i1.22165 Yang, E. F. Y., Chang, B., Cheng, H. N. H., Chan, T. W., Yang, E. F. Y., Chang, B., Cheng, H. N. H., & Chan, T.-W. (2016). Improving Pupils’ Mathematical Communication Abilities Through Computer-Supported Reciprocal Peer Tutoring. In Educational Technology & Society (Vol. 19, Issue 3). https://id.wikipedia.org/wiki/SMA_Negeri_97_Jakarta, diakses 6 juli 2020 11:08 https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/sekolah/ba5b39f219a1eb68c58a, diakses 6 juli 2020 11:32 citation: Safitri, Laila Nur dan Benny, Benny (2020) Karakteristik Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA berdasarkan Taksonomi SOLO. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14962/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105092_LAILA%20NUR%20SAFITRI.pdf