@phdthesis{repository14958, school = {Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka}, title = {Pengaruh Pemberian Tes Diagnostik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP Negeri 150 Jakarta}, year = {2020}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14958/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh pemberian tes diagnostik terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa di SMP Negeri 150 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian Quasy Eksperimental dengan tipe The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Sampel yang diteliti sebanyak 72 siswa dari kelas VII G dan VII H. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen penilitian berupa tes uraian sebanyak 10 soal. Instrumen terlebih dahulu di uji coba di SMP Negeri 50 Jakarta dengan 28 siswa. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu, uji normalitas, kemudian diperoleh data yang berdistribusi normal, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji hipotesis dengan uji-t menghasilkan thitung =2,37 yang mengakibatkan tolak H0 pada taraf signifikansi 5\% dengan ttabel = 1,67. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian tes diagnostik terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa.}, author = {Sanjaya, Amalia Maghfirani and Soro, Slamet} }